Senin, 27 Januari 2014

BUKU PRIMBON PUSPA WAHJU YANG LUAR BIASA

BUKU PRIMBON PUSPA WAHJU YANG LUAR BIASA

Ivan Taniputera
28 Januari 2014



Judul: Primbon Puspa Wahju
Pengarang: Go Hway Yong Sianseng
Penerbit: Pustaka "Gajabaru," Surabaja, 1953
Jumlah halaman: 40

Ini adalah buku Primbon yang berisikan beraneka macam hal. Berikut ini adalah daftar isinya.


Terdapat hal-hal menarik yang terdapat dalam buku ini, seperti kias bagi rumah yang penghuninya sakit-sakitan (halaman 26):

"Djikalau dalam sebuah rumah kerapkali terdjadi ganti-berganti penghuninja jang sakit, itulah menandakan bahwa dalam rumah tersebut telah ketempatan hawa-hawa gelap jang membawa kesialan..."

Berikut ini adalah tata cara kiasnya:

Anda hanya perlu menyediakan sebuah piring porselin atau kaca cermin. Selanjutnya pada jam 12 tengah hari atau jam 12 tengah malam, gambarlah pada piring atau cermin tersebut seperti di bawah ini.
Untuk melukisnya boleh gunakan cat atau tinta China. Pekerjaan melukis ini harus diselesaikan pada waktu itu juga dan tidak boleh ditinggal-tinggal atau dilanjutkan lain waktu. Setelah selesai letakkan piring atau cermin yang telah digambari di atas meja yang bersih. Pasanglah tiga batang dupa (hio) dan bersembahyang memohon pada Langit dan Bumi agar mencurahkan kekuatannya pada piring atau cermin, sehingga seluruh rumah dapat dibersihkan dari pengaruh buruk.
Keesokan harinya pada jam yang sama, pasanglah piring atau cermin di depan pintu utama atau pintu kamar orang yang sakit.
Pada halaman 23 terdapat kias penangkal mimpi buruk:

Saat terbangun di pagi hari goreskan gambar garis-garis sebagai berikut di tanah. Membuat garisnya boleh dengan paku atau kayu kecil.



Cara membuatnya adalah tiga garis mendatar (horizontal) terlebih dahulu, yang dimulai dari kiri ke kanan dan atas ke bawah. Selanjutnya baru tiga garis berdiri (vertikal), yang dimulai dari bawah ke atas dan kiri ke kanan.

Sambil menggaris bacalah doa sebagai berikut:

"Bahwa mimpi..... (sebutkan disini bagaimana keadaannja impian) jang semalam itu, dengan ini saja kiaskan. Semoga segala malapetaka atau istiwa jang tidak baik hanja berupa sebagai garisan ini belaka dan hendaknja akan segera terlenjap tanpa meninggalkan bekas-bekasnja."

Apabila Anda terbangun di tengah malam atau menjelang fajar boleh memotong ujung kuku ibu jari kanan dan kiri, seraya mengatakan:

"Dengan ini saja kiasi buat impian tadi itu, mudah-mudahan habis punah segala malapetaka."

Berikut ini adalah contoh halamannya:




Buku ini sangat penting dimiliki oleh para penggemar metafisika.

Berminat fotokopi hubungi ivan_taniputera@yahoo.com.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.