Minggu, 02 April 2017

Informasi Pertumbuhan Penyakit Kista Endometriosis

Informasi Pertumbuhan Penyakit Kista Endometriosis - Berikut ini adalah sajian informasi mengenai pertumbuhan penyakit kista coklat yang kerap kali menyerang kaum wanita pada usia produktif. Simak sajian lengkap tentang penyakit kista coklat ini.

Pertumbuhan Penyakit Kista Endometriosis

Informasi Pertumbuhan Penyakit Kista Endometriosis
Penyakit Kista Endometriosis adalah suatu penyakit yang sangat menakutkan bagi kaum wanita. Penyakit kista ini semacam jaringan yang seharusnya berada di dalam rahim perempuan, akan tetapi tumbuh di tempat-tempat lain seperti pada ovarium dan saluran telur. Wanita yang memiliki keluhan penyakit ini biasanya akan mengalami gangguan pada siklus haid, gangguan kesuburan dang juga merasaka rasa sakit ynag hebat.

Penyakit Kista Endometriosis adalah suatu kondisi di mana jaringan mirip selaput lendir rahim (endometrium). Biasanya jaringan ini menempel pada panggul. Karena berisi jaringan yang mirip dengan endometrium maka struktur ini mengukuti pola menstruasi, ketika menstruasi jaringan endometrium juga akang mengeluarkan darah. Pada implan yang ada pada rongga panggul akan menimbulkan rasa sakit dan dapat memicu terjadinya perlengketan organ kandungan, usus dan sekitarnya. Implan pada indung telur lama kelamaan akan menimbulkan bendungan berdarah yang akhirnya akan membentuk kista ( tumor yang berisi cairan berwarna merah kecoklatan) sehingga kista endometriosis sering juga disebut dengan nama penyaki kista coklat.

Bukan hanya pada ovarium, jenis kista ini juga bisa ditemukan pada vagina, leher rahim, dan kandung kemih, meskipun sangat jarang jiak dibandingkan dengan keberadaannya di rongga panggul. Meski sangat jarang, akan tetapi kista ini juga dapat tumbuh di hati, pada bekas luka operasi yang telah lama, di sekitar organ paru-paru ataupun di otak. Meskipun penyakit ini akan menimbulkan dampak merugikan pada penderitanya, akan tetapi tidak bersifat kanker.

Penyakit Kista Endometriosis atau Penyakit Kista Coklat ini sering kali diderita oleh wanita di usia produktif. Penyebabnya belum diketahui secara pasti, karena banyak penderita penyakit kista ini yang mengalaminya tanpa disertai dengan gejala yang biasa muncul. diperkirakan sekitar 20 hingga 50 % wanita memiliki masalah dengan kesuburannya, memiliki kista ini, dan lebih dari 80 % wanita yang mengalami sakit di bagian penggul juga memiliki kista coklat di dalam tiubuhnya.

Sebagian besar penderita penyakit kisat endomertiosis ini adalah wanita yang berusia 25-35 tahun, tetapi telah dilaporkan bahwa ada anak perempuan usia 11 tahun menderita penyakit ini. Penyakit ini jarang menyerang mereka yang berusia lanjut atau di usia menopause. Penyakit ini juga sering terjadi pada wanita kulit putih dibandingkan dengan wanita Afrika atau Asia. Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang tinggi kurus dengan indeks massa tubuh yang rendah lebih rentan terkena endometriosis dibadingkan dnegan yang lainnya. Penundaan kehamilan hingga usia yang lebih uta juga meningkatkan resiko berkembangnya penyakit kista coklat ini.

Penyebab Terjadi Penyakit Kista Endometriosis atau Kista Coklat

Penyebab penyakit kista endometriosis belum diketahui secara pasti. Sebuah teori menyebutkan bahwa jaringan kista ini tumbuh di lokasi yang tidak biasanya dengan cara mengikuti aliran menstruasi ke dalam tuba falopi di rongga perut dan penggul selama proses menstruasi berlangsung. Kemungkinan yang lain adalah saluran apda organ di rongga panggul memiliki sel-sel lama yang mungkin tumbuh membentuk jaringan dengan bentuk yang berbeda. Respon sistem imun pada wanita turut mempengaruhi kemampuan alami tubuhnya untuk melawan pertumbuhan jaringan endometriosis. Oleh karena itu, menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh sangatlah penting bagi kita untuk dapat mempertahankan kesehatan dan kebugaran tubu dari setiap serangan penyakit.

Meskipun tidak menunjukkan gejala pada sebagian besar wanita yang mengalami kisat coklat ini, tetapi ada sebagian kisat yang menunjukkan gejala-gejala, yaitu: sakit di bagian panggul dan ketidaksuburan. Sakit di bagian panggul biasanya dialami ketika menstruasi, sebelum atau sesudah menstruasi, sakit atau keram ketika berhubungan seksual, sakit saat buang air kecil/besar.

Rasa sakit di bagian panggul pada setiap penderita penyakit kista coklat ini beragam , tergantung pada di mana kisat ini tumbuh. Kista yang tumbuh du bagian dalam dan dekat dengan syaraf rasa sakit akan lebih sering. Sel endometriosis yang ikut mengalir bersama darah dapat menghasilakan substansi yang menimbulkan rasa sakit.

Pengobatan Untuk Penyakit Kista Endometriosis

Cara mengobati penyakit kista endometriosis yang paling kami rekomendasikan adalah dengan menggunakan metode penyembuhan secara tradisional. Karena selain dengan menggunakan bahan herbal dari alam, pengobatan ini juga tidak akan menimbulkan efek samping atau ketergantungan, dan sangat efektif untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit kista coklat. Simak lebih lanjut => Obat Tradisional Penyakit Kista Coklat.

Itulah sajian informasi pertumbuhan penyakit kista endometriosis. Semoga menambah pengetahuan dan kesadaran kita akan memelihara kesehatan dengan menjaga pola makan dan menjalani gaya hidup yang lebih sehat demi terhindar dari penyakit kista coklat yang berdampak buruk terhadap kesehatan ini. Semoga bermanfaat..