Sabtu, 01 April 2017

Faktor Pemicu Alergi pada Tubuh

Faktor Pemicu Alergi pada Tubuh - Ada beberapa hal yang menjadi penyebab atau faktor pemicu yang menyebabkan tubuh seseorang mengalami berbagai reaksi sebagai respon alergi yang ditimbulkan oleh beberapa hal tersebut. Faktor apa saja yang menjadi pemicu timbulnya penyakit alergi? Simak sajian lengkapnya berikut ini.

Faktor Pemicu Alergi pada Tubuh 

Faktor Pemicu Alergi pada Tubuh

Berikut ini adalah beberapa faktor pemicu alergi pada tubuh, mencakup makanan, lingkungan, faktor genetik ataupun cuaca. Adapun beberapa penyebab penyakit alergi adalah sebagai berikut:
  • Faktor genetik katau keturunan. Penyakit alergi dapat disebabkan oleh faktor keturunan atau genetik, jika orangtua anda memiliki alergi terhadap sesuatu, maka anda memiliki resiko sekitar 60 %. Sedangkan jika orangtua anda tidak memiliki alergi, resiko anda terkena alergi hanyalah 15%.
  • Faktor Makanan. Alergi pada makanan tertentu seringkali dialami oleh anak-anak maupun orang yang sudah beranjak dewasa. Banyak sekali gejala yang biasanya timbul akibat sistem kekebalan tubuh melepas antibodi sebagai respon terhadap masuknya makanan tertentu. Biasanya makanan yang menyebabkan alergi adalah beberapa jenis ikan, kerang, kacang-kacangan dan bahkan buah-buahan juga bisa menyebabkan alergi pada sebagian orang.
  • Faktor Fisik. Kelelahan merupakan salah satu penyebab utama dan paling mengganggu fisik yang dapat memicu timbulnya alergi. Pada saat kelelahan, sistem kekebalan tubuh menjadi menurun sehingga tubuh tidak dapat memfilter zat-zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh.
  • Faktor Psikis. Stress juga dapat menimbulkan alergi. Ketika anda sedang dalam keadaan stress, emosi tidak terkontrol dengan baik, sehingga dapat memicu produksi IgE (Imunoglobulin E) dan protein yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada tubuh. Biasanya orang yang mengalami alergi ketika stress dapat menimbulkan gejala gatal-gatal dan sebagainya.
  • Faktor Lingkungan. Seseorang bisa mengalami alergi terhadap sesuatu yang ada dilingkungan sekitarnya. Adapun yang menyebabkan seseorang alergi terhadap lingkungannya adalah: debu, asap kendaraan, au cat, asap roko, dan sebagainya. Biasanya gejala alergi yang ditimbulkan oleh alergi faktor lingkungan ini adalah terjadinya gangguan pernafasan(asma), mata menjadi merah dan batuk-batuk.
  • Faktor Cuaca. Penyebab timbulnya penyakit alergi ini bukan hanya ditimbulkan oleh makanan, faktor lingkungand an faktor keturunan saja. Cuaca memiliki peranan sebagai faktor pemicu alergi pada tubuh. Udara panas, lembab, dan perubahan cuaca ekstrim dapat mengakibatkan alergi pada orang-orang tertentu. Dan biasanya gejala alergi yang disebabkan oleh faktor cuaca ini akan terjadi pada kulit.
Cara Mengatasi Alergi

Untuk mengatasi alergi ada banyak metode pengobatan yang tersedia, dari mulai dengan menggunakan obat medis ataupun dengan menggunakan ramuan herbal dari bahan alami yang memiliki khasiat luar biasa dalam menyembuhkan alergi.

Salah satu bahan alami yang dapat kita jadikan sebagai penyembuh alergi yang efektif adalah teripang laut. Jenis hewan laut ini telah dipercaya dan teruji secara klinis mampu meringankan dan mengatasi alergi. Simak sajian lengkap mengenai manfaat teripang dalam menyembuhkan penyakit alergi di => Obat Tradisional Penyakit Alergi.

Demikianlah sajian informasi menganai Faktor Pemicu Alergi pada Tubuh. Dengan mengetahui beberapa penyebab alergi tersebut, kita bisa menjadi lebih waspada untuk menghindari dan meminimalisir kemungkinan terkena penyakit alergi. Semoga bermanfaat.