Friday, January 20, 2017

Menemukan Pokok Berita (Materi, Contoh Soal)

sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita kelainan kaki pada balita arrow
Ads orthoshop info
sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita kelainan kaki pada balita arrow
Ads orthoshop info
Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog Artikel & Materi . Senang sekali rasanya kali ini dapat kami bagikan Materi Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP / MTs Semester 2 Bab Menemukan Pokok Berita dan Contoh Soalnya.

Pengertian Berita


Secara Etimologi atau asal-usul terbentuknya sebuah kata, kata berita diambil dari bahasa Sansekerta yang berbunyi Vrita atau Vritta yang berarti ada atau terjadi. Dalam bahasa Inggris, berita disebut news. Menurut A.K Muda dalam Kamus Lengkap Bahasa Indonesia: 116, Berita dapat didefinisikan sebagai:
a. keterangan tentang peristiwa yang hangat,
b. (suatu) kabar,
c. Cerita tentang kejadian yang menarik dan masih baru.

Dari definisi-definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa berita adalah suatu kabar cerita yang berisi kejadian atau peristiwa yang ada atau terjadi dan bersifat hangat serta menarik.

Menemukan Pokok Berita (Materi, Contoh Soal)


Langkah - Langkah Menemukan Pokok Berita 

Baca/Dengarkan
Hal pertama yang harus dilakukan untuk mendapatkan pokok – pokok berita adalah tentu saja dengan membaca atau mendengarkan berita tersebut dengan seksama. Ketika membaca atau mendengarkan suatu berita, pahamilah apa yang sedang dibahas dalam berita tersebut. Jika perlu baca atau dengarlah berita tersebut secara berulang – ulang.
Temukan inti berita
Untuk menemukan pokok – pokok berita dapat dilakukan dengan berpedoman pada rumus 5W + 1H, yaitu pertanyaan – pertanyaan yang merupakan unsur utama berita tersebut. Lalu apa sajakah pertanyaan – pertanyaan tersebut, diantaranya adalah :
What (Apa) 
Apa yang sedang diberitakan ?
Who (Siapa)
Siapa saja yang sedang diberitakan ?
Where (Dimana)  
Dimana peristiwa itu terjadi ?
When (Kapan)
Kapan peristiwa itu terjadi ?
Why (Mengapa)
Mengapa peristiwa itu bisa terjadi ?
How (Bagaimana)
Bagaimana peristiwa itu terjadi ?
Jawaban dari pertanyaan – pertanyaan di atas harus kita temukan ketika membaca atau mendengar berita. Jika Anda ingin mendapatkan pokok – pokok berita dari tv, radio, atau teman, maka Anda harus menyiapkan buku catatan. Catatlah dengan segera jawaban dari pertanyaan 5W + 1H, karena jika tidak, maka Anda bisa kehilangan salah satu pokok berita. Sedangkan, jika Anda membaca, bacalah berulang – ulang dan temukan jawaban dari 5W + 1H tersebut.
Buat Ringkasan
Setelah jawaban dari 5W + 1H didapat, buatlah kesimpulan pendek dengan menyusun jawaban tersebut dengan kalimat yang singkat, padat, dan jelas.

Contoh Menemukan Pokok – Pokok Berita

Bacalah berita di bawah ini !
Berita.com. Angkatan Laut Indonesia menerima kiriman kapal penelitian serbaguna 933, KRI Rigel buatan Prancis di Jakarta International Container Terminal 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara, pada hari Jumat.
"Saya berharap kapal ini cukup untuk memenuhi kebutuhan kapal kita yang akan digunakan untuk memperbaharui data navigasi, penelitian kedalaman laut, topografi dan salinitas. [...], sehingga data – data yang terkumpul bisa digunakan dalam upaya pembangunan nasional," kata Laksamana Angkatan Laut, Ade Supandi, 
Ade menambahkan bahwa kapal itu diharapkan bisa digunakan sebagai program tahunan pemerintah untuk memperbarui peta laut, terutama untuk proyek reklamasi pantai yang terjadi di berbagai daerah.
Kapal ini adalah kapal pertama dari dua buah kapal baru yang dipesan berdasarkan kontrak dengan Departemen Pertahanan dari pembuat kapal Perancis OCEA SA pada bulan Oktober 2013. Pengiriman kapal kedua dijadwalkan akan diselesaikan pada bulan Juli atau Agustus, kata Ade.
The Regel 933, yang diklaim oleh Angkatan Laut sebagai kapal yang paling berteknologi canggih di Asia, merupakan bagian dari usaha untuk moderenisasi kapal - kapal pengamat Angkatan Laut oleh perusahaan hidro-oseanografi dalam lima tahun ke depan
KRI Regel 933, yang akan diawaki oleh 30 personel angkatan laut dan dipimpin oleh Letnan Kolonel M. Wirda Prayogo, berangkat dari Les Sables D'Olonne Dock di Perancis, dibuat, pada tanggal 26 Maret dan tiba di perairan Indonesia pada tanggal 6 Mei.
Kapal penelitian baru ini dilengkapi dengan alat pengamatan maritim dan peralatan oseanografi, yang akan mengumpulkan data topografi untuk mendukung tugas-tugas yang berhubungan dengan pertahanan serta operasi pencarian dan penyelamatan.
Peralatan kapal ini dilengkapi dengan sebuah kendaraan bawah air otonom untuk menghasilkan citra bawah air sampai dengan kedalaman 1.000 meter, scan sonar sisi dan stasiun cuaca otomatis.
Berat kapal ini mencapai 560 ton panjangnya 60,1 meter, dengan  lebarnya mencapai 11,5 meter dan dipersenjatai dengan senjata berukuran 20 mm dan 12,7 mm. Kapal ini memiliki kecepatan tertinggi hingga 16 knot dan dapat menampung 30 awak dan enam personil.
KRI Regel akan ditambatkan di dermaga di Jakarta yang dimiliki oleh Hydro-Oceanographic Office Angkatan Laut, untuk melengkapi kapal KRI Dewa Kembar 932, KRI Louser 924 dan KRI Pulau Romang 723. Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu memimpin upacara pemberian nama kapal dan acara kommisioning di dermaga Perancis pada tanggal 11 Maret (FSU).

Pokok – Pokok Berita 

Apa yang sedang diberitakan ?
Indonesia menerima kiriman kapal angkatan laut terbaru dari Perancis.
Siapa saja yang sedang diberitakan ?
Letnan Kolonel M. Wirda Prayogo
Dimana peristiwa itu terjadi ?
Jakarta International Container Terminal 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara.
Kapan peristiwa itu terjadi ?
7 Mei 2015
Mengapa peristiwa itu bisa terjadi ?
Untuk modernisasi barisan kapal angkatan laut
Bagaimana peristiwa itu terjadi ?
Indonesia memesan kapal The Regel 933 pada bulan oktober 2013. Kapal tersebut dibuat di Perancis pada tanggal 26 maret dan tiba di Indonesia pada 6 mei 2015. Kapal tersebut diawaki oleh 30 personel yang dipimpin oleh Letnan Kolonel M. Wirda Prayogo. Kini kapal tersebut ditambatakan di dermaga di Jakarta yang dimiliki oleh Hydro-Oceanographic Office Angkatan Laut.

Kesimpulan

Berita tersebut mengungkapkan bahwa pada tanggal 6 mei 2015 Indonesia menerima kiriman satu dari dua kapal Angkatan Laut terbaru yang dipesan pada bulan Oktober 2013. Pemesanan kapal ini bertujuan untuk modernisasi kapal – kapal TNI angkatan laut Indonesia. Kapal canggih tersebut berangkat dari Perancis pada tanggal 26 maret 2015 yang diawaki oleh 30 personel dan dipimpin oleh Letnan Kolonel M. Wirda Prayogo. Kapal canggih tersebut kini ditambatkan di dermaga di Jakarta yang dimiliki oleh Hydro-Oceanographic Office Angkatan Laut.

Contoh Soal Pilihan Ganda


SOAL 1:
Usaha manajemen Sriwijaya FC (SFC) untuk mendapatkan striker Budi Sudarsono tinggal selangkah lagi. Kesepakatan harga sudah dicapai, tinggal menunggu tanda tangan kontrak. Budi akan dikontrak selama setengah musim atau hingga putaran kedua Liga Super berakhir. Meskipun demikian, manajemen SFC tidak akan melakukan pencoretan pemain lama.

Informasi yang merupakan isi teks berita tersebut adalah ...
A. Manajemen SFC mendapatkan Budi Sudarsono.
B. Harga kontrak tidak disepakati SFC dan Budi Sudarsono.
C. Budi Sudarsono akan dikontrak SFC setengah musim.
D. Budi Sudarsono telah menandatangani kontrak dengan SFC.

KUNCI JAWABAN : C
PEMBAHASAN :
Isi berita berpedoman pada pertanyaan ADIKSIMBA (apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, bagaimana).
Kata yang dirujuk: ... akan dikontrak (kalimat ketiga).

SOAL 2:
Karya-karya Deddy Mizwar yang muncul dalam layar kaca selalu menjadi tontonan yang laris dipilih pemirsa. Seperti, Para Pencari Tuhan, sinetron yang ditayangkan salah satu televisi swasta menempati rating tertinggi. Film Naga Bonar Jadi Dua, juga telah menyedot animo masyarakat untuk menonton film tersebut di gedung bioskop.

Informasi yang merupakan isi teks berita tersebut adalah ...
A. Karya-karya Deddy Mizwar muncul dalam layar kaca.
B. Para Pencari Tuhan menempati rating tertinggi.
C. Karya Deddy Mizwar selalu mendapat kritikan masyarakat.
D. Animo masyarakat untuk menonton film di gedung bioskop tidak banyak.

Kunci Jawaban: B
Pembahasan
Informasi adalah keterangan, pemberitahuan, kabar, atau berita. Mencari isi berita merupakan usaha menemukan pokok persoalan yang diungkapkan dalam berita tersebut.
Informasi yang merupakan isi berita tersebut terdapat dalam kalimat kedua paragraf tersebut “Seperti, Para Pencari Tuhan, sinetron yang ditayangkan salah satu televisi swasta menempati rating tertinggi.”

Soal 3:
Striker Flamengo yang juga mantan bintang Inter Milan, Adriano, mengaku bahwa ia masih terus mendapat tawaran kembali berlaga di Eropa. Andriano kembali memiliki karier yang gemilang di lapangan hijau setelah terpuruk di Inter dengan mengantar Flamengo menjadi juara Liga Brasil akhir pekan lalu. Penampilan gemilang si Kaisar itu membuatnya kembali dilirik sejumlah klub di benua biru. “Saya tak menyangkal mendapat banyak tawaran, tetapi yang terpenting adalah kebahagiaan dan bukan uang. Sebelum mengambil keputusan, saya akan berpikir panjang dan membicarakannya dengan beberapa teman, “ ungkapnya.

Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah ...
A. Saat ini Adriano tetap menjadi pemain di Inter Milan.
B. Adriano dikenal kembali setelah kemenangan Flamengo di Liga Brasil.
C. Adriano langsung menerima tawaran dari sejumlah klub di Eropa.
D. Flamengo telah beberapa kali memenangkan kejuaraan di Eropa dan Amerika.

Kunci Jawaban : B
Pembahasan : Pernyataan yang sesuai dengan isi kutipan berita.
Kata kunci : terdapat pada kalimat kedua … (Andriano kembali memiliki karier yang gemilang di lapangan hijau setelah terpuruk di Inter dengan mengantar Flamengo menjadi juara Liga Brasil akhir pekan lalu)

Demikian Materi Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP / MTs Semester 2 Bab Menemukan Pokok Berita dan Contoh Soalnya. Semoga bermanfaat.
sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita kelainan kaki pada balita arrow
Ads orthoshop info

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.