Jumat, 06 Februari 2015

Sindrom Ovarium Polikistik Dan Hormon Estrogen Pada Wanita

Sindrom ovarium polikistik adalah kondisi umum di gadis remaja dan wanita dewasa. Sindrom ovarium polikistik terjadi ketika Anda memiliki ketidakseimbangan hormon estrogen. Selain hormon estrogen (hormon wanita), wanita juga membuat sejumlah kecil testosteron (hormon utama pria). Pada Sindrom ovarium polikistik, seorang gadis dan wanita dewasa membuat testosteron tambahan.


Apa yang menyebabkan Sindrom ovarium polikistik?

Dokter tidak tahu pasti apa yang menyebabkan Sindrom ovarium polikistik. Bagi kebanyakan wanita, itu mungkin dari faktor kombinasi, termasuk gen Anda yang diwarisi dari keluarga Anda. Sebagai contoh, seorang wanita dengan Sindrom ovarium polikistik lebih cenderung memiliki ibu atau saudara perempuan yang juga memiliki Sindrom ovarium polikistik.


Apa saja tanda dan gejala Sindrom ovarium polikistik?

Tanda-tanda dan gejala termasuk memiliki:
  • Periode menstruasi yang tidak teratur, yang berarti Anda memiliki periode menstruasi lebih dari sekali dalam sebulan atau setiap beberapa bulan sekali, atau tidak pernah memiliki periode menstruasi sama sekali
  • Periode menstruasi yang sangat berat atau sangat ringan
  • Pertumbuhan rambut yang tidak diinginkan pada wajah, dada, punggung, tangan, lengan atas dan kaki, atau disekitar puting susu Anda
  • Timbulnya jerawat
  • Rambut menipis di kepala Anda
  • Bercak gelap pada kulit atau kulit menebal di leher, ketiak, atau disekitar payudara Anda
  • Masalah dengan berat badan

Gadis dan wanita dewasa dengan Sindrom ovarium polikistik juga berada pada risiko yang tinggi untuk terkena penyakit diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi.


Sindrom Ovarium Polikistik Dan Hormon Estrogen Pada Wanita

Bagaimana dokter memeriksa Sindrom ovarium polikistik?

Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan bertanya tentang kesehatan Anda, obat-obatan, dan siklus menstruasi Anda. Dokter juga ingin tahu apakah ada riwayat keluarga Anda dengan Sindrom ovarium polikistik (pada ibu, bibi, atau kakak perempuan Anda). Dalam pemeriksaan fisik, dokter akan memeriksa tekanan darah, tinggi badan, dan berat badan Anda. Dokter juga akan melihat pertumbuhan rambut pada tubuh Anda dan akan memeriksa bercak kulit gelap.

Dokter Anda dapat mengajukan tes darah untuk mengecek kadar hormon, glukosa darah (gula), atau kolesterol. Biasanya, dokter melakukan pemeriksaan panggul atau memesan USG (pencitraan) uji ovarium dan uterus. Tes semacam ini dapat menunjukkan apakah Anda memiliki kista ovarium, yang merupakan gelembung berisi cairan di ovarium. Dokter Anda akan memastikan bahwa tidak ada penyebab lain dari menstruasi yang tidak teratur atau kadar hormon yang berubah.


Apa pengobatan untuk Sindrom ovarium polikistik?

Perawatan termasuk satu atau lebih hal berikut ini:
  • Perubahan gaya hidup Anda seperti sedikit konsumsi minuman manis dan makanan penutup berkalori tinggi untuk membantu mengontrol berat badan, berolahraga setiap hari, dan menghindari rokok
  • Konseling dengan ahli gizi terdaftar untuk membantu Anda memilih makanan sehat dan menurunkan berat badan jika Anda memerukan ini
  • Obat-obatan yang mengandung hormon estrogen wanita dan progesteron (atau hanya progesteron), obat-obatan untuk membantu insulin bekerja pada tubuh Anda yang lebih baik, seperti metformin (untuk pra-diabetes atau diabetes) dan / atau obat jerawat

Dengan Sindrom ovarium polikistik, apakah saya dapat memiliki bayi di kemudian hari?

Sindrom ovarium polikistik mungkin juga atau mungkin tidak mempengaruhi Anda untuk dapat memiliki bayi di kemudian hari. Ketika saatnya tiba, dokter Anda dapat membantu Anda mengatasi masalah kesuburan Anda.


Apa yang dapat saya lakukan untuk mengatasi Sindrom ovarium polikistik?

Temui seorang dokter yang tahu tentang Sindrom ovarium polikistik adalah langkah pertama. Pilih dokter yang mengkhususkan diri dalam masalah hormon (endokrinologi) atau dokter yang mengkhususkan diri dalam kesehatan wanita (dokter kandungan atau dokter keluarga). Ingat bahwa semakin cepat Anda mendapatkan bantuan pengobatan Sindrom ovarium polikistik, semakin cepat Anda bisa menurunkan risiko masalah kesehatan lainnya seperti diabetes.

Dokter dapat membantu Anda menemukan cara yang lebih baik tentang penampilan Anda. Misalnya, Anda dapat meminta dokter tentang cara terbaik untuk menghilangkan rambut pada wajah yang tidak diinginkan. Jika Anda merasa khawatir atau tertekan, meminta orang tua Anda atau dokter, siapakah yang harus Anda temui untuk konseling. Anda juga dapat pergi ke sebuah kelompok pendukung untuk berbicara dengan mereka yang memiliki Sindrom ovarium polikistik.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.