Kamis, 11 Juli 2013

MEMBACA ALFABET LANGIT: PERJALANAN SINGKAT MEMASUKI DUNIA ASTROLOGI BARAT DAN TIMUR

MEMBACA ALFABET LANGIT: PERJALANAN SINGKAT MEMASUKI DUNIA ASTROLOGI BARAT DAN TIMUR


Ivan Taniputera
11 Juli 2013

Sewaktu masih duduk di bangku Taman Kanak-Kanak, kita diperkenalkan pada alfabet atau yang disebut abjad; yakni A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z. Huruf-huruf yang menyusun alfabet ini lantas kita susun menjadi kata, yang awalnya sederhana dulu; seperti: ini, budi, mata, dan lain sebagainya. Barulah kita kemudian diajarkan menyusun kata menjadi kalimat dan akhirnya sanggup membaca atau menulis karangan yang panjang.

Begitu juga dalam ilmu astrologi baik Barat dan Timur, kita perlu belajar mengenali abjadnya terlebih dahulu, sehingga dapat menafsirkan diagram atau peta langit. Berikut ini adalah contoh diagram atau peta langit menurut astrologi Barat.




Agar dapat membaca diagram di atas, Anda pertama-tama perlu mengenali abjad-abjad dasar sebagai berikut:




Simbol-simbol di atas adalah lambang yang dipergunakan pada peta Langit di atas. Selanjutnya masih ada lagi abjad-abjad dasar sebagai berikut:




Lalu setelah itu kita akan belajar merangkai lambang-lambang tadi menjadi sebuah "kalimat." Pertama-tama kita harus mengetahui terlebih dahulu makna masing-masing Rumah atau House yang ada pada diagram tadi. Misalnya rumah pertama melambangkan penampilah diri sendiri atau fisik kita. Rumah kedua melambangkan keuangan dan seterusnya.

Setelah itu kita akan belajar merangkaikannya menjadi sebuah "karangan," dengan mengetahui "kata sambung" masing-masing planet yang disebut dengan "aspek." Apa yang disebut aspek ini sesungguhnya adalah sudut antar planet pada peta langit. Secara umum, terdapat aspek-aspek sebagai berikut:




Secara umum terdapat aspek yang dianggap "baik" dan "buruk." Namun "baik" dan "buruk" di sini sebenarnya hanyalah istilah. "Buruk" dapat diartikan sebagai tantangan dan apa yang disebut tantangan ini bagi sebagian orang dapat menjadi dorongan atau peluang guna meraih kemajuan dalam hidup. Banyak tokoh dunia, yang justru dalam peta langitnya mengadung banyak aspek "buruk." Sementara itu, justru orang yang banyak memiliki aspek "baik" malah menjadi orang biasa-biasa saja.

Setelah mengetahui semua simbolisme dan aturan di atas barulah kita berlatih menafsirkan peta langitnya.


Kini kita beralih pada astrologi timur yang disebut Bazi (八字). Secara harafiah ini berarti adalah delapan karakter. Diagramnya adalah sebagai berikut.




Sama seperti astrologi Barat, kita juga perlu mengenali abjad-abjad yang dipergunakan. Secara umum abjad-abjad yang dipergunakan adalah sebagai berikut:

甲 = Jia
乙 = Yi
丙 = Bing
丁 = Ding
戊 = Wu
己 = Ji
庚 = Geng
辛 = Xin
壬 = Ren
癸 = Gui

Sepuluh simbol di atas disebut Batang Langit.

Selanjutnya masih ada lagi.

子 = Zi
丑 = Chou
寅 = Yin
卯 = Mao
辰 = Chen
巳 = Si
午 = Wu
未 = Wei
申 = Shen
酉 = You
戌 = Xu
亥 = Hai

Kita juga masih perlu memahami prinsip lima elemen dan yinyang. Kemudian kita perlu mengetahui "kata sambung" atau interaksi yang terjadi pada masing-masing simbol di atas; seperti cong, hai, bo, he, dan lain sebagainya. Barulah kita dapat menyusun sebuah "karangan" kehidupan.

Astrologi Timur lainnya adalah Ziweidoushu (紫微斗数). Bentuk diagramnya adalah sebagai berikut:



Abjad-abjad yang kita pelajari pertama-tama adalah 14 bintang utama dalam Ziweidoushu, yang terbagi menjadi kelompok utara dan selatan.

Bintang utama kelompok utara jumlahnya ada 6, yakni:

Ziwei
Tianji
Taiyang
Wuqu
Tiantong
Lianzhen

Bintang utama kelompok selatan jumlahnya ada 8, yakni:

Tianfu
Taiyin
Tanlang
Jumen
Tianxiang
Tianliang
Qisha
Pojun

Masing-masing bintang ini memiliki karakternya sendiri-sendiri yang perlu kita pahami serta pelajari. Sehingga kita boleh mengatakan bahwa menurut Ziweiduoshu, manusia memiliki 14 sifat atau karakter dasar.  Di samping itu, masih terdapat bintang-bintang tambahan utama, seperti:

Zoufu
Youbi
Wenchang
Wenqu
Tiankui
Tianyue
Qinyang
Tuoluo
Huoxing
Lingxing
Dikong
Dijie dan lain sebagainya.

Masih terdapat lagi bintang-bintang yang kecil kekuatannya.

Selanjutnya kita juga harus mengenal dua belas istana pada Ziweidoushu serta memahami maknanya, istana Jiwa, istana Orang Tua, istana Batin, istana Kekayaan, istana Karier, istana Sahabat dan Anak Buah, istana Perjalanan, istana Kesehatan, istana Keuangan, istana Anak, istana Pasangan Hidup, dan istana Saudara.

Demikianlah sekilas perjalanan kita dalam mengenal "abjad-abjad Langit" berdasarkan astrologi Barat maupun Timur. Karena ini sifatnya hanya pengantar, Anda dipersilakan melanjutkan sendiri perjalanan Anda dalam mengenal keindahan maupun kedalaman astrologi Barat dan Timur.

Silakan bergabung dengan https://www.facebook.com/groups/339499392807581/

dan

http://sejarahastrologimetafisika.blogspot.com/

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.