Thursday, September 22, 2016

Surat Pembaca (Pengertian, Ciri, Fungsi, Contoh, Penulisan)

sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita kelainan kaki pada balita arrow
Ads orthoshop info
sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita kelainan kaki pada balita arrow
Ads orthoshop info
Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog Artikel & Materi . Senang sekali rasanya kali ini dapat kami bagikan materi Bahasa Indonesia tentang Surat Pembaca meliputi pengertian, ciri-ciri, fungsi dan manfaat, cara penulisan dan contoh surat pembaca. Mari kita simak selengkapnya.

A. Pengertian Surat Pembaca

Surat pembaca adalah surat yang ditulis oleh pembaca yang dimuat dalam surat kabar/koran, tabloid, atau majalah yang berisi tanggapan, kritik, saran, keluhan, ajakan, imbauan, ucapan terima kasih, dan lain-lain.
B. Ciri-Ciri Surat Pembaca

Surat pembaca memiliki ciri yang membedakan dengan macam surat lainnya. Ciri dari surat pembaca yaitu:

a. Merupakan surat yang berisi pesan: keluhan, pujian, himbauan, undangan, dan sebagainya kepada instansi atau orang tertentu. Selain itu, surat pembaca dapat juga berupa surat balasan yang dikirimkan untuk menjawab keluhan surat pembaca sebelumnya.

b. Bersifat umum artinya surat yang boleh dibaca oleh orang banyak, mengingat isi pesan yang disampaikan mempengaruhi hajat hidup orang banyak

c. Singkat, padat, dan jelas. Surat pembaca terdiri atas 1-4 paragraf. Isi yang disampaikan dalam surat pembaca langsung ke pokok pembicaraan.

d. Menggunakan bahasa yang baku, sopan dan komunikatif.  

Surat Pembaca (Pengertian, Ciri, Fungsi, Contoh, Penulisan)


C. Fungsi dan Manfaat Surat Pembaca

 Fungsi dan manfaat menulis surat pembaca. Menulis surat pembaca memiliki fungsi dan manfaat antara lain:

• Membantu pengirim surat pembaca mendapatkan jawabannya. Surat pembaca yang dikirimkan berisi pertanyaan, keluhan, dan sebagainya yang membutuhkan jawaban atau tanggapan. Dengan menulis surat pembaca, pengirim surat akan merasa puas akan tanggapan yang dikirimkan oleh pihak terkait.

• Sebagai media perantara (orang ketiga) antara orang pertama (yang mengirim surat) dengan orang kedua (objek yang dituju)

• Menjadi bahan informasi akan suatu hal kepada orang banyak. Hal ini karena surat pembaca bersifat public, artinya dapat dibaca oleh banyak orang. Dengan demikian public menjadi mengetahui akan suatu hal (masalah, pujian, dan sebagainya) yang disampikan.

D. Penulisan Surat Pembaca

Format penulisan surat pembaca adalah sebagai berikut:

- Judul. Menunjukkan keluhan, pujian, terhadap objek yang dituju. Dengan demikian, penyunting dari surat kabar akan lebih mudah menunjukkan surat kepada objek yang tepat.

- Identitas pengirim. Pada bagian ini pengirim mengungkapkan jati dirinya, mulai dari nama, usia, pekerjaan, contact person. Jangan khawatir, sebagian besar identitas pengirim surat akan dirahasiakan oleh penyunting surat pembaca, seperti nama dan contact person akan dilindungi dengan tidak dituliskan dalam kolom surat pembaca (atau disensor).

- Isi surat. Merupakan bagian inti surat yang mengungkapkan maksud dari surat, berupa keluhan atau pujian atau himbauan atau pertanyaan, dan lainnya.  Pada bagian ini juga disertai harapan pengirim surat akan permasalahan yang diungkapkan.

E. Contoh Surat Pembaca 

Jelang SEA Games, Palembang Perlu Menata Diri

Redaksi Yth,
Saya adalah wong Palembang yang sedang menuntut ilmu di Jakarta. Minggu lalu saya pulang kampung. Selama dua hari di Palembang saya sempatkan berkeliling di Jakabaring Sport City (JSC), sebagai satu kawasan olahraga terpadu SEA Games XXVI mendatang. 

Saya bangga dengan penunjukan Palembang sebagai penyelenggara kembar SEA Games bersama Jakarta. Melintasi Tugu Parameswara, saya mengelilingi stadion sepak bola Gelora Sriwijaya yang megah dengan arsitekturnya yang menawan.

Namun demikian, di tengah kekaguman saya dengan pesatnya kemajuan pembangunan yang dicapai Kota Palembang khususnya dalam menyongsong pelaksanaan SEA Games sebulan mendatang, masih menyisakan pekerjaan rumah (PR) yang cukup berat yakni semakin semrawutnya transportasi kota.

Kondisi ini tercermin dari tidak dapatnya saya memprediksi waktu yang harus ditempuh dari bandara menuju kediaman saya ataupun sebaliknya. Jalanan telah penuh sesak dengan sepeda motor, angkot, bus kota ataupun kendaraan pribadi. Harapan saya, semoga dalam waktu yang sudah sangat singkat ini, pemerintah dapat mengatasi kemacetan lalu lintas Kota Palembang.

Stacia Andani
Mahasiswi BINUS Jakarta
(dikutip dari: Koran Harian Sumatera Ekspres edisi 13 Oktober 2011)  


Demikian materi Bahasa Indonesia tentang Surat Pembaca meliputi pengertian, ciri-ciri, fungsi dan manfaat, cara penulisan dan contoh surat pembaca. Semoga bermanfaat..
sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita kelainan kaki pada balita arrow
Ads orthoshop info

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.