Jumat, 10 Januari 2014

Perawatan Rambut Kering yang Tepat!

Perawatan rambut kering sudah pasti berbeda dengan perawatan rambut yang sehat. Rambut kering kerap kali menjadi penghalang wanita untuk tampil cantik. Bayangkan saja, rambut sebagai mahkota yang menghiasi kepala Anda terlihat kering dan mengembang. Sangat menjengkelkan bukan?
Rambut kering dapat disebabkan akibat perawatan rambut yang kurang benar. Kurangnya nutrisi juga termasuk dalam penyebab utama rambut kering dan mengembang. Banyak faktor lain yang menyebabkan rambut Anda menjadi kering. Berikut beberapa penyebab rambut kering.
Perawatan rambut kering

Faktor Penyebab Rambut Kering


  • Jarang atau bahkan terlalu sering keramas, akibatnya keseimbangan rambut akan terganggu.
  • Kulit kepala Anda mengalami peubahan hormon yang tidak normal.
  • Rambut terkena sinar matahari langsung secara terus-menerus.
  • Penggunaan hair dryer yang salah, misalnya suhu terlalu tinggi atau hairdryer terlalu dekat dengan rambut Anda.
  • Pewarnaan rambut yang biasanya menggunakan bahan kimia aktif atau bahan kimia keras.
  • Akibat efek buruk dari air panas dan klorin pada air kolam renang.
  • Salah memilih shampo yang tidak sesuai dengan rambut Anda.
Faktor-faktor diatas hanyalah sebagian dari penyebab rambut kering. Rambut kering apabila sudah sangat parah mampu menyebabkan rambut rontok. Untuk itu, perawatan rambut kering akan sangat penting bagi Anda yang sering melakukan faktor-faktor penyebab atau pemicu rambut kering diatas. Namun tak usah khawatir, di bawah ini beberapa perawatan rambut kering yang mungkin dapat mengatasi masalah rambut kering Anda.

Perawatan Rambut Kering

  1. Jangan terlalu sering atau terlalu jarang untuk berkeramas. Keramas yang benar yaitu 2-3 hari sekali. Jika terlalu sering berkeramas, minyak alami rambut akan terkikis secara perlahan. Sementara jika jarang keramas, minyak alami pada rambut akan bertumpuk dan lama kelamaan rambut menjadi kering dan terlihat mengembang.
  2. Hari-hati dalam memilih shampo dan kondisioner. Pilih dengan cermat shampo maupun kondisioner yang sesuai dengan kulit kepala Anda. Beberapa kondisioner mengandung alkohol yang mampu membuat rambut kering.
  3. Gunakan jeruk nipis. Ambil air perasan jeruk nipis kemudian usapkan pada kulit kepala dan rambut Anda. Pijat secara perlahan lalu diamkan kira-kira 30 menit. Setelah itu bilas menggunakan air bersih. Jeruk nipis juga bermanfaat sebagai pencerah wajah. Ingin tahu lebih lanjut? Baca Cara Mencerahkan Wajah Secara Alami.
  4. Urai rambut ketika tidur. Jika Anda adalah wanita yang suka menggunakan bando atau ikat rambut, maka lepaslah ketika Anda tidur. Ketika rambut Anda terurai maka akar rambut akan lebih leluasa untuk bernafas.
  5. Jangan berkeramas menggunakan air panas. Berkeramas menggunakan air panas akan membuat rambut kehilangan nutrisi, rusak, dan cepat kering.
  6. Gunakan masker rambut. Anda dapat menggunakan masker rambut jika rambut Anda sudah benar-benar kering dan rusak. Anda dapat menggunakan masker alami seperti buah alpukat dan minyak zaitun.
Semoga beberapa cara perawatan rambut diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Selanjutnya baca Cara Merawat Rambut Secara Alami. Untuk informasi mengenai tips-tips menarik mengenai wanita, kunjungi Kecantikan dan Kesehatan Wanita.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.