Senin, 25 Februari 2013

BAGAIMANA MENGHADAPI DEMO BURUH? SUATU PENERAPAN QIMENDUNJIA (奇門遁甲)


BAGAIMANA MENGHADAPI DEMO BURUH? SUATU PENERAPAN QIMENDUNJIA 
(奇門遁甲)

Ivan Taniputera
25 Februari 2013

Beberapa waktu yang lalu ada kawan yang datang menjumpai saya. Ketika itu, ia sedang menghadapi permasalahan yang cukup pelik. Para buruh di perusahaannya sedang mengancam demo jika tuntutannya tidak dipenuhi. Oleh karenanya, pada hari yang telah ditentukan ia akan menjumpai perwakilan kaum buruhnya guna membicarakan tuntutan mereka. Apa tuntutan kaum buruh itu, tidak akan kita bahas di sini. Kawan saya itu lantas meminta saran saya. Guna menjawab pertanyaan itu, saya lantas membuat bagan Qimendunjia-nya .



Sebelumnya saya akan memberikan ulasan singkat mengenai apa itu Qimendunjia (奇門遁甲). Qimendunjia merupakan salah satu bagian ilmu metafisika Tiongkok. Sebenarnya terdapat ilmu Qimendunjia yang esoteris (bukan untuk umum) sifatnya, tetapi tentu saja kita tidak akan membahas yang sifatnya bukan untuk umum tersebut. Salah satu kegunaan Qimendunjia adalah mencari arah yang baik dalam melakukan kegiatan tertentu, misalnya menemui rekan bisnis, negosiasi, mengikuti sidang di pengadilan, memecat karyawan, berdagang, dan lain sebagainya. Pada diagram Qimendunjia di atas, selatan berada di atas.

Terdapat beberapa faktor yang diperhitungkan dalam Qimendunjia, seperti:

1.DELAPAN PINTU (八門), terdiri dari:

開門 (Kaimen)
驚門(Jingmen)
死門(Simen)
景門(Jingmen)
杜門(Dumen)
傷門(Shangmen)
生門(Shengmen)
休門 (Xiumen)

2.SEMBILAN BINTANG (九星), terdiri dari:

天心 (Tianxin)
天蓬 (Tianpeng)
天任 (Tianren)
天冲(Tianchong)
天辅 (Tianfu)
天英(Tianying)
天禽 (Tianqin)
天柱(Tianzhu)
天芮 (Tianrui)

3.DELAPAN DEWA (八神), terdiri dari:

直符 (Zhifu)
螣蛇 (Tengshe)
太陽 (Taiyang)
六合 (Liuhe)
白虎 (Baihu)
玄武 (Xuanwu)
九地 (Jiudi)
九天 (Jiudian)


Kita kemudian melakukan penelaahan terhadap masing-masing aspek tersebut. Sebagai contoh bintang Baihu dan Xuanwu kurang cocok bagi kegiatan apapun.

Saya lantas menyarankan kawan saya agar dari rumahnya pergi ke luar dulu menuju arah barat, karena arah barat merupakan arah yang cocok bagi keperluan tersebut. Kemudian pertemuan dengan perwakilan kaum buruh juga hendaknya dilakukan di sektor sebelah barat. Dengan memperkuat energi yang sesuai, diharapkan agar ia memperoleh keunggulan dalam negosiasi. Saya juga memberikan saran agar pertemuan dilangsungkan pada jam 17.15, yakni setelah jam kerja. Meski telah menggunakan Qimendunjia, saya juga menyarankan kawan saya itu agar memperbaiki kondisi kerja. Dengan makin terjaminya kepuasaan kerja, tentu saja peluang terjadinya demo buruh akan dapat diperkecil. Kendati kita mengenal ilmu-ilmu metafisika, tetap saja diperlukan hubungan antar manusia yang baik, yakni dilandasi prinsip saling asih dan asuh. Hubungan atasan dan bawahan yang baik juga perlu dikembangkan. Dengan demikian, baru sesuai dengan pikiran logis umat manusia.

CATATAN TAMBAHAN:

Kita boleh juga memadukan hal ini dengan penarikan Yijing atau horary astrologi, yakni penggunaan bersama metafisika Barat dan Timur. Tetapi karena tujuan artikel ini adalah menjelaskan mengenai Qimendunjia, maka kita tidak akan mengulasnya.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.