Jumat, 24 Mei 2013

Tak Hanya Sehat, Olahraga Juga Bikin Pintar Lho


Penelitian terbaru yang dilakukan di University Of Texas, Amerika Serikat, mengatakan bahwa latihan 30 menit per hari dapat membuat Anda lebih pintar. Benarkah demikian?

Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data dari 1.100 mahasiswa tentang rutinitas olahraga dan nilai kuliah mereka. Hasilnya menunjukkan bahwa mahasiswa yang mendapat nilai A rutin olahraga 30 menit selama 3.52 kali seminggu. Sedangkan mahasiswa dengan nilai C, D atau F hanya olahraga selama 30 menit sekitar 2.81 kali seminggu.

Berikut 5 efek pintar yang diberikan dari rutin berolahraga, seperti dilansir dariTimes of India:

1. Meningkatkan energi
Sebagian besar masyarakat berpikir bahwa bergerak atau berolahraga terlalu banyak dapat membuat lelah dan pusing. Padahal, semakin banyak bergerak, semakin banyak energi yang Anda rasakan.

Kegiatan rutin meningkatkan kekuatan otot dan meningkatkan daya tahan Anda. Peningkatan ini memberi otak energi untuk berpikir lebih jernih. Bergerak selama 15 menit akan membuat tubuh Anda menghasilkan lebih banyak energi, bahkan pada tingkat sel.

2. Mempertajam fokus
Seorang penulis, dr John Ratey, mengatakan bahwa olahraga meningkatkan kerja otak dalam jangka pendek dengan cara meningkatkan fokus. Misalnya jika Anda akan melakukan presentasi di tempat kerja atau harus membuat pidato, cobalah untuk latihan ringan 1 jam sebelumnya. Hal ini diyakini bahwa akan memberikan pengaruh besar pada penampilan Anda.

Dalam jangka panjang, pengaruh ini juga dapat membantu melawan penuaan otak atau Alzheimer. Otak meningkatkan fokus jika aliran darah lancar, ini terjadi ketika berolahraga, di mana jantung akan memompa darah lebih banyak.

3. Meningkatkan suasana hati
Olahraga dikenal dapat memicu endorfin, yang berfungsi meningkatkan fungsi otak. Jadi, setelah berolahraga, kemampuan Anda untuk memilih prioritas akan meningkat. Ini memungkinkan Anda untuk lebih berkonsentrasi.

4. Meningkatkan memori Anda
Dalam percobaan yang diterbitkan dalam sebuah jurnal, para siswa diminta untuk menghafal serangkaian huruf dan kemudian diberikan pilihan untuk berlari, mengangkat beban, atau duduk diam. Jawaban siswa yang memilih berlari atau mengangkat beban lebih akurat dibandingkan dengan siswa yang memilih untuk duduk diam setelah menghafal.

5. Meningkatkan produktivitas
Pekerja yang sesekali menyempatkan diri untuk berolahraga di antara jam kerja, cenderung memberikan kontribusi lebih banyak dibandingkan dengan pekerja yang tidak melakukannya. Mereka juga lebih produktif di tempat kerja.

"Olahraga dapat meningkatkan mood Anda. Ia bekerja sebagai anti-depresan dan membantu mengangkat suasana hati. Selain itu, aktivitas ini juga membantu Anda berkonsentrasi pada hal-hal yang dilakukan setiap hari. Bergerak dapat membuat Anda lebih pintar dan lebih percaya diri," imbuh Althea Shah, salah seorang ahli kebugaran.

(up/up/detik.com)

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.