Sabtu, 08 Juni 2013

TIPS KARIER : Atasi Ketakutan dalam Karier Anda!


Dalam satu masa Anda mungkin pernah mengalami ketakutan dalam karier Anda. Namun jangan membiarkan berbagai ketakutan tersebut justru menghambat karier Anda. Berikut ini adalah beberapa tips dalam mengatasi ketakutan dalam karir yang sering Anda rasakan.
1. Ketakutan akan tantangan dari orang lain
Jangan takut ketika Anda berada di sekeliling orang yang lebih pintar dari Anda. Tantangan dari orang lain seharusnya bisa memotivasi Anda untuk mendapatkan ide-ide baru serta membuat Anda menjadi pekerja yang lebih kuat dalam menghadapi masalah.
2. Ketakutan untuk bertanya dan minta pertolongan
Bertanya dan meminta pertolongan pada orang lain bukan berarti Anda lemah, jadi jangan takut untuk melakukannya. Setiap orang pada satu waktu tertentu, pasti membutuhkan bantuan orang lain. Bukan tidak mungkin Anda malah bisa meraih kesuksesan jika tidak malu bertanya.
3. Ketakutan mengambil risiko
Kadang jika Anda mengharapkan hasil yang lebih, Anda pun harus bisa lebih berani untuk mengambil risiko. Supaya risiko bisa diminimalisir, lakukan riset terlebih dahulu dan pikirkan rencana Anda matang-matang sebelum akhirnya mengambil keputusan.
4. Ketakutan membuat kesalahan
Pada dasarnya tidak ada orang yang sempurna, jadi jangan takut melakukan kesalahan. Jangan terlalu keras pada diri sendiri saat melakukan kesalahan. Sebaliknya, tunjukkan Anda bisa mengambil pelajaran dari kesalahan itu dan tidak melakukannya lagi di masa depan.
5. Ketakutan mengikuti passion
Passion, gairah, dan minat sangat dibutuhkan dalam perjalanan karir Anda. Karena apa artinya bekerja, ketika Anda sama sekali tidak bahagia? Sebaliknya jika bekerja di bidang yang merupakan passion Anda, maka rasa antusias dan energi positif itu akan terpancar di setiap tugas yang Anda kerjakan. Karena itu, ketika Anda merasa tidak bahagia di karir yang sekarang, jangan takut untuk banting setir dan mengejar passion Anda. (harjo)

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.