Rabu, 17 Agustus 2016

melatih mental kenari

Melatih Mental

-Melatih mental dilakukan setelah burung tersebut memiliki kriteria burung unggulan baik di nilai dari segi suara nya atau pun dari segi keberanian bertarung nya. Melatih mental sedini mungkin di mulai sejak kenari masih muda atau bakalan dinilai lebih menguntungkan, karena hal ini dapat menghindari rusaknya suara dasar yang sudah dimiliki burung tersebut. Kenari sudah bisa di konteskan ketika burung tersebut sudah mengalami ganti bulu pertamakali ( pergantian dari bulu anak ke bulu dewasa ).
-Ada beberapa tips untuk melatih mental kenari diantaranya yang biasa dilakukan oleh penulis adalah sebagai berikut:

**Gantung kan di tempat yang rendah atau di taruh bawah
Jarak ketinggian tempat menggantungkan sangkar kenari kira-kira setinggi orang berdiri tegak, bahkan kita bisa menaruh sangkar tersebut dilantai atau permukaan tanah selama penjemuran, tetapi kita juga harus mempertimbangkan dari segi keamanannya dari serangan binatang seperti kucing misalnya.
Dan setelah dijemur burung tetap digantung di tempat yang rendah ±20 – 30 cm di atas kepala orang berdiri, dan usahakan tempat menggantungkan tersebut sering ada lalu lalang orang. Hal tersebut untuk membiasakan dengan situasi ketika nantinya burung di konteskan.

**Sering di pindah tempat
Supaya burung kenari kita tidak hanya berbunyi lantang disatu tempat saja, sangkar nya perlu dipindah-pindahkan ketempat yang suasannya lebih ramai dari biasa nya. Tindakan ini dilakukan apabila burung bersangkutan sudah rajin berkicau dengan lantang sepanjang hari ditempat dimana ia sering digantungkan, seminggu sekali burung beserta sangkar nya dibawa ketempat lain dengan kendaraan bermotor, hal ini dilakukan untuk melatih fisik dam mental nya supaya terbiasa bila akan di bawa ke tempat kontes....

** Dilatih bersama Kenari lainnya
Tidak semua kenari jantan akan langsung mau berkicau saat di dekatkan dengan kenari jantan lainnya, ini di sebabkan karena mentalnya belum terlatih. Untuk itu perlu diadakan latihan, supaya terbiasa dan begitu melihat kenari lainnya langsung mau berkicau.

Latihan sebaiknya dilakukan pada waktu penjemuran , dengan cara mendekatkan sangkar kenari yang usianya hampir sama atau selisih beberapa bulanan, jarak sangkar minimal 1meter. Setelah dilatih selama ± 30 menit, kemudian di jauhkan tetapi masih bisa saling mendengar kicauannya. setelah di jemur burung di angin-anginkan ± 15 menit dan kemudian dikerodong, sore harinya sekitar pukul 15 : 30 latihan bisa di ulangi lagi.

--Agar kondisi kenari selalu fit dan siap berlaga di arena kontes maka kondisi kesehatannya harus selalu terjaga. Begitupun dengan suaranya supaya bisa tampil maksimal di arena kontes....



Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.