Selasa, 02 Februari 2016

Membaca dan menulis, kombinasi yang sempurna untuk berfikir kritis

Membaca dan menulis, kombinasi yang sempurna untuk berfikir kritis
Dengan membaca bisa selain menambah informasi, ternyata dengan membaca mempunyai manfaat yang lebih dari sekedar memperoleh informasi. Membaca bisa membuka pikiran seseorang agar bisa melihat atau menilai sesuatu dari sudut yang lain. Bahkan dengan membaca juga bisa mempengaruhi pemikiran seseorang, hebat kan. Dengan sekian banyak manfaat membaca bagi seseorang tapi tidak semua orang sadar untuk membaca. Meskipun sebenarnya kebanyakan orang terutama pemuda sudah punya kebiasaan “membaca”, meski sekedar membaca postingan di media social. Tidak salah si memang, tapi banyak sekali postingan di media social yang memberikan informasi palsu, hanya untuk mencari sensasi, popularitas dan sebagainya. Ini nih yang menjadi kekurangan postingan di media social, jika pembaca tidak memiliki pemikiran yang kritis mengenai kebenaran dari informasi yang dia dapatkan, dia bisa dengan mudah “teracuni” oleh postingan yang dibuat oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Ketika membaca hal yang harus dilakukan adalah jangan pernah langsung percaya sepenuhnya terhadap informasi yang dibaca, cari tau kebenarannya, bisa jadi isi postingan itu hanyalah opini dari si penulis tanpa ada dasar yang kuat. Cerna informasi yang didapan sebaik mungkin, jangan langsung menelannya bulat-bulat. Bukan ular kan? Dengan sikap yang yang seperti itu, tidak menelan bulat-bulat informasi yang didapatkan, secara tidak langsung melatih seseorang untuk berfikir kritis. Pemikiran yang kritis ini sangat penting terutama bagi para pemuda yang sedang menempuh pendidikan. Seseorang yang mempunyai kemampuan berfikir kritis ini seringkali menghasilkan sebuah ide atau gagasan yang out of the box, orang orang seperti inilah yang dibutuhkan di negeri ini dan dunia yang semakin modern ini. dimana cara-cara konvensional ditinggalkan dan berbagai inovasi-inovasi digalakkan. Hanya orang-orang yang mempunyai pemikiran out of the box yang mampu menghasilkan ide-ide cemerlang yang mungkin tidak pernah dipikirkan oleh orang lain.

bagaimana kaitannya membaca dengan menulis, kenapa kok bisa membantu seseorang untuk berfikir lebih kritis. Sebenarnya dengan menulis adalah dengan menuangkan gagasan seseorang kedalam senbuah tulisan. Dengan menulis, seseorang bisa belajar bagaimana cara menyampaikan gagasannya dengan baik, santun, dan tidak menyinggung perasaan oranglain. Sangatlah diharapkan orang-orang yang mempunyai pemikiran-pemikiran kritis ini untuk menuangkan pemikirannya ke dalam sebuah tulisan. Selain dia bisa berbagi informasi, dengan menulis bisa mengikat  informasi yang didapatkan dia juga bisa lebih memahami informasi tersebut.


Lagi-lagi, hal seperti ini sangatlah bermanfaat buat para pemuda yang sedang menjalani proses mencari ilmu. Ketika dia membaca dia akan mendapatkan informasi yang sifatnya sementara, namun ketika ia menuliskan informasi yang didapatkan, informasi itu akan tersimpan dengan baik di memory. Namun sangat disayangkan, dengan manfaat yang begitu besar itu masih banyak pemuda di negeri ini yang mau membaca dan menulis. Padahal mereka adalah agent of chane untuk negeri ini lebih baik.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.