Senin, 17 Februari 2014

BUKU PELAJARAN AGAMA BUDDHA

BUKU PELAJARAN AGAMA BUDDHA

Ivan Taniputera
17 Februari 2014



Judul: Buddhism: Beberapa Azas-Peladjaran Hinayana
Terdapat keterangan: "Diterdjemahkan setjara bebas dan disadur dari "Buddhism" karangan C.H.S. Ward, dengan sekedar pendjelasan oleh penterdjeman."
Penerbit: Duduaku d/a Tata Usaha Harian "Sin Min", Semarang 1957
Jumlah halaman: 52

Buku ini memaparkan ajaran-ajaran Agama Buddha. Berikut ini adalah kutipan dari halaman 3:

"Philosofi dari Buddhism utamakan Psychology, sedang ethikanja tidak dapat dipisahkan sama sekali dari Metaphysikanja. Tudjuan utama dari Philosofi itu bukan berdasarkan intelektuil tetapi mengenakan achlak-mentjapai pembebas dari penderitaan dan ketiada ketentraman dalam penghidupan, tudjuan jang sutji dan agung dari Buddhism, Nirvana.

Dalam Pitakas dinjatakan bahwa Gotama Buddha tidak menaruh minat dalam soal2 metaphysika, baginja soal itu merupakan persoalan jang tidak berikan manfaat dan mengsia-siakan waktu melulu. Sampaipun dalam peladjaran2nja jang keliwat sukar dapat dimengertikan tudjuannja ialah berdasarkan achlak...."

Berikut ini adalah penjelasan mengenai konsep anatta sebagaimana yang terdapat pada halaman 9:

"Dalam keadaan demikian karena kita tidak pula memiliki persepsi ataupun konsepsi bagi terdapatnja "kesatuan", mungkin karena itu Buddha katakan, bahwa pada manusia tiada terdapat sesuatu kesatuan atau suka ialah "tanpa sukma". ......"

Berikut ini adalah contoh-contoh halamannya:



Berminat foto kopi hubungi ivan_taniputera@yahoo.com.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.