Rabu, 05 April 2017

Pantangan Bagi Penderita Penyakit Asam Urat

Pantangan Bagi Penderita Penyakit Asam Urat - Berikut ini adalah beberapa jenis pantangan makanan penyakit asam urat yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita penyakit asam urat. Apakah anda memiliki keluhan penyakit asam urat? Perhatikan beberapa jenis makanan berikut ini.

Pantangan Bagi Penderita Penyakit Asam Urat

Pantangan Bagi Penderita Penyakit Asam Urat
Makanan yang termasuk ke dalam jenis pantangan bagi penderita penyakit asam urat adalah jenis makanan yang mengandung purin tinggi, berikut ini adalah penggolongan makanan berdasarkan zat purin yang dikandungnya.

1. Pantangan Makanan Bagi Penderita Penyakit Asam Urat  golongan A:

Makanan yang mengandung purin tinggi (150-800 mg/100 gr makanan), jenis makanannya adalah : hati, ginjal, otak, jantung, paru, macam-macam jenis jeroan, udang, remis, kerang, sarden, herring, ekstrak daging(abon, daging), ragi (tape), alkohol serta makanan dalam kaleng.

2. Pantangan Makanan Bagi Penderita Penyakit Asam Urat golongan B:

Makanan yang mengandung purin sedang (50-150 mg/100gr makanan) adalah ikan yang tidak termasuk ke dalam golongan A, yaitu : daging sapi, kerang-kerangan, kacang-kacangan kering, kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur, daun singkong, daun pepaya, kangkung.

3. Pantangan Makanan Bagi Penderita Penyakit Asam Urat golongan C:

Makanan yang mengandung purin lebih ringan (0-50 mg/ 100 gr makanan), beberapa diantaranya adalah keju, susu, telur, sayuran lain dan buah-buahan.

Saran Untuk Penderita Penyakit Asam Urat
  • Jangan minum aspirin ( bila membutuhkan obat pengurang rasa sakit, pilihlah jenis ibuprofen dan lainnya)
  • Perbanyak minum air putih, terutama bagi penderita penyakit batu ginjal, untuk mengeluarkan kristal asam urat di dalam tubuh.
  • Konsumsilah makanan yang mengandung potasium, seperti : sayuran dan buah-buahan, kentang, alpukat, susu dan yogurt, pisang.
  • Makanlah buah-buahan yang kaya akan vitamin C, terutama jeruk dan strawberry
  • Teripang emas, hewan laut yang lebih dikenal dengan nama timun laut ini ternyata memiliki manfaat yang luar biasa dalam mengatasi penyakit asam urat secara alami. Sebenarnya, alam telah menyediakan obat terbaik yang berkahasiat tinggi dan telah teruji secara klinis mampu memberikan kesembuhan secara tuntas tanpa efek samping. Bagaimana cara menggunakan teripang sebagai ramuan herbal untuk sembuhkan asam urat? Informasinya dapat anda simak di => Teripang Sebagai Obat Tradisional Penyakit Asam Urat.

Itulah beberapa jenis pantangan makanan bagi penderita penyakit asam urat. Jaga pola makan dan jalani gaya hidup yang lebih sehat, serta menghindari beberapa jenis pantangan makanan untuk penderita penyakit asam urat tersebut adalah langkah awal bgai kita untuk mengatasi keluhan penyakit asam urat yang diderita dan tentunya akan memberikan kontribusi dalam mempercepat proses penyembuhan yang dilakukan.