Monday, November 28, 2011

contoh Tafsir Al- Qur'an

sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita kelainan kaki pada balita arrow
Ads orthoshop info
sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita kelainan kaki pada balita arrow
Ads orthoshop info


Tafsir Al-Ibris
Surat AnNaml ayat 1-4
Materi ngaji kali ini pengasuh akan menjelaskan tentang surat An naml ayat 1 sampai ayat 4 yaitu tentang ciri-ciri orang yang beriman.
Dalam ngaji ini pengasuh menjelaskan bahwa :
Dimana mana ada rahmat Alloh, bahkan di dalam kesengsaraan pun didalamnya ada rahmat Alloh. Jadi rahmat itu tidak menempat di tempat yang enak-enak.. jadi jangan dikira yang enak enak, yang lezat-lezat itu ada kenikmatan, ada rahmat, bukan sama sekali dan itu suatu pemikiran yang sangat keliru. Maka di alquran di katakan bahwa kenikmatan di dunia itu hanya bohong semata, tipuan.. sedangkan kenikmatan yang sesungguhnya, yang kekal, itu di akhirat tempatnya. Perlu kita di ketahui bahwa di dalam keenakan, kelezatan dan kenikmatan itu terselip ancaman dari Alloh.
Kalau kita mendapatkan keenakan di dunia, itu sebenarnya terselip ancaman dari Alloh, tetapi tergantung bagaimana kita menyikapi kenikmatan yang di berikan oleh Alloh, klo kenikmatan itu akan menjadi rahmat bagi kita apabila kita bisa menyikapinya dan bisa menhantarkan kita untuk selalu ingat kepada Alloh SWT. Begitu juga apabila kita mendapatkan kesengsaraan didunia ini apabila kesengsaraan itu bisa menjadikan kita bahagia artinya bisa membuat kita ingat kepada Alloh kalo semua itu adalah titipan alloh semata, kita hanya di titipi saja dan menghantarkan kita untuk selalu mengingat alloh, maka sebenarnya disitulah letak dari rahmat Alloh SWT.
Bagi Alloh, membalikkan keadaan seseorang itu sangat muda, makanya kita hidup di dunia ini jangan pernah “merasa memiliki” harta benda di dunia, tapi belajarlah untuk “ikut merasa memiliki”. Karena dengan “ikut merasa memiliki” ketika kita kehilangan sesuatu yang kita sayangi di dunia, kita tidak akan mudah kecewa, sakit hati ataupun sedih dan susah, karena menyadari semua hanyalah titipan dari Alloh SWT.
Orang yang mendapatkan kebahagian dan mendapatkan rahmat itulah orang orang yang beriman, dan bagaimana kah cirri orang yang beriman itu?
Orang yang beriman itu selalu mendirikan sholat lima waktu. Selain itu juga menunaikan zakat. Jangan malah sayang kpda harta sehingga pelit untuk berbagi kepada orang lain, dan tidak mau zakat, karena harta yang kita milki itu hanya titipan, buktinya klo kita mati, apa harta itu bisa kita bawa? Tidak akan bisa. Bahkan semisalnya apa bisa harta itu di pakai untuk mengatur-atur atau menyogok malaikat izroil supaya tidak mencabut nyawa kita atau bernegosiasi. sama sekali tidak bisa.
Dalam ayat selanjutnya di katakan bahwa sesungguhnya tanda tanda orang beriman itu selalu yakin akan adanya akhirat. Sedangkanorang orang yang tidak beriman itu mereka akan di hiasi oleh allah dengan perilaku-perilaku mereka sendiri, disibukkan dengan kebingungan-kebingungan akan keinginan-keinginan dunia dan bagi mereka siksa yang sangat pedih dan termasuk orang-orang yang rugi.
Manusia itu dikatakan makhluk yang sempurna karena bisa hidup di dua alam
Ada dua alam yang dikenal yaitu
Alam Mulki, yaitu alam yang bisa di masuki oleh badan, jasmani raga.
Alam Malakuti adalah alam yang bisa di masuki oleh Roh, dan manusia termasuk makhluk yang sempurna karena bisa hidup di 2 alam ini.
Demikianlah sedikit materi ngaji kita kali ini, semoga bisa selalu membuat kita bermuhasabah dan untuk menjadi lebih baik. Dan semakin kita dekat dengan Alloh, semakin mengenali Alloh. Amin..
Mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila ada kesalahan dalam menyampaikan materi ini.

sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita kelainan kaki pada balita arrow
Ads orthoshop info

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.