Sabtu, 01 Oktober 2016

Modernisasi (Pengertian, Ciri, Syarat, Dampak, Contoh)

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog Artikel & Materi . Senang sekali rasanya kali ini dapat kami bagikan artikel tentang Modernisasi meliputi Pengertian, Ciri-ciri, syarat terjadinya modernisasi, dampak dan contoh modernisasi..

MODERNISASI

A. Pengertian Modernisasi

Modernisasi adalah  perubahan-perubahan masyarakat yang bergerak dari keadaan yang tradisional atau dari masyarakat pra modern menuju kepada suatu masyarakat yang modern.

Modernisasi (Pengertian, Ciri, Syarat, Dampak, Contoh)

Pengertian modernisasi menurut para ahli adalah sebagai berikut :

a. Widjojo Nitisastro, modernisasi adalah suatu transformasi total dari kehidupan bersama yang tradisional atau pramodern dalam arti teknologi serta organisasi sosial, ke arah pola-pola ekonomis dan politis.
b. Soerjono Soekanto, modernisasi adalah suatu bentuk dari perubahan sosial yang terarah yang didasarkan pada suatu perencanaan yang biasanya dinamakan social planning.

Dengan dasar pengertian di atas maka secara garis besar istilah modern mencakup pengertian sebagai berikut.
a. Modern berarti berkemajuan yang rasional dalam segala bidang dan meningkatnya tarat penghidupan masyarakat secara menyeluruh dan merata.
b. Modern berarti berkemanusiaan dan tinggi nilai peradabannya dalam pergaulan hidup dalam masyarakat.

B. Ciri-ciri Modernisasi

Proses menuju kehidupan masyarakat yang modern memiliki ciri atau karakter yang dibedakan atas :

- Aspek sosio demografis

Aspek sosio demografis atau mobilitas sosial merupakan suatu proses perubahan unsur-unsur sosial, ekonomis dan psikologis masyarakat yang mulai menunjukkan peluang ke arah pola baru melalui sosialisasi dan pola perilaku yang terwujud pada aspek kehidupan modern, misal mekanisasi, urbanisasi dan peningkatan pendapatan per kapita.

- Aspek struktur organisasi sosial

Aspek ini merupakan perubahan unsur-unsur dan norma kemasyarakatan yang terwujud apabila manusia mengadakan hubungan dengan sesama dalam kehidupan bermasyarakat. Hal ini dapat menyangkut lembaga kemasyarakatan, norma sosial, pelapisan sosial, kekuasaan dan wewenang dan interaksi sosial.

C. Syarat Modernisasi

Modernisasi pada hakikatnya mancakup bidang-bidang yang sangat banyak. Syarat-syarat suatu modernisasi adalah sebagai berikut:
  • Cara berpikir yang ilmiah yang melembaga dalam kelas penguasa maupun masyarakat.
  • Sistem administrasi negara yang baik, yang benar-benar mewujudkan birokrasi yang baik, jauh dari KKN, serta semangat kerja yang tinggi.
  • Adanya sistem pengumpulan data yang baik dan teratur dan terpusat pada suatu lembaga atau badan tertentu. Misalnya BPS (Badan Pusat Statistik) yang menjadi sumber data bagi pemerintah.
  • Penciptaan iklim yang favorable (kondusif) dalam masyarakat terhadap modernisasi dengan cara penggunaan alat-alat komunikasi massa.
  • Kedisiplinan yang tinggi, tetapi tidak melanggar HAM warga negara.
  • Sentralisasi wewenang dalam pelaksanaan perencanaan sosial (social planning)
D. Dampak Modernisasi

1. Dampak Positif Modernisasi
Beberapa dampak positif adanya modernisasi di masyarakat antara lain memperkuat integrasi dalam masyarakat, peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), kemajuan di bidang industri, meningkatkan kesadaran politik dan demokrasi, serta kemajuan di bidang transportasi.
a. Memperkuat Integrasi dalam Masyarakat
Seperti telah dibahas sebelumnya bahwa ciri manusia yang modern di antaranya adalah memiliki sikap yang terbuka terhadap segala bentuk pengalaman dan perubahan. Dengan adanya sikap ini tentunya akan memperlancar proses komunikasi dan interaksi antarindividu dalam masyarakat. Proses interaksi yang lancar akan mempererat jalinan hubungan antarwarga dan juga akan memupuk integrasi sehingga semakin kukuh.
b. Peningkatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (iptek)
Kesiapan manusia modern untuk berubah dan terbuka pada hal-hal baru akan mengubah pola pikir mereka. Seperti masuknya ilmu pengetahuan dan teknologi baru yang dapat membantu meringankan beban pekerjaan serta menghemat waktu dan tenaga, membuat mereka yakin bahwa dengan iptek akan meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidupnya.
Di samping itu, adanya kemajuan iptek akan menumbuhkan rasa ingin tahu, ingin mempelajari lebih lanjut, dan kemudian turut menciptakan hal baru yang lainnya. Inilah yang dimiliki manusia-manusia modern dalam menyikapi kemajuan, di mana kemajuan iptek dan juga perubahan disikapi sebagai hal positif yang dapat mengembangkan diri mereka. Peningkatan teknologi dirasakan akan menopang banyak lini kehidupan.
Seperti sistem pendidikan, sistem perekonomian, dan lain sebagainya. Dengan teknologi yang baru seperti fasilitas internet, dapat dimanfaatkan dalam menunjang pendidikan yang dilaksanakan di sekolah-sekolah, misalnya kemudahan mengakses informasi yang berhubungan dengan tugastugas yang diberikan oleh guru secara cepat.
c. Kemajuan di Bidang Industri
Adanya modernisasi dapat menunjang kemajuan di bidang industri. Betapa tidak? Semua kemudahan-kemudahan, fasilitas-fasilitas teknis yang ada akan lebih mempercepat proses produksi dan distribusi barang dan jasa yang dihasilkan. Dalam proses produksi, kemajuan di bidang teknologi, terutama penambahan jumlah mesin-mesin produksi akan dapat menghasilkan barang dalam jumlah yang besar dan dalam waktu yang singkat. Dalam hal ini tentunya akan berimbas pada keuntungan yang besar.
d. Meningkatkan Kesadaran Politik dan Demokrasi
Semakin mudahnya mengakses informasi, baik dari media cetak maupun media elektronik, maka semakin banyak pula pengetahuan politik yang didapatkan oleh masyarakat. Dengan demikian sikap kritis sebagai perwujudan kehidupan yang demokratis akan lebih mudah terbentuk.
e. Kemajuan di Bidang Transportasi
Saat ini, masyarakat sudah dimanjakan dengan fasilitasfasilitas transportasi yang mengedepankan kenyamanan, keterjangkauan harga, dan ketepatan waktu. Semua bidang transportasi mulai dari kendaraan bermotor seperti bus, taksi, kereta api, pesawat terbang, dan kapal laut saat ini berlomba-lomba mengembangkan dan menambah fasilitas-fasilitas baru pada armada mereka untuk melayani masyarakat.
2. Dampak Negatif Modernisasi
Modernisasi tidak selamanya memberikan dampak yang positif bagi perkembangan kehidupan sosial masyarakat dalam arti mengubah masyarakat dari tradisional menjadi modern. Tidak menutup kemungkinan masyarakat yang kurang siap terhadap modernisasi akan memunculkan sikap yang menjadi dampak negatif dari modernisasi itu sendiri. Nah, tahukah kamu dampak negatif apa sajakah yang timbul akibat adanya modernisasi.
Beberapa dampak negatif yang dapat muncul akibat gejala modernisasi adalah sebagai berikut.
a. Kesenjangan Sosial dan Ekonomi
Secara khusus, kesenjangan sosial yang terjadi dalam masyarakat akibat dari adanya modernisasi dan pembangunan dapat dilihat adanya berbagai fenomena yang terjadi di masyarakat berikut ini.
1) Timbulnya kelompok-kelompok sosial tertentu, misalnya pengangguran, kelompok asongan, pedagang kaki lima, dan lain sebagainya.
2) Adanya perbedaan kelas yang didasarkan pada tinggirendahnya pendidikan yang ditempuh.
3) Terjadinya berbagai masalah sosial dalam keluarga, terutama antara orang tua dengan anak-anaknya. Hal ini karena adanya perbedaan pola pikir dan adanya kecenderungan bahwa anak-anak (generasi muda) lebih dapat menerima perubahan yang terjadi, jika dibandingkan dengan orang tua (generasi tua) yang cenderung untuk mempertahankan tradisi yang sudah ada.
4) Terjadi perubahan sosial budaya dalam masyarakat yang sulit untuk dihindarkan, kecuali warga masyarakat itu sendiri harus dapat mengantisipasinya, seperti pengaruh pergaulan bebas, minum-minuman keras, mode pakaian, gaya rambut, dan lain-lain.
Selain kesenjangan sosial, modernisasi juga dapat menimbulkan terjadinya kesenjangan ekonomi. Hal ini bisa kita lihat adanya berbagai gejala di masyarakat berikut ini.


1) Timbulnya jurang yang semakin dalam antara si kaya dan si miskin.
2) Budaya konsumerisme, yang ditandai adanya sekelompok masyarakat yang selalu ingin memiliki barang baru yang ada di pasar, walaupun tidak dapat memilikinya secara tunai.
3) Kelompok masyarakat yang berhasil dalam bidang usahanya akan menjadi kaya secara mendadak.
4) Timbulnya demonstration effect, maksudnya sekelompok masyarakat yang selalu memamerkan kekayaannya.
b. Pencemaran Lingkungan Alam
Modernisasi di negara kita yang ditandai dengan dibangunnya berbagai industri dan pembangunan di segala bidang kehidupan telah menyebabkan atau menimbulkan permasalahan baru dalam lingkungan hidup. Kenyataan yang bisa kita lihat di masyarakat adalah bahwa pembangunan industri telah menimbulkan pencemaran sungai karena sebagian besar industri membuang limbahnya ke sungai. Selain itu juga telah mengakibatkan terjadinya pencemaran udara akibat asap pabrik.
Menurut banyak ahli, masalah tata lingkungan tidak terbatas pada masalah pencemaran udara dan sungai-sungai akibat limbah industri, tetapi mencakup tata lingkungan yang semakin memburuk akibat benturan tekanan penduduk, pengem-bangan sumber alam dan energi, proses pertumbuhan ekonomi, serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kerusakan lingkungan hidup di Indonesia akibat kegiatan pembangunan serta industrialisasi sekarang ini tidak dapat dianggap ringan. Dengan demikian, masalah ini harus mendapat prioritas dalam agenda pembangunan.
c. Kriminalitas
Tindakan kriminal atau kejahatan umumnya dilihat sebagai perbuatan yang bertentangan dengan norma hukum dan norma agama yang berlaku di masyarakat. Tindakan kejahatan ini biasanya menyebabkan pihak lain kehilangan harta benda, cacat tubuh, bahkan kehilangan nyawa.

E. Contoh Modernisasi

Di bawah ini adalah contoh kegiatan yang ditimbulkan modernisasi yang sering kita jumpai di masyarakat dalam berbagai bidang..

1. Komunikasi

Memang komunikasi adalah kebutuhan pokok yang membantu manusia untuk tetap hidup. Komunikasi selalu terjadi setiap saat kita berbisnis, menganyam pendidikan, bahkan di kegiatan sehari-hari. Selain itu, komunikasi juga merupakan suatu usaha yang diperlukan untuk membangun dan membina hubungan. Karena itulah kualitas komunikasi sangat penting untuk ditingkatkan. Tapi, bagaimana keadaan kehidupan masyarakat masa kini mengenai komunikasi? Dan bagaimana perbandingannya dengan keadaan sebelum teknologi ditemukan?

Sebelumnya:
  • Tidak ada media penghalang di mana hubungan interpersonal dilakukan
  • secara langsung tanpa perantara. Komunikasi dipenuhi interaksi eye-contact yang menambah nilai kedekatan. Pada komunikasi jarak jauh, pesan diantarkan melalui surat yang diterima dalam waktu agak lama. Hal ini sedikit menghambat apabila hendak menyampaikan pesan darurat.
Setelahnya:

Teknologi memberikan berbagai ketersediaan yang mempermudah segala macam komunikasi. Kita tidak perlu lagi membutuhkan waktu untuk menerima pesan singkat. Bahkan teknologi memberikan beragam inovasi untuk mengekspresikan apapun yang kita rasakan bahkan kegiatan yang sedang kita lakukan, baik melalui post-profile, foto, atau bahkan video. Namun tanpa disadari, dunia maya telah mencuri perhatian kita dari dunia nyata hingga pada akhirnya dunia maya menghancurkan kualitas interaksi interpersonal kita.

2. Pekerjaan
Semua kalangan usia pasti melakukan pekerjaan, entah itu pekerjaan sekolah maupun pekerjaan kantor. Pada zaman pra-industri, masyarakat selalu mengerjakan segala sesuatu secara tradisional dengan tenaga manusia, atau terkadang dengan bantuan tenaga hewan. Pekerjaan tanpa spesialisasi akan menyebabkan waktu yang jauh lebih lama untuk menyelesaikannya. Sementara di masa sekarang ini, semua pekerjaan serba instan dan mudah. Lalu, apakah keadaan seperti ini membuat semuanya menjadi lebih baik?

Sebelumnya :
Karena tidak ada teknologi dan mesin, manusia hanya mengandalkan pikiran dan tenaga yang terbatas dari kalangan internal. Pekerjaan belum mengalami tahap diferensiasi yang membagi-bagi tenaga kerja dalam spesifikasi tertentu. Kemudian, keterbatasan tenaga tiap manusia juga mengharuskan pekerjaan dilakukan banyak tenaga kerja, hasilnya terlalu banyak modal dikeluarkan untuk SDM.

Setelahnya :
Pekerjaan sudah mengalami diferensiasi dengan baik, dan banyaknya mesin membantu mengurangi penggunaan Sumber Daya Manusia. Setiap pegawai diberikan tugas khusus dengan deadline tertentu; alhasil hampir setiap orang yang bekerja kehilangan banyak waktu untuk menyelesaikan tugas. Hal ini terpaksa dilakukan dan harus rela mengesampingkan waktu bersama keluarga dan interaksi sesama pekerja.

3. Pendidikan

Modernisasi dan globalisasi ini sangat mempengaruhi dunia pendidikan kita saat ini, baik dari sisi negatif maupun positif. Beberapa manfaat adalah teknologi yang kita gunakan sekarang ini merupakan hasil dari dunia global. Namun di samping itu, ada juga kelemahannya.

Sebelumnya :

Belajar masih menggunakan buku yang membuang kertas banyak dan terkadang kertas yang kita gunakan itu kemudian dibuang begitu saja. Selain itu, pendidikan konvensional terbilang masih kurang efektif karena tidak memacu kreativitas para siswa. Bahkan dalam kondisi ruang kelas masih terbilang kurang memadai.

Setelahnya :
Para guru dididik untuk memacu kreativitas para muridnya, dan kecanggihan teknologi memungkinkan setiap anak bisa mengakses internet atau aplikasi lebih mudah. Namun kecenderungannya, basis internet yang mudah seringkali digunakan untuk hal-hal yang tidak perlu seperti pornografi.
 
Sumber : 
http://gurupintar.com/threads/contoh-modernisasi-dan-globalisasi.505/
http://www.lepank.com/2015/06/pengertian-modernisasi-dan-ciri-cirinya.html
http://mengerjakantugas.blogspot.co.id/2009/05/pengertian-modernisasi.html
http://www.ssbelajar.net/2012/08/dampak-modernisasi.html

Demikian artikel tentang Modernisasi meliputi Pengertian, Ciri-ciri, syarat terjadinya modernisasi, dampak dan contoh modernisasi. Semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.