Selasa, 10 Desember 2013

BUKU TENTANG SOVIET TAJIKISTAN

BUKU TENTANG SOVIET TAJIKISTAN

Ivan Taniputera
11 Desember 2013



Judul: Soviet Tajikistan
Pengarang: Pavel Luknitsky
Penerbit: Foreign Languanges Publishing House, Moscow, 1954
Jumlah halaman: 254.
Bahasa: Inggris

Buku ini membahas mengenai kondisi geografis dan seluk beluk Tajikistan, salah satu negara bagian Uni Sovyet. Kini Tajikistan telah merdeka dan menjadi negara berdaulat.  Adapun daftar isinya adalah sebagai berikut:


Pada bagian pengantarnya diulas secara ringkas mengenai sejarah Tajikistan semenjak 1917, dimana pada saat itu Tajikistan merupakan kawasan yang berada di bawah kekuasaan gubernur jenderal Rusia dan khan Bukhara:

"............the Tajik people, who at that time had no state sovereignty, for they were living in territory that was divided between the Russian dominion of Turkestan, ruled by a Governor-General, and the Khanate of Bukhara..."

Terjemahan:

".............bangsa Tajik, yang pada saat itu tidak memiliki kedaulatan negara, karena mereka tinggal di kawasan yang dibagi antara penguasa Rusia atas Turkesta, diperintah oleh seorang gubernur jenderal, dan khan Bukhara...."

Pada halaman 15 dijelaskan mengenai pergolakan di Bukhara, dimana Seid Alim Khan, emir Bukhara menindas kaum revolusioner, sehingga mereka melarikan diri ke Samarkand dan Tashkent.

Emir Bukhara sendiri kemudian didukung oleh Inggris, Jerman, dan pasukan Rusia Putih.

Pada bagian selanjutnya diriwayatkan bahwa hambatan geografis dalam mencapai Bukhara kini telah dipatahkan. Kawasan tersebut telah dapat dicapai dengan pesawat. Diriwayatkan pula perbedaan antara kawasan tersebut dulu dan sekarang.

Berikut ini adalah contoh-contoh halamannya:



Berminat foto kopi hubungi ivan_taniputera@yahoo.com.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.