Sabtu, 19 Oktober 2013

Berbahayakah Minum Air Es Saat Hamil?

Disaat cuaca yang begitu panas, membuat kita sering kali dehidrasi. Minum air es merupakan cara yang tepat untuk memulihkan kondisi kita kembali. Tidak sekedar menghilangkan haus, tapi juga membuat tubuh kita menjadi segar. Terus bagaimana dengan ibu hamil yang minum air es? Apakah minum air es saat hamil dapat membuat bayi menjadi besar sehingga sulit untuk melahirkan? Simak pembahasannya dibawah ini.


Selama kehamilan, para ibu hamil sering mengalami gerah atau kelelahan sehingga ingin selalu minum air es. Namun sebagian dari ibu hamil mengkhawatirkan dan menghindari untuk tidak minum air es, karena dapat menyebabkan bayi menjadi besar, akibatnya bayi akan sulit untuk dilahirkan.

Sebenarnya, apa yang dikhawatirkan tersebut tidak ada dasarnya sama sekali. Minum air es tidak ada hubungannya dengan bayi akan menjadi besar dan sulit melahirkan. Tidak ada larangan bagi ibu hamil untuk meminum air es, hal itu boleh asalkan jangan terlalu sering karena akan membuat tubuh harus lebih banyak membakar lemak atau kalori sehingga tubuh naik saat mencerna air dingin. Akibatnya ibu hamil akan mudah lelah karena kekurangan kalori.

Mengenai masalah ukuran bayi akan jadi besar saat minum air es, itu karena faktor penyakit turunan seperti kencing manis atau diabetes, bukan dari air es tersebut. Air es tidak membahayakan bagi ibu hamil dan juga janinnya, pada dasarnya cairan tersebut akan dikeluarkan manjadi urine. Yang membahayakan apabila air es tersebut dicampur dengan sirup. Kandungan gula berlebihan yang terdapat dalam sirup tersebut akan membuat ukuran bayi jadi besar. Selain itu bayi akan sulit keluar sehingga perlu dilakukan operasi ceasar.

Tidak hanya sirup saja yang mengandung gula berlebihan, tapi banyak jenis minuman maupun makanan yang mengandung kadar gula lebih dan itu perlu diwaspadai oleh ibu hamil, kalau bisa untuk mengurangi jumlah konsumsi gula dalam masa kehamilan. Hal yang perlu diperhatikan lagi, ketika setelah makan sebaiknya tidak minum air es karena akan memperlambat mencerna dan menyerap makanan. Apabila selesai makan disarankan untuk minum air hangat.

Sekarang sudah jelas, minum air es tidak membahayakan bagi ibu hamil. Kalau ada yang mengatakan kalau minum air es akan membuat ukuran bayi jadi besar, itu hanyalah mitos saja. Jadi, ibu hamil tak perlu khawatir lagi untuk minum air es.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.