Senin, 30 September 2013

Makanan Ibu Menyusui Yang Wajib Dikonsumsi

Setiap ibu pasti menginginkan bayinya tumbuh menjadi sehat, dan itu tidak lepas dari peran seorang ibu. Ibu mempunyai peran penting dalam perkembangan bayi selama menyusui. Pemberian ASI kepada bayi merupakan cara terbaik, karena ASI merupakan makanan terbaik buat bayi selama menyusui. Namun pemberian ASI secara terus-menerus tentunya akan membuat kondisi ibu menjadi turun kalau tidak dibarengi dengan mengkonsumsi makanan sehat bernutrisi tinggi.


Makanan sehat yang bernutrisi tinggi juga akan disalurkan kepada bayi pada saat menyusui. Dengan demikian, kesehatan ibu akan menjadi terjaga dan membuat juga bayi tumbuh jadi sehat. Terus yang jadi pertanyaan, makanan sehat manakah yang dimaksud itu? Makanan sehat yang kami maksud adalah tentunya makanan yang dianjurkan oleh para ahli gizi. Seputar kehamilan akan mencoba menguraikannya tentang beberapa makanan ibu menyusui yang wajib dikonsumsi.

Makanan Sehat Ibu Menyusui

Kacang-Kacangan
Kacang-kacangan, khususnya kacang merah dan kacang hitam merupakan salah satu makanan sehat yang baik buat ibu menyusui. Karena didalamnya terkandung zat besi dan protein yang berkualitas.

Jeruk
Vitamin C yang terkandung dalam jeruk sangat bermanfaat bagi ibu menyusui. Bahkan kebutuhan akan vitamin C semakin meningkat disaat menyusui dibandingkan pada saat masih hamil. Anda bisa langsung mengkonsumsinya atau dibuat juice jeruk, itu tergantung dari selera anda masing-masing.

Susu Rendah Lemak
Susu merupakan sumber kalsium terbaik dan didalam susu terkandung protein, vitamin B dan vitamin D yang baik buat ibu. Susu yang dikonsumsi oleh ibu menyusui juga sangat membantu pertumbuhan tulang pada bayi. Konsumsilah susu 3 kali sehari agar kebutuhan akan kalsium bisa terpenuhi.

Daging Sapi
Selama menyusui, ibu memerlukan tambahan energi makanan yang kaya akan zat besi. Daging sapi tanpa lemak merupakan sumber energi yang kaya akan zat besi dan juga protein serta vitamin B12.

Telur
Telur mengandung protein dan vitamin D yang juga dapat membantu pertumbuhan tulang pada bayi dan menjaga tulang anda tetap kuat. Sertakanlah telur saat anda makan dengan menu-menu makanan lainnya.

Ikan Salmon
Didalam ikan salmon mengandung lemak yang disebut DHA. DHA sangat penting dan dibutuhkan oleh bayi guna membantu perkembangan sistem sarafnya.

Bluberi
Walapun harganya terbilang mahal, namun kandungan yang terdapat dalam buah bluberi sangat baik bagi ibu menyusui, karena buah bluberi kaya akan antioksidan, mineral, karbohidrat dan juga vitamin.

Beras Merah
Berat badan anda menjadi naik selama menyusui adalah hal yang wajar-wajar saja, karena ibu menyusui membutuhkan asupan karbohidrat. Karbohidrat yang sehat bisa anda dapatkan pada beras merah.

Roti Gandum
Roti gandung memiliki kandung asam folat yang penting buat bayi. ASI yang mengandung asam folat juga akan membantu perkembangan bayi. Selain itu, roti gandum juga mengandung zat besi dan serat.

Sayuran Berwarna Hijau
Contoh sayuran yang berwarna hijau seperti bayam, brokoli dan kangkung memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, kalsium, zat besi, antioksidan dan rendah kalori.

Hampir semua jenis makanan yang telah disebutkan diatas mengandung banyak vitamin. Tidak hanya ibu menyusui, pada masa kehamilan pun vitamin sangat dibutuhkan, silahkan baca vitamin ibu hamil untuk mendapatkan info lebih lanjutnya.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.