Kamis, 20 Maret 2014

ANALISA PASANGAN YANG SIAP MELANGSUNGKAN PERNIKAHAN

ANALISA PASANGAN YANG SIAP MELANGSUNGKAN PERNIKAHAN

Ivan Taniputera
20 Maret 2014

Seorang kawan hendak melangsungkan pernikahan. Ia menanyakan bagaimana rumah tangganya kelak dan apakah hari pernikahannya baik. Untuk menjawab pertanyaan ini, saya akan mencoba menggunakan Ziweidoushu, yakni ilmu perbintangan China.


Berikut ini adalah diagram Ziweidoushunya.


Berdasarkan diagram di atas, maka kepribadiannya adalah sebagai berikut:


Anda merupakan orang yang gemar bertindak sendirian dan biasanya tidak memerlukan bantuan orang lain. Namun hal ini bisa merugikan karena saat membutuhkan bantuan Anda kemungkinan enggan meminta pertolongan orang lain, sehingga akibatnya justru mengalami kegagalan. Bisa mencapai keberhasilan dalam hidup, namun harus mengalami kepahitan atau susah payah terlebih dahulu. Kelebihan atau potensi diri Anda adalah:

cerdik,banyak akal, watak kemandiran keras, dan berani menempuh bahaya. Anda juga tidak takut susah payah.

Anda dari luar nampak keras namun sesungguhnya berhati lembut. Anda tidak mau merugikan orang lain dan tidak suka berbohong. Anda mempunyai sikap yang pantang menyerah. Dalam keluarga, Anda mencurahkan segenap tenaga untuk mempertahankan kebahagiaan keluarga. Dalam bekerja Anda juga rajin dan jujur. Apabila dihormati oleh orang lain, Anda akan berjuang keras untuk membalas budi mereka.Namun apabila merasa terhina atau dirugikan, Anda tanpa pikir panjang akan memutuskan hubungan dengan orang itu. Anda merupakan orang yang tidak suka menjilat orang lain dan lebih bersikap apa adanya.

Adapun kelemahan Anda adalah:

suka ragu-ragu dalam mengambil keputusan dan suasana hati Anda sering tidak menentu.


Dalam memutuskan sesuatu Anda akan mempunyai banyak sekali pertimbangan. Tetapi sekali suatu keputusan telah dijatuhkan, maka Anda pantang mundur dan akan melaksanakannya dengan sungguh-sungguh serta tak dapat dibatalkan lagi, bahkan tidak gentar apabila harus menempuh bahaya sekalipun.Anda juga merupakan orang yang tidak sembarangan membuat janji. Tetapi sekali berjanji akan ditepati. Anda juga gemar mencari kebenaran yang berasal dari fakta dan bukannya desas desus semata; sehingga terkadang kesannya serius.



Anda merupakan orang yang gemar mengatur rencana bagi diri Anda sendiri, dan tidak mau melepaskan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan yang  menjanjikan. Saat melihat adanya peluang yang baik, Anda akan berupaka keras demi memperolehnya. Namun, patut diwaspadai agar Anda tidak menghalalkan segala cara demi mendapatkan apa yang Anda inginkan.

Karena merupakan orang yang menepati janji, apabila berhutang pada orang lain, Anda biasanya selalu membayarnya tepat waktu. Meskipun demikian, Anda juga tidak suka bila orang lain melanggar janjinya. Dengan demikian, saat orang lain yang berhutang pada Anda, Anda ingin agar pembayarannya juga tepat waktu.

Anda merupakan orang yang lebih mementingkan prinsip dibandingkan persahabatan. Karena itu, Anda tidak segan-segan memutuskan suatu persahabatan atau relasi dengan orang lain, jikalau merasa bahwa hubungan semacam itu telah melanggar prinsip-prinsip hidup yang Anda anut. Ini juga dapat membangkitkan semacam sikap perhitungan dalam diri Anda.

Anda merupakan orang yang cepat dalam mengambil keputusan. Meskipun demikian, yang patut diwaspadai, keputusan itu ada kalanya salah.



Jodoh Anda merupakan kawan yang dahulu pernah dikenalnya, misalnya bekas teman sekolah, bekas teman kerja, dan lain sebagainya.

Sementara itu diagram Ziweidoushu calon istri adalah:



Hubungan dengan salah satu atau kedua orang tua kurang erat.

Adapun kelebihan dan kelemahannya adalah sebagai berikut:
Kelebihan:

  • ·        Pandai membawa diri
  • ·        Pandai berbicara
  • ·        Pergaulan luas
  • ·        Berketrampilan di banyak bidang
  • ·        Gemar kesenian

Kelemahan:

  • ·        Suka bermain-main dan kurang serius melakukan sesuatu.
  • ·        Tidak mau melakukan seseuatu tanpa mendapatkan keuntungan
  • ·        Mudah terpengaruh oleh sesuatu di sekitarnya,sehingga perlu waspada terjatuh dalam kebiasaan buruk.

Anda merupakan orang yang suka bermain-main. Dengan demikian, Anda merupakan orang yang tidak senang berada di rumah. Pada masa kecil lebih suka bermain-main. Semasa dewasa juga senang kegiatan hiburan. Bagi kaum wanita, setelah menikah dan menjadi ibu rumah tangga, saat suami atau anaknya pergi bekerja biasanya akan keluar rumah mengunjungi tetangga sebelah untuk mengobrol. Ia baru akan pulang ke rumah setelah suami atau anaknya pulang. Anda juga memiliki suatu kepandaian tertentu,namun biasanya kepandaian dipergunakan untuk sesuatu yang berkaitan dengan kesenian, kebudayaan, atau bidang non-akademis. Dengan demikian, Anda mempunyai keingin-tahuan yang besar, walaupun tidak harus berkaitan dengan studi akademis.

Terdapat sikap kurang sabar dan murah marah, sehingga perlu dikendalikan.

Suaminya kelak merupakan yang berkuasa di dalam keluarga.

Berdasarkan analisa kepribadian masing-masing di atas, maka dapat diambil kesimpulan dan saran sebagai berikut.

1.Kedua belah pihak punya sifat keras dan ada kalanya ingin mendominasi. Oleh karenanya, harus dibicarakan baik-baik dan jangan saling bersikap mau menang sendiri. Perlu mengembangkan kesabaran.

2.Sama-sama merupakan pemegang prinsip dan kejujuran dalam hidup, sehingga bisa dipercaya serta dihormati banyak orang. Ini tentunya merupakan modal yang sangat berharga.

3.Sama-sama gemar dalam meneliti dan menelaah sesuatu, sehingga pembicaraan antara kedua belah pihak bisa saling menyenangkan.

4.Meskipun demikian, isteri mungkin gemar berjalan-jalan atau keluar rumah. Hal ini mungkin bisa menimbulkan kekesalan suami. Oleh karenanya, juga harus dibicarakan baik-baik.

5.Pasangan yang dapat saling melengkapi, karena isteri merupakan orang yang luwes dalam pergaulan. Sehingga cocok melakukan perundingan atau negosiasi.

Demikianlah analisa kepribadian masing-masing.

Tanggal perkawinan yang dipilih juga cocok bagi kedua belah pihak. Hanya saja rasi (konstelasi) bintang hari itu jatuh pada 柳 (liu) yang kurang baik. Oleh karenanya, sebagai penangkah boleh melepaskan sepasang burung dara putih.

Semoga bermanfaat.

Artikel menarik lainnya silakan kunjungi https://www.facebook.com/groups/339499392807581/

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.