Tuesday, April 4, 2017

Mitos Telur Penyebab Penyakit Bisul

sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita kelainan kaki pada balita arrow
Ads orthoshop info
sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita kelainan kaki pada balita arrow
Ads orthoshop info
Mitos Telur Penyebab Penyakit Bisul - Telur sebagai penyebab penyakit bisul, hal ini telah lama diyakini oleh masyarakat kita. Tidak terlalu aneh, jika kita mendengar seorang ibu melarang anaknya memakan telur dalam jumlah yang berlebihan, alasannya adalah mengkonsumsi telur dalam jumlah banyak akan menyebabkan penyakit bisul. apakah telur adalah penyebab penyakit bisul? Simak sajian lengkapnya berikut ini.

Sekilas Mengenal Telur
Mitos Telur Penyebab Penyakit Bisul
Telur dikenal oleh masyarkat kita sebagai sumber protein hewani yang memiliki kualitas baik. Telur ayam memiliki kandungan 165 kalori per 100 g, protein 12,8 g, lemak 11,5 g, zat kapur (Ca) 54 mg, zat besi 2,7 mg, vitamin B1 0,1 mg. Mengacu pada kecukupan gizi (AKG) indonesia tahun 1998, AKGanak usia 1-3 tahun untuk energi 1.250 kalori, protein 23 g, dan zat besi 8 mg. Dari sini dapat diketahui, bahwa pemberian telur pada kelompok anak usia tersebut sangat bermanfaat dalam pemenuhan kecukupan gizinya.

Akan tetapi ,telur juga dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang paling sering menimbulkan alergi. Jenis makanan lain yang dapat menimbulkan alergi adalah susu sapi atau kambing, kacnag-kacangan, ikan laut, kedelai, dan gandum.

Telur ayam merupakan alergen yang penting pada anak, terutama pada anak yang menderita dermatitis atopik (eksema). Kuning telur dianggap kurang alergenik dibandingkan dengan putih telur. Gejala yang timbul akibat alergi telur dapat berupa bengkak dan gatal di bibir maupun di lidah. Selain itu, juga menimbulkan muntah dan diare. Alerge makanan dapat melewati saluran cerna masuk ke dalam sirkulasi, selanjutnya mencetuskan reaksi pada organ lain.

Penyakit Bisul

Bisul merupakan reaksi pertahanan tubuh pada benda asing yang masuk ke dalam jaringan tubuh melalui luka, benda asing yang masuk tersebut dapat berupa parasit, bakteri atau kuman lainnya. Biasanya berupa benjolan yang berisi nanah.

Masuknya unsur-unsur asing tersebut itu merangsang munculnya toksin dari dalam tubuh, yang kemudian membentuk peradangan pada kulit, kemudian sel darah putih akan menuju tempat yangn menyebabkan aliran darah menjadi semakin meningkat. 

Aliran darah yang meningkat itu menyebabkan pertumbuhan sel sangat cepat, sehingga terbentuklah dinding atau benjolan yang berisi nanah, nanah itu adalah benda asing yang berhasil diisolir oleh toksin sehingga tidak masuk ke dalam jaringan tubuh lainnya, rasanya nyeri dan mengganggu penderitanya.

Kebanyakan bisul menyerang anak-anak di bawah umur, hal ini terjadi karena daya tahan tubuh atau sistem immun mereka belum berfungsi dengan baik. Bukan hanya anak-anak yang dapat terkena penyakit bisul, orang dewasa juga dapat terkena penyakit bisul ini. Biasanya bisul tumbuh padap bagian tubuh yang memiliki lipatan dan sering terkena gesekan: seperti ketiak, bagian dalam lutut, pinggang, peutm atau bokong.

Benarkah telur adalah penyebab penyakit bisul ?
Benarkah telur bisa menyebabkan bisul? hal ini akan terjadi bila si anak memang alergi terhadap telur. Eksem akibat alergi telur dapat menimbulkan komplikasi infeksi oleh bakteri Staphylococcus aeureus, yang merupakan bakteri penyebab utama penyakit bisul. Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa penyakit bisul disebabkan oleh bakteri, kuman, parasit atau mikroorganisme yang merugikan lainnya (salah satunya : Staphylococcus aeureus) yang menginfeksi melalui luka pada kulit atau pada bagian tubuh lainnya.

Bisul menyerang meraka yang kurang menjaga kebersihan, baik itu kebersihan tubuh ataupun kebersihan lingkungannya. Lalu bagaimana dengan telur, apakah terlur dikatakan sebagai penyebab penyakit bisul? Telur hanya merupakan efek penguat saja, jika gejala bisul telah ada pada seseorang kemudian orang tersebut memakan telaur, maka akan mempercepat proses pembentukan bisul, hal ini berlaku juga dengan konsumsi lemak yang berlebihan.

Nah, sekarang sudah jelas bukan? Bahwa telur bukanlah satu-satunya penyebab timbulnya penyakit bisul. Kesadaran kita akan kebresihan tubuh dan lingkungan memiliki peran penting dalam berjangkitnya bisul pada tubuh.

Cara Mengatasi Penyakit Bisul

Cara mengobati penyakit bisul dengan bahan alami dapat kita lakukan dengan cara menjaga kebersihan dan menjalani pengobatan dengan memanfaatkan ekstrak teripang laut. Simak sajian lenngkapnya di => Obat Tradisional Penyakit Bisul.

Jangan pernah takut untuk mengkonsumsi telur, yang terpenting adalah jangan dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, cukup 2 butir per hari, kecukupan gizi yang kita butuhkan sudah terpenuhi. Menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan menjadi faktor terpenting sebagai langkah pencegahan timbulnya penyakit bisul. Terima kasih telah menyimak Mitos Telur Penyebab Penyakit Bisul, Semoga bermanfaat..
sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita kelainan kaki pada balita arrow
Ads orthoshop info

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.