Minggu, 23 Desember 2012

Studi: Lebih Baik Minum Sebelum Makan

Jangan tergesa-gesa ketika minum di saat makan. Menenggak minuman secara cepat, bisa berakibat fatal pada organ pencernaan Anda. Pasalnya, air yang dikonsumsi di sela-sela mengunyah makanan akan menghambat kekuatan pencernaan perut. Akibatnya, tingkat insulin berfluktuasi secara signifikan.

Penelitian menunjukkan, minum sedikit air selama makan tidak mengganggu kesehatan organ pencernaan, tetapi minum lebih dari dua gelas selama proses makan dapat mengganggu pencernaan. Dalam penelitian disebutkan, cara terbaik adalah dengan minum sebelum makan, dan beberapa saat setelah makan. Hal tersbeut berguna untuk membantu dalam penyerapan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi.

Minum air dengan makanan juga dapat menyebabkan lonjakan kadar insulin. lebih banyak insulin dilepaskan ke aliran darah Anda, semakin tinggi kemungkinan Anda menyimpan lemak dalam tubuh Anda.

Macrobiotic konselor, Shonali Sabherwal, seperti yang dikutip dari Timesofindia menyebutkan beberapa cara agar Anda tidak perlu minum di sela-sela makan.

1. Pastikan makanan yang Anda konsumsi tidak terlalu asin. Pasalnya makanan asin akan membuat Anda lebih cepat haus

2. Makan secara perlahan. Selain memicu air liur untuk mempermudah penyerapan dalam organ pencernaan, mengunyah secara perlahan dimaksudkan untuk mencegah tersedak saat makan

3. hindari pula makanan yang terlalu pedas. Hal tersebut akan membuat Anda semakin banyak minun di sela-sela makan

4. Makanlah dengan menu seperti sayur berkuah. Dengan demikian Anda tidak perlu minum beberapa kali saat makan.

Sumber: metrotvnews.com

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.