Rabu, 06 Juli 2016

Deskripsi Batuan Sedimen

Breksi
Deskripsi Megaskopis :
Warna              : Coklat
Struktur           : non struktural
Tekstur
Ukuran butir : Kerakal-kerikil
Kebundaran  : Membundar
Sortasi           : Buruk
Kemas           : Terbuka
Komposisi
Fragmen        : Kerakal
Matriks          : Pasir Sangat kasar
Semen           : Karbonatan

Deskripsi Komposisi :
·         Fragmen berupa hasil lapukan dari batuan beku, warna fragmen cokelat dengan ukuran butir kerayak (4-64 mm), bentuknya menyudut tanggung dengan kelimpahan pada batuan sekitar 75%.
·         Matriks berukuran pasir sangat kasar (1-2 mm) dengan bentuk butir menyudut tanggung, matriks terletak diantara fragmrn-fragmen dengan kelimpahan pada batuan sekitar 10%
·         Semen pada batuan ini ketika ditetesi dengan HCl bereaksi, berarti semen pada batuan ini berupa karbonatan.

Petrogenesa     :
Berdasarkan ukuran butirnya yang berukuran krakal dan bentuk butirnya yang menyudut tanggung, dapat diketaui bahwa batuan ini berasal dari batuan induk yang mengalami pelapukan dan tertrasport kemudian terdeposisi pada tempat yang tidak begitu jauh dari tempat batuan asal. Mekanisme transportasi material ini adalah secara bed load yaitu mekanisme pengangkatan pada dasar perairan. Kemudian karena penurunan enegi transportasi mmaterial ini terendapkan pada dasar cekungan. Berdasarkan kandungan semennya pada tempat pembentukan batuan ini kondisi perairannya jenuh dengan karbonat sehingga karbonat yang telarut pada saat lithifikasi membentuk semen yang mengikat butiran-butiran sedimen.

FotoBatuan : 


Nama Batuan  : Breksi (Wentworth,1922)

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.