Tuesday, July 2, 2019

Strategi Pembelajaran KD Membaca Geguritan

sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita kelainan kaki pada balita arrow
Ads orthoshop info
sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita kelainan kaki pada balita arrow
Ads orthoshop info
1.      KD      : Membaca Geguritan 
Keterampilan membaca ini diharapkan siswa mampu membaca puisi jawa dengan indah. Untuk membaca puisi jawa agar indah perlu beberapa teknik dalam menerapkannya.
Strategi yang dapat digunakan untuk KD ini berupa :
1)      Pendekatan
a.       Pendekatan pengelolaan kelas
Pendekatan ini digunakan karena guru harus bisa mengatur siswanya agar tetap kondusif dan mau belajar
2)      Metode
a.       Metode Ceramah
Metode ceramah ini digunakan saat guru menjelaskan materi tentang cara membaca geguritan dengan indah
b.      Metode Demonstrasi
Dengan metode ini, guru menyajikan pelajaran dengan meragakan atau mempertunjukan kepada siswa suatu proses tentang cara membaca geguritan dengan indah
c.       Metode Latihan
Metode latihan merupakan metode yang dilakukan agar siswa lebih menguasai materi tersebut
3)      Teknik pembelajaran
a.       Teknik penyajian inquiry
Teknik pembelajaran ini bertujuan agar siswa dapat memecahkan masalah yang berhungan dengan tugas itu sendiri dan dapat mencari sumber sendiri.

KEGIATAN PEMBELAJARAN


·         Kegiatan pendahuluan
a)      Guru mengawali salam kepada murid-murid
b)      Memeriksa kehadiran siswa
c)      Guru mengajak mengingat pelajaran minggu lalu


a)      Kegiatan inti
Meliputi mengamati, menanyakan, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, mengkomunikasikan.
Mengamati :
b)     Guru memberi pengantar singkat tentang pelaksanaan pembelajaran yang akan dilakukan hari itu.
Menanya :
c)      Guru bertanya kepada siswa siapa saja yang pernah membaca geguritan dan siapa yang ingin mencoba membaca geguritan
d)     Siswa bertanya jawab cara membaca geguritan
Mengumpulkan informasi :
a)      Guru memberikan materi tentang cara dan teknik membaca geguritan agar indah
b)      Guru menampilkan contoh orang yang sedang membacakan geguritan dengan intonasi, gaya, lafal yang indah
Mengasosiasi :
a)      Guru memberi kesempatan kepada siswa yang ingin maju latian membaca geguritan
Mengkomunikasikan :
a)      Guru memberi tugas untuk mencari geguritan kemudian direkam dan dijadikan satu kelas lalu minggu berikutnya hasil itu diserahkan kepada guru untuk dinilai


·         Kegiatan penutup
a.       Guru menyimpulkan dan merefleksikan pembelajaran yang telah dilakukan hari itu
b.      Guru berpesan agar senantiasa berlatih sendiri dirumah
c.       Guru mengakhiri pembelajaran pada hari itu dengan mengucapkan salam


Guru masuk kelas kemudian menuju ke tempat duduk. Setelah itu guru mengucapkan salam yang dijawab oleh siswa, sebelum pelajaran dimulai guru mengajak untuk berdoa bersama-sama. Guru memeriksa daftar kehadiran dan mengecek apakah ada yang tidak berangkat pada hari itu. Setelah memeriksa daftar hadir guru mengajak siswa mengulang pelajaran minggu kemarin diharapkan agar siswa tidak lupa akan materi yang sudah diajarkan waktu itu. Siswa mulai mengingatnya kemudian guru memberi tahu siswa tentang pelajaran yang akan dilakukan hari ini yaitu  tentang membaca geguritan sesuai dengan intonasi, gaya dan lafal yang benar. Guru menanyakan kepada siswa siapa saja yang sudah pernah membaca geguritan dan siapa yang ingin maju mencoba membaca geguritan. Siswa pasti tidak akan ada yang maju karena belum diberi tau cara membaca geguritan agar indah. Kemudian guru baru memberikan materi tentang teknik membaca geguritan yang indah, untuk memperjelas materi itu guru menampilkan contoh orang yang sedang membaca geguritan lewat media LCD dan speaker. Setelah semua materi diberikan, guru memberi kesempatan kepada siswa membaca dalam hati geguritan yang ada dibuku atau LKS. Guru menanyakan ke siswa siapa yang ingin berlatih membaca puisi didepan nanti akan diberi nilai 80 untuk pelajaran hari ini. Sebelum siswa maju ke depan kelas, guru memberikan contoh terlebih dahulu baru siswa mulai mempraktekannya. Bagi yang tidak maju, guru memberi tugas berupa mencari dan memilih geguritan kemudian direkam, dijadikan satu kelas lalu minggu depan hasil itu diberikan kepada guru sebagai nilai mata pelajaran hari itu. Waktu pelajaran sudah habis, guru menyimpulkan pelajaran hari itu dan berpesan agar senantiasa berlatih membaca geguritan. Mengakhiri pelajaran, guru mengucapkan salam yang kemudian  dijawab oleh siswa.
sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita kelainan kaki pada balita arrow
Ads orthoshop info

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.