Selasa, 01 Oktober 2013

Menghitung Masa Subur

Banyak pasangan suami istri yang telah menikah cukup lama namun belum dikaruniai seorang anak. Ada beberapa faktor diantaranya, salah satu dari mereka telah divonis mandul oleh dokter dan ini merupakan mimpi buruk yang sulit diterima oleh tiap pasangan. Faktor kedua yang mungkin terjadi adalah kurangnya pengetahuan tentang masa subur.


Masa subur adalah salah faktor yang sangat penting diketahui oleh setiap wanita. Namun tidak sedikit wanita mengetahui hal tersebut. Sebagaimana kita ketahui masa subur merupakan masa dimana sel telur yang matang siap dibuahi oleh sperma (ovulasi). Dalam keadaan tersebut merupakan moment yang tepat untuk memiliki anak dengan melakukan hubungan suami istri. Masa subur memiliki perhitungan tergantung dari siklus haid tiap wanita. Lalu, kapankah masa subur itu tiba? Dan bagaimanakah cara menghitung masa subur? Seputar kehamilan akan memberikan infonya sesaat lagi.

Cara Menghitung Masa Subur

Untuk menghitung masa subur dapat diketahui dengan dua cara diataranya adalah sebagai berikut:

Sistem Kalender
Menentukan masa subur wanita dapat dihitung saat haid terakhir ditambah 13, lalu waktu prasubur dihitung dengan menambahkan dan mengurangi masing-masing 3 hari. Contohnya, haid anda terakhir jatuh pada tanggal 9, maka saat ovulasi jatuh pada tanggal 22 diambil dari penjumlahan 13+9. Jadi masa prasuburnya antara tanggal 19 (13+9-3) sampai tanggal 25 (13+9+3). Namun cara ini masih kurang efektif dan hanya diperuntukan bagi wanita yang memiliki siklus menstruasinya teratur. Sedangkan yang tidak teratur, masih sulit untuk menerapkan sistem ini. Sistem kelender juga kurang bisa diandalkan untuk mencegah kehamilan, karena pengeluaran sel telur dapat bergeser harinya.

Alat Penghitung Masa Subur
Alatnya berupa tools atau software yang bisa kita temukan secara online. Penggunaannya pun sangatlah mudah, tinggal memasukkan tanggal Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT), maka tools tersebut akan bekerja dan menampilkan tanggal perkiraan masa subur seseorang.

Demikianlah cara menghitung masa subur wanita, Anda bisa menggunakan cara tersebut dalam menentukan masa subur.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.