Senin, 28 November 2011

Coke`an Keroncong

Coke`an / Cokekan / Cokean Keroncong

Coke`an / cokekan / cokean adalah jenis musik akustik tradisional yang di mainkan dalam komposisi yang tidak lengkap. istilah coke`an sering di gunakan untuk menyebutkan komposisi musik gamelan/ kerawitan yang dimainkan secara sederhana dengan alat-alat gamelan yang sederhana pula ( sering disebut gong janggrung). gong janggrung adalah alat musik gamelan yang terbuat dari  besi biasa dan dibuat dengan bentuk yang sederhana, namun tetap dengan kualitas suara yang bagus.
Coke`an / cokekan / cokean gamelan biasanya terdiri dari alat musik : kendang, gender, gong bumbung, siter dan peking. bisa juga ditambah alat gamelan lainnya.

Coke`an / cokekan / cokean keroncong terdiri dari Cello, gitar, cak, dan cuk (keroncong) bisa juga di tambah flute.Coke`an / cokekan / cokean keroncong biasanya digunakan untuk mengiringi lagu-lagu langgam jawa. namun cokekan sebetulnya juga bisa digunakan mengiringi keroncong, dangdut bahkan gending jawa pelog dan slendro. alunan nada-nada alat musik akustik cokekan sangat khas, merdu, indah dan alami sekali.

simak cokekan "Irama Sera Madiun"
Download mp3  berikut :
langgam potretmu


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...