Wednesday, May 8, 2019

Semua yang perlu Anda ketahui tentang osteoartritis

sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita kelainan kaki pada balita arrow
Ads orthoshop info
sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita kelainan kaki pada balita arrow
Ads orthoshop info
Osteoartritis adalah suatu bentuk artritis yang disebabkan oleh peradangan, kerusakan, dan akhirnya hilangnya tulang rawan pada sendi. Tulang rawan rusak seiring waktu.


Juga dikenal sebagai radang degeneratif, penyakit sendi degeneratif, dan osteoarthrosis, osteoarthritis (OA) adalah gangguan sendi yang paling umum di Belahan Dunia.

Ini mempengaruhi sekitar 10 persen pria dan 13 persen wanita berusia di atas 60 tahun.

OA adalah penyakit progresif (dipengaruhi oleh usia, makin lama makin parah). Gejala memburuk seiring waktu.


Tidak ada obat, tetapi perawatan dapat membantu individu mengendalikan rasa sakit dan bengkak, dan tetap bergerak dan aktif.

Fakta tentang osteoartritis
Berikut adalah beberapa poin penting tentang osteoartritis.


  • Osteoartritis (OA) adalah penyebab umum kerusakan sendi, terutama di tangan, pinggul, lutut, punggung bawah, dan tangan.

  • Gejala biasanya dimulai setelah usia 40 tahun, tetapi OA juga dapat mempengaruhi orang yang lebih muda setelah cedera traumatis.

  • OA lebih cenderung memengaruhi wanita daripada pria setelah usia 50 tahun.

  • Gejala berkembang perlahan dan berkontribusi terhadap kecacatan di tempat kerja dan mengurangi kualitas hidup.

  • Biaya langsung rata-rata osteoartritis di Amerika adalah sekitar $ 2.800 per pasien setiap tahun.


Pengobatan
Tidak ada obat untuk OA, tetapi perawatan dapat membantu meringankan gejala dan mempertahankan gerakan sendi.

Intervensi meliputi olahraga, terapi manual, modifikasi gaya hidup, pemakaian deker lutut (penyangga) dan pengobatan.

Obat-obatan

Obat tidak dapat membalikkan kerusakan, tetapi dapat membantu mengurangi rasa sakit.

Acetaminophen (parasetamol, Tylenol): Ini dapat menghilangkan rasa sakit pada pasien dengan gejala ringan sampai sedang.

Dosis tinggi dapat menyebabkan kerusakan hati, terutama jika pasien mengkonsumsi alkohol secara teratur, sehingga penting untuk mengikuti dosis yang dianjurkan.

Acetaminophen juga dapat mempengaruhi cara kerja beberapa obat lain, jadi penting bagi pasien untuk memberi tahu dokter jika mereka meminumnya.

Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID): Jika asetaminofen tidak efektif dalam mengendalikan rasa sakit, dokter mungkin akan meresepkan obat penghilang rasa sakit yang lebih kuat, yang mungkin termasuk ibuprofen, aspirin, atau diklofenak.

Beberapa NSAID topikal dapat diterapkan langsung ke kulit sendi yang terkena.

Beberapa NSAID topikal yang dijual bebas sangat efektif mengurangi rasa sakit dan pembengkakan pada sendi lutut atau tangan.

Pasien harus memeriksa dengan dokter mereka tentang penggunaan NSAID, karena mereka tidak cocok untuk beberapa orang, misalnya, mereka yang menderita asma atau tukak lambung.

Tramadol (Ultram): Ini adalah analgesik resep yang tidak mengurangi pembengkakan tetapi memberikan penghilang rasa sakit yang efektif dengan efek samping yang lebih sedikit daripada NSAID.

Ini biasanya digunakan untuk flare up akut jangka pendek, dan mungkin diresepkan bersama acetaminophen untuk menghilangkan rasa sakit yang lebih kuat.

Kodein: Ini dapat membantu dengan gejala yang lebih parah.

Ada risiko ketergantungan, tetapi dalam kasus-kasus rasa sakit yang parah, ini bisa menjadi pilihan. Efek samping dapat termasuk sembelit dan kantuk.

Krim capsaicin: Obat ini memblokir saraf yang mengirim pesan rasa sakit. Ini dapat membantu pasien dengan OA di tangan atau lutut mereka yang tidak merespon dengan baik terhadap NSAID topikal.

Penghilang rasa sakit tidak segera, dan bisa memakan waktu 2 minggu hingga sebulan agar obat dapat bekerja sepenuhnya.

Sejumlah kecil krim capsaicin diterapkan pada sendi yang terkena empat kali sehari dan tidak lebih dari sekali setiap 4 jam.

Aplikasi pertama dapat memicu sensasi terbakar, tetapi, setelah beberapa penggunaan, sensasi itu hilang.

Krim capsaicin terbuat dari cabai. Jika kontak dengan mata, mulut, hidung atau alat kelamin, tidak akan ada kerusakan, tetapi mungkin akan menyebabkan rasa sakit. Seharusnya tidak diterapkan pada kulit yang rusak atau meradang, dan tangan harus dicuci setelah digunakan.

Hindari mandi air panas atau mandi sebelum atau sesudah mengoleskan krim.

Suntikan kortison intraartikular: Nyeri parah dapat diobati dengan menyuntikkan obat, biasanya kortikosteroid, langsung ke situs sendi.

Ini efektif untuk menghilangkan rasa sakit dan pembengkakan, tetapi biasanya dapat diterapkan hanya setiap 4 bulan dalam satu sendi.

Terlalu banyak suntikan intra-artikular dapat merusak sendi, dan terlalu sering menggunakan kortikosteroid meningkatkan risiko osteoporosis dan efek samping lainnya.

Fisioterapi
Stimulasi saraf listrik transkutan (TENS) menerapkan arus listrik melalui kulit. Ini mengontrol rasa sakit dengan mematikan beberapa ujung saraf di sumsum tulang belakang. Unit TENS biasanya terhubung ke kulit menggunakan dua elektroda atau lebih.

Thermotherapy menggunakan suhu hangat dan dingin untuk membantu mengurangi rasa sakit dan kekakuan pada sendi.

Botol air panas yang diisi dengan air panas atau dingin, atau paket panas dan dingin, dapat diterapkan ke daerah yang mengalami OA. Paket panas dan dingin dapat didinginkan dalam freezer atau dipanaskan dalam microwave.

Fisioterapi dilakukan oleh ahli Fisioterapi. Teknik peregangan membantu menjaga sendi tetap fleksibel dan lentur. Tidak menggunakan sendi yang mengalami OA (tidak pernah digerakkan) dapat melemahkan otot, memperburuk kekakuan osteoartritis.

Masalah bila OA di alami oleh  anggota tubuh bagian bawah (kaki)

Orang yang pinggul, lutut atau kakinya terkena OA menggunakan  alas kaki khusus(untuk OA bagian telapak kaki), atau sol sepatu. dan menggunakan deker khusus yang dilengkapi dengan plat logam di samping kanan kiri untuk membantu menyangga sendi lutut (untuk kasusu OA sendi lutut).

Deker lutut  khusus yang dilengkapi dengan plat besi  dapat mengurangi tekanan pada sendi. Sol sepatu khusus dapat membantu mendistribusikan berat badan lebih merata.

Mengenakan kawat gigi kaki, atau memegang tongkat atau tongkat di sisi tubuh yang berlawanan dengan kaki yang terkena, dapat membantu.

Belat dapat membantu pasien mengistirahatkan sendi yang sakit. Belat adalah bagian dari bahan kaku yang memberikan dukungan tulang atau sendi.

deker khusus OA

deker untuk nyeri sendi lutut

deker lutut nyeri
Operasi
Pembedahan biasanya tidak diperlukan, tetapi dapat membantu jika OA mempengaruhi pinggul, lutut, sendi, dan pangkal ibu jari.

Biasanya hanya direkomendasikan jika terapi lain tidak efektif, atau jika salah satu sendi rusak parah.

Contohnya termasuk:

Arthroplasty, atau penggantian sendi total: Bagian yang rusak diangkat melalui pembedahan dan prostesis, atau sambungan buatan, terbuat dari logam dan plastik, dimasukkan.

Sendi yang paling sering diganti adalah sendi pinggul dan lutut, tetapi implan juga dapat menggantikan sendi di bahu, jari, pergelangan kaki, dan siku.

Arthroplasty biasanya efektif, meningkatkan penampilan dan fungsi dan memungkinkan pasien untuk menggunakan sendi secara aktif dan tanpa rasa sakit.

Ada risiko kecil infeksi dan perdarahan. Terkadang sambungan bisa lepas atau aus, dan akhirnya perlu diganti.

Arthrodesis: sendi dapat diluruskan kembali, distabilkan, atau dipasang secara operasi untuk meningkatkan fusi tulang. Ini meningkatkan stabilitas dan mengurangi rasa sakit.

Jika sendi di pergelangan kaki menyatu, pasien akan dapat menambah berat badan tanpa rasa sakit, tetapi tidak memiliki fleksibilitas.

Osteotomi: Ahli bedah menambah atau menghilangkan sebagian kecil tulang baik di atas atau di bawah sendi lutut. Ini dapat meluruskan kembali kaki sehingga berat pasien tidak lagi terfokus pada bagian sendi yang rusak.

Ini dapat digunakan pada pasien yang terlalu muda untuk operasi penggantian lutut.

Osteotomi dapat membantu meringankan gejala secara signifikan, tetapi operasi penggantian lutut mungkin diperlukan di kemudian hari.

Gejala Osteo Arthritis (OA)
Gejala utama OA adalah nyeri dan kesulitan menggerakkan sendi yang terkena.

Orang tersebut mungkin merasa kaku saat bangun di pagi hari, tetapi ini biasanya membaik dalam waktu 30 menit setelah mulai bergerak.

OA melibatkan:

pertumbuhan tulang di sekitar tepi sendi
kerusakan dan kehilangan tulang rawan, bagian dari sendi yang bantalan ujung tulang dan memungkinkan pergerakan sendi yang mudah
sinovitis, peradangan ringan pada jaringan di sekitar sendi
Beberapa orang tidak memiliki gejala. Gejala dapat terjadi pada satu persendian lagi, dan mereka cenderung muncul secara bertahap.

Individu juga dapat memperhatikan bahwa:

sendi yang terkena lebih besar dari biasanya
rasa sakit dan kekakuan memburuk setelah tidak menggerakkan sendi untuk sementara waktu
Sendi terasa hangat dan lembut
ada kehilangan massa otot
sendi yang terkena memiliki rentang gerakan terbatas
Suara atau sensasi kisi atau retakan dapat terjadi pada sendi yang terkena.

Di bawah ini adalah model 3-D osteoarthritis, yang sepenuhnya interaktif.

Jelajahi model menggunakan alas mouse atau layar sentuh untuk memahami lebih lanjut tentang osteoartritis.



Penyebab

OA terjadi ketika tubuh tidak mampu memperbaiki jaringan sendi dengan cara biasa.

Cedera traumatis pada sendi, misalnya, dapat merusak kemampuan tubuh untuk melakukan perbaikan yang tepat menjadi rusak, sehingga kerusakan pada sendi yang terkena terus berlanjut dan memburuk, yang mengarah ke gejala OA.

OA dapat berkembang sebagai akibat kerusakan tulang rawan. Tulang rawan adalah permukaan pelindung yang berupa bantalan ujung tulang dalam sendi dan memungkinkan sendi untuk bergerak dengan lancar.

Permukaan tulang rawan yang halus menjadi kasar, menyebabkan iritasi. Saat tulang rawan melemah, tulang di sendi bergesekan dengan tulang lain, menyebabkan kerusakan dan rasa sakit.

Tulang-tulang mulai menonjol, membentuk benjolan tulang yang disebut osteofit, dan persendiannya menjadi menonjol.

Akibatnya, tulang secara bertahap menebal dan menjadi lebih luas, dan persendian menjadi lebih kaku, kurang bergerak, dan nyeri.

Jika cairan menumpuk di sendi, mereka akan membengkak.

Mengapa proses perbaikan rusak masih belum jelas, tetapi beberapa faktor yang berkontribusi mungkin terlibat, termasuk cedera atau operasi, terlalu sering digunakan, dan kerusakan akibat rheumatoid arthritis (RA).

Mungkin diperlukan beberapa tahun untuk OA muncul setelah cedera.

OA sekunder adalah suatu kondisi yang berkembang karena kerusakan atau kondisi lain.

Kiat-kiat
Berbagai strategi dapat membantu meringankan gejala OA. Seorang dokter atau fisioterapis dapat memberikan saran tentang perubahan gaya hidup.

Latihan dan kontrol berat badan
Olahraga adalah bagian penting dari perawatan OA. Ini dapat membantu menjaga ponsel tetap bergerak, mencegah penambahan berat badan, membangun otot, dan mengurangi stres.

Pemakaian deker khusus untuk penderita OA. alat ini dapat membantu menerima beban dari berat badan dan menyalurkannya ke bagian bawah dengan lebih merata. beberapa orang penderita OA yang sudah memakai deker jenis ini mengaku lebih mendapatkan manfaat. sebagai contoh ketika duduk mau berdiri akan sangat sakit dan nyeri. setelah menggunakan deker mereka lebih ringan ketika posisi dari duduk ke berdiri, tidak perlu rambatan lagi. 

untuk yang tertarik ingin memesan deker khusus yang sudah dimodifikasi dengan plat besi khusus, bisa memesan kepada kami dengan menghubungi kami di bawah ini:

HP. 085867374002 (whatsap / telp)
Bp. Nugroho

dengan nomor rekening

pembayaran melalui :

Bank BRI  Nomor Rekening : 022-01-034994-50-6
atas nama : Nugroho Budi Utomo

Bank Mandiri Nomor Rekening : 900-00-2131448-0
 Atas Nama : Nugroho Budi Utomo

Bank BCA Nomor Rekening : 2470-1539-31
Atas Nama : Nugroho Budi Utomo
sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita kelainan kaki pada balita arrow
Ads orthoshop info

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.