Kamis, 27 April 2017

Tanaman Herbal Untuk Sakit Kepala

Tanaman Herbal Untuk Sakit Kepala - Cara Meredakan Sakit Kepala dengan menggunakan ramuan obat tradisional dari tanaman herbal penyembuh sakit kepala yang dapat kita peroleh di lingkungan sekitar kita. Ya, cara sederhana tersebut sangat efektif memberikan kesembuhan terhadap sakit kepala yang dikeluhkan, bagaimakah cara membuatnya dan apa saja bahan-bahannya? Simak selengkapnya sajian berikut ini.
Tanaman Herbal Untuk Sakit Kepala

Tanaman Herbal Untuk Meredakan Sakit Kepala

Selai menggunakan obat-obatan dari dokter, ternyata alam telah terlebih dahulu mempersiapkan apa yang kita butuhkan untuk menjaga kesehatan dan mengobati berbagai penyakit, termasuk sakit kepala. Sebagai buktinya, berikut ini penulis memberikan sajian informasi cara mengatasi sakit kepala dengan menggunakan bahan alami dari tanaman herbal. 

Lenglengan

Cara membuat ramuan herbal untuk sembuhkan sakit kepala itu cukup dengan mencuci lenglengan hingga bersih, giling halus, kemudian tambahkan 1 cangkir air bersih dan pakai untuk mengompres dengan handuk kecil yang dibasahi dengan ramuan tadi, lakukan 3 kali sehar, Insya Allah keluhan sakit kepala yang anda rasakan akan segera mereda.

Melati

Ambil 1 genggam daun melati dan 10 bunga melati. Untuk membuat ramuan herbal penyembuh sakit kepala cukup mudah, hanya meremas-remas dengan tangan kemudian rendam dengan air dalam wadah, dan gunakan air hasil dari remasan daun dan bunga melati tersebut untuk mengkompres dahi

Temulawak

Tidak hanya lenglengan dan melati saja yang memiliki manfaat untuk mengatasi sakit kepala, ambil beberapa rimpang temulawak, iris tipis keringkan dan ditumbuk halus menjadi tepung. Ambil kurang lebih 2 genggam tepung temulawak tersebut kemudaian rebus dengan 4-5 gelas air, didihkan dan buat hingga tersisa 3 gelas, saring dan minumlah ramuan penyembuh sakit kepala dari temulawak tersebut.

Bawang Putih

Bukan hanya sebagai rempah-rempah atau bumbu dapur saja, bawang putih memiliki manfaat yang luar  biasa untuk kesehatan tubuh kita. Beberapa diantaranya adalah untuk menurunkan tekanan darah tinggi, memperlancar sirkulasi darah, pencegahan penyakit jantung, dan laian-lain, ternyata bawang putih juga bisa digunakan untuk menyembuhkan sakit kepala. Cukup tumbuk bawang putih hingga halus, kemudian kompreskan pada dahi.

Kencur

Terkenal sebagai bahan rempah-rempah untuk menambah cita rasa makanan yang memiliki rasa yang khas, kencur sangat bermanfaat untuk meredakan sakit kepala, ambil 2-3 lembar daun kencur tumbuk sampai halus oleskan dan sebagai kompres pada dahi & pelipis

Halia

Ambil 2-3 lembar daun halia, tumbuk hingga halus, kemudian tambahkan sedikit air dan kompreskan di dahi

Ubi kayu

Ubi kayu, setelah mendengar jenis tanaman yang satu ini, pikiran kita akan langsung tertuju pada umbinya yang kerap dijadikan berbagai macam kudapan dan camilan yang khas, baik itu seperti keripik ataupun beberapa jenis kue basah. Akan tetapi, kali ini yang akan kita gunakan sebagai obat peresa sakit kepala adalah daunnya. Ambil 3 lembar daun ubi kayu kemudaian tumbuk halus dan gunakan untuk kompres dahi.

Pule Pandak

Ambil sekitar Gunakan akar pule pandak sebanyak 10 - 15 g direbus dengan 3gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring lalu diminum 2 kali, pagi dan sore, masing-masing 1/2 gelas.

CATATAN :
  • Pule pandak meningkatkan keluarnya asam lambung sehingga dapat menyebabkan perdarahan lambung. 
  • Penderita dengan penyakit lambung dan kondisi badan lemah jangan minum rebusan pule pandak. 
  • Sudah dibuat tablet dengan nama dagang tablet Reserpin, tablet 
  • Ancom, dan tablet Maishujing.

Teh

Air teh kental 3/4 cangkir, diberi air jeruk nipis sebanyak 1 sendok teh dan madu 1 sendok makan. Aduk sampai merata, lalu dinminum sekaligus. Lakukan 2 - 3 kali sehari.
 
CATATAN :
Keracunan kafeina kronis: Bila minum 5 cangkir teh setiap hari yang setara dengan 600 mg kafeina, lama kelamaan akan memperlihatkan tanda dan gejala seperti gangguan pencernaan makanan (dispepsia), Fasa lemah, gelisah, tremor, sukar tidur, tidak nafsu makan, sakit kepala, pusing (vertigo), bingung, berdebar, sesak napas, dan kadang sukar buang air besar.

Kaki Kuda

Ambil 1 genggam daun kaki kuda dan seujung makan jintan, rebus dengan 2 gelas air dan sisakan hingga 1/2 gelas, saring tambah 1 sdm madu kemudian minum

Bunga matahari

Bunga matahari, siapa yang tidak mengenal satu jenis bunga yang kaya akan manfaat ini? Ya, bunga matahari memiliki banyak manfaat, selain itu bijinya dapat dijadikan camilan. Untuk membuat ramuan alami pereda sakit kepala ambil 25 - 30 gr bunga + 1 butir telur ayam (Tidak dipecahkan) + 3 gelas air, direbus menjadi 1/2 gelas. Diminum sesudah makan, 2 x sehari
PERHATIAN : Wanita hamil dilarang minum rebusan bunga !

Bangle

Gunakan rimpang bangle yang masih segar, ambil saja secukupnya. Cuci lalu parut dan tambahkan sedikit air hingga menjadi adonan seperti bubur, pakai di pelipis dan dahi.   

Selain beberapa bahan di atas, adapula ramuan tradisional untuk menyembuhkan sakit kepala pusing tujuh keliling atau yang jika dalam istilah medis disebut dengan penyakit vertigo, anda bisa menyimaknya lebih lanjut di => Obat Tradisional Pusing Tujuh Keliling

Demikianlah sajian informasi Tanaman Herbal Untuk Sakit Kepala. Semoga bermanfaat dan menjadi solusi penyembuhan sakit kepala yang saat ini anda keluhkan. Terima kasih atas kunjungannya dan selamat mencoba..