Faktor Penyebab Penyakit Osteoporosis

11:00 AM

sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita arrow
Ads orthoshop info
sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita arrow
Ads orthoshop info
sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita arrow
Ads orthoshop info
sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita arrow
Ads orthoshop info
Faktor Penyebab Penyakit Osteoporosis - Penyakit Tulang Keropos adalah nama lain dari penyakit osteoporosis yang menyerang kekuatan tulang dan menjadikannya keropos, jika dibiarkan begitu saja tanpa pengobatan, maka ini akan berdampak buruk terhadap penderitanya. Mari kita simak apa saja yang menjadi penyebab timbulnya penyakit osteoporosis ini.

Penyakit Osteoporosis 

Faktor Penyebab Penyakit Osteoporosis

 Sebelum kita membahas lebih jauh mengnai penyebab atau pemicu penyakit osteoporosis, ada baiknya jika kita terlebih dahulu sedikit mengulas tentang penyakit osteoporosis ini. Penyakit Osteoporosis adalah salah satu jenis penyakit gangguan tulang yang sering disebut dengan istilah Silence Disease, hal ini karena penyakit ini tidak menimbulkan gejala yang kasat mata yang berarti tidak terasa hingga tulang mengalami penurunan kepadatannya sehingga mengakibatkan tulang menjadi sangat rapuh dan resiko patah tulang akan semakin meningkat, dan diketahui pula jika penyakit osteoporosis ini diakibatkan oleh kurangnya kalsium dalam tubuh.


Faktor Penyebab Penyakit Osteroporosis

Secara umum, penyakit osteoporosis disebabkan oleh kurangnya kalsium dalam tubuh. Kalsium dapat kita peroleh melalui berbagai macam makanan yang kita konsumsi dalam kehidupan sehari-hari. Jika dalam tubuh kalsium mengalami kekurangan, maka secara perlahan darah akan mengambil kalsium yang terdapat dalam tulang untuk memenuhi kebutuhan 1% kalsium dalam darah. Selain itu, gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat juga berperan sebagai penyebab penyakit osteoporosis ini, seperti: merokok, makan makanan junk food, minum minuman beralkohol, dan jarang olahraga yang akan mempercepat proses penurunan kepadatan tulang.

Penyakit Osteoporosis memang penyakit berbahaya, akan tetapi, bukan berarti kita tidak bisa melakukan pengobatan dan pencegahan untuk meminimalisir resiko bahayanya itu sendiri. Kita dapat melakukan pencegahan sedini mungkin dengan mencukupi pemenuhan kebutuhan kalsium dan vitamin D dalam tubuh, agar di masa tua nanti bisa terhindar dari penyakit tulang keropos (osteoporosis).

Ketika kita telah mencapai umur 50 tahun, kalsium dalam tulang akan hilang sebanyak 30% dan setelah mencapai umur 70 tahun kita akan kehilangan kalsium tulang sehingga hal itu akan mengakibaktan suatu gangguan pada tulang, yaitu tulang menjadi keropos.

Pertumbuhan tulang dalam tubuh kita akan berlangsung pada 2 dekade pertama, setelah mencapai usia 30 tahun, maka pertumbuhan tulang kita akan terhenti. Meskipun demikian, tetap saja, tulang kita tetap membutuhkan asupan kalsium karena setiap hari tubuh kita akan selalu mengalami kehilangan kalsium melalui kulit-kulit yang mati, pertumbuhan kuku, rambut yang rontok dan juga keringat.

Selain itu, kalsium dalam tubuh kita juga ikut terbuang melalui urine dan feses. Kalsium yang hilang tersebut harus kita ganti setiap hari melalui makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Jika makanan yang kita konsumsi tersebut tidak memiliki kandungan kalsium yang cukup, maka tubuh akan mengambilnya dari cadangan kalsium dari tulang dan gigi, dan jika hal ini berlangsung dalam jangka waktu yang lama, maka kita akan mengalami kekeroposan tulang dan gigi.

Cara pencegahan osteoporosis yang direkomendasikan para ahli medis

The National Academy of Sciences dan National Osteoporosis Foundation di Amerika Serikat merekomendasikan kepada kita, baik pria maupun wanita dewasa mengkonsumsi suplemen kalsium setidaknya 1000-1200 mg/hari. Wanita hamil membutuhkan lebih banyak kalsium, yaitu 1500 mg/hari.

Sebenarnya, sumberkalsium terbaik adalah makanan, misalnya susu dan produk olahannya, sayur-sayuran berwarna hijau tua(terutama brokoli), kacang-kacangan, ikan sardine, ikan teri, dll. Akan tetapi, tidak sedikit dari kita yang mengabaikan pola makan dan gaya hidup yang sehat, sehingga membutuhkan tambahan asupan kalsium dari suplemen dan menurut National Academy od Science Institute of Medicine bulan Agustus tahun 1997 bahwa kebutuhan kalsium dalam tubuh sangat dipengaruhi oleh faktor usia.
  • Umur 0-6 bln membutuhkan kalsium 210 mg/hari
  • Umur 6-12 bln membutuhkan kalsium 270 mg/hari
  • Umur 1-3 tahun membutuhkan kalsium 500 mg/hari
  • Umur 4-8 tahun membutuhkan kalsium 800 mg/hari
  • Umur 9-18 tahun membutuhkan kalsium 1300 mg/hari
  • Dewasa 19-50 tahun membutuhkan kalsium 1000 mg/hari
  • Dewasa > 51 tahun membutuhkan kalsium 1200 mg/hari
Selain melakukan pencegahan dengan mencukupi kebutuhan kalsium dalam tubuh melalui makanan yang kita konsumsi dalam kehidupan sehari-hari, kami juga sangat merekomendasikan kepada anda untuk melakukan pengobatan dengan menggunakan ramuan dari tanaman herbal, anda bisa simak lebih lanjut di => Obat Tradisional Penyakit Osteoporosis.
Itulah beberapa faktor penyebab penyakit osteoporosis. Mulailah jalani gaya hidup dan pola makan yang lebih sehat, dan cukupilah kebutuhan kalsium untuk tubuh anda, agar dapat terhindar dari bahayanya penyakit osteoporosis, terima kasih semoga sajian informasi yang kami berikan dapat bermanfaat..

You Might Also Like

0 comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Like us on Facebook

Flickr Images