Minggu, 08 September 2013

Tips Atasi Kesalahan Kerja

TAK ADA YANG SEMPURNA, Didunia ini tidak ada yang luput dari kesalahan, Manusia tidak ada yang sempurna, semua manusia pasti pernah membuat kesalahan, baik disengaja ataupun tidak sengaja.
Namun tetap saja, setiap kesalahan, pasti akan berimbas langsung pada perasaan dan biasaanya diikuti penurunan kinerja karena salah tingkah dan takut yang menyerang.
Apalagi jika membuat kesalahan di tempat kerja yang cukup mempengaruhi perusahaan hingga membuat tidak tenang walaupun  sudah dirumah.
Untuk memperbaiki kesalahan sekaligus menyelamatkan karir, bisa mencoba tips berikut ini:

Tetap tenang.
 Panik hanya akan memperparah keadaan, membuat kita jadi tidak bisa mengatasi masalah dengan baik.
Mengakui kesalahan. Jika kesalahan yang diperbuat bisa diatasi sendiri dan tidak besar pengaruhnya, maka tidak perlu lapor pada pimpinan. Namun jika tidak, segeralah akui kesalahan pada bos. Jangan sampai bos tahu dari orang lain.
Jangan  pernah menyalahkan orang lain. Bila kesalahan tersebut merupakan sepenuhnya akibat tindakan dirisendiri, jangan mencari kambing hitam dengan menyalahkan orang lain. Ini akan memperburuk keadaan.
Sportif Berani Minta maaf. Akuilah kesalahan yang telah diperbuat dan kemudian minta maaf.
Jangan Kelamaan menyalahkan diri. Kesalaham memang sudah terjadi dan mungkin penyebab kelalaian diri sendiri, tapi jangan sampai terus menerus menyalahkan diri sendiri, apalagi menyalahkan diri di depan umum.
Rancang perbaikan. Setelah mengakui salah dan meminta maaf, tindakan yang tepat harus bertanggung jawab untuk memberikan solusi. Jangan hanya datang ke bos untuk mengakui salah dan minta maaf, tapi berikanlah juga rencana untuk mengatasi masalah yang ada.

Jangan ulangi lagi.
 Tunjukkan kepada perusahaan bahwa kesalahan yang telah terjadi tidak akan terulang di kemudian hari.

Lebih teliti.
 Lebih baik terlambat daripada cepat tapi ada kesalahan. Lebih teliti walaupun di buru waktu.
(C1P1/CN34

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.