Senin, 02 Desember 2013

PERTANYAAN MENGENAI CIAMSIE TENTANG PERJODOHAN

PERTANYAAN MENGENAI CIAMSIE TENTANG PERJODOHAN

Ivan Taniputera.
3 November 2013

 
Seseorang menanyakan pada saya mengenai makna ciamsie berikut ini:

Nona lau mencintai lo bong cing
Dimasa lampau ada perjodohan.
Sekilas senyum penuh cinta.
Kedua hati bertaut.
Kaya miskin bukan persoalan.

Hanya saja orang tersebut tidak menyebutkan apa permasalahannya. Namun berdasarkan makna ciamsie tersebut nampak bahwa pertanyaannya adalah seputar relasi antara dua orang, bisa dalam hal percintaan atau kerja sama bisnis. Kita akan mencoba mengartikannya satu persatu.

1.Jika yang ditanyakan masalah percintaan.

Orang itu mungkin menanyakan mengenai apakah ia berjodoh dengan seseorang. Menilik kalimat "kaya miskin bukan persoalan," maka dapat diartikan bahwa:

a.Terdapat perbedaan status sosial antara kedua orang itu.
b.Kemungkinan saat ini jika membangun rumah tangga maka kondisi perekonomian sedang kurang baik.

Meskipun demikian, menilik kalimat "Dimasa lampau ada perjodohan," maka itu berarti bahwa memang antara kedua orang itu ada ikatan perjodohan. Juga kedua orang itu memang telah saling mencintai.

Karenanya, jika menilik arti ciamsie secara keseluruhan, perjodohan ini boleh diteruskan.

2.Jika yang ditanyakan masalah kerja sama bisnis.

Kemungkinan modal satu pihak jauh lebih besar dibandingkan yang lainnya atau bisa juga kondisi bisnis yang hendak dibangun awalnya masih kurang meyakinkan. Namun demikian, secara keseluruhan kerja sama ini boleh diteruskan.

Meskipun demikian, jika orang yang bersangkutan sudah menikah, maka ada kemungkinan terdapat masalah rumah tangga, karena ciamsie di atas nampaknya merupakan jawaban apakah sebuah relasi hendaknya diteruskan atau tidak.

Apabila ditilik kembali makna "Dimasa lampau ada perjodohan," maka jika yang bersangkutan sudah menikah, hal ini mengindikasikan hal tersebut. Di masa lalu memang pernah ada perjodohan berupa pernikahan, dimana kini hubungan perjodohan tersebut hendak ditinjau kembali. Kendati demikian, kedua pihak masih ada cinta.

Demikianlah, kurang lebih makna ciamsie di atas menurut pandangan saya.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.