Sabtu, 15 Maret 2014

Faktor Penyebab Sperma Encer

Sperma adalah sel reproduksi laki-laki, yang bergabung dengan mitra perempuan mereka, telur, untuk memicu proses pembuahan yang pada akhirnya bertanggung jawab untuk reproduksi. Sel sperma manusia adalah haploid, yang berarti mengandung setengah kromosom sel yang khas. Hal ini memungkinkan kombinasi dari sperma dan telur, juga haploid, untuk memenuhi 46 kromosom khas sel diploid.

Faktor Penyebab Sperma Encer

Ada banyak faktor penyebab yang memicu sperma pria menjadi encer. Untuk itu cobalah anda simak dan baca informasi berikut ini apa saja faktor penyebab sperma encer yang harus anda perhatikan, diantaranya :

1. Faktor Suhu

Jika bekerja di luar ruangan atau terbiasa bekerja di udara terbuka, suhu yang panas akan membuat testis merasa panas atau gerah, sehingga testis tidak mampu bekerja secara maksimal apabila di sekitar alat vital anda terganggu hanya karena suhu. Testis setiap saat menghasilkan sperma. Untuk itu cobalah anda memakai bahan pakaian dalam yang terbuat dari bahan katun dan tidak terlalu ketat agar mampu menyerap keringat dengan baik

2. Sering melakukan masturbasi atau onani secara berlebihan

Pria yang suka melakukan masturbasi atau onani, akan berdampak buruk pada penurunan jumlah sperma yang dimilikinya, sehingga memunculkan sperma yang tidak normal. Selain itu dapat berakibat pada masalah ejakulasi dini.

3. Suka Mengenakan celana jeans atau celana dalam yang ketat

Jangan memakai celana dalam atau celana jeans yang ketat juga dapat menyebabkan jumlah sperma menurun. Selain itu membuat penis anda seperti terjepit, sehingga membuat kerja testis atau penis terasa panas dan juga membuat gerak penis dan sperma kurang baik.

4. Mengalami gangguan hormon seperti hormon testosteron dan kurangnya hormon FSH (Folicel Stimulating Hormone ) dan berlebihnya hormon prolaktin

Gangguan pada hormon testosteron dapat disebabkan oleh banyak hal misalnya dari pola makan yang tidak sehat, gaya hidup anda yang berlebihan. Semuanya berpengaruh pada hormon penting dari semua sekian hormon yang dimiliki pria.

5. Faktor psikologis

Faktor psikologis seperti rasa stress, cemas atau takut tidak dapat memberikan kepuasaan pada pasangan juga merupakan salah satu penyebab sperma encer, jumlah sperma menjadi sedikit. Jika pikiran anda merasa tidak nyaman karena faktor kelelahan dari rutinitas juga dapat menyebabkan sperma menjadi menurun dan kerja sperma semakin melemah mengikuti keadaan fisik yang sedang dirasakan, karena sperma memiliki kaitan erat dengan segala macam rasa dalam faktor psikologis. Semakin baik mood anda, makan baik pula sperma yang dihasilkan.

6. Kurangnya konsumsi nutrisi dan segala jenis vitamin yang banyak mengandung vitamnin C, mineral, zat besi, serat, selenium dan zinc.

7. Keadaan lingkungan

Satu contoh mengapa keadaan lingkungan termasuk dalam salah satu faktor penyebab sperma encer atau sperma tidak sehat. Alasannya karena keadaan linkungan yang bersih dan nyaman dapat membawa suasana hati yang senang. Saat ini sudah banyak pencemaran udara melalui lingkungan yang tidak sehat, bukankah lingkungan yang sehat mencerminkan diri dan jiwa yang sehat pula.

8. Gaya hidup yang tidak sehat dan kebiasaan buruk atau berlebihan

Gaya hidup di jaman yang serba modern dan canggih mempengaruhi diri untuk menikmati segala sesuatu yang menurut diri kita pantas untuk mencobanya. Satu contoh seperti : suka merokok, mencoba narkoba, minuman alkohol, suka kuliner makanan. Kesemuanya juga mampu memebrikan dampak yang buruk tidak hanya bagi kesehatan tubuh anda secara menyeluruh namun kesehatan reproduksi anda pun bisa ikut terganggu. Minuman alkohol dengan kandungan utama nikotin sebagian dari mereka yang pernah mengkonsumsi memang memberikan efek menyenangkan sesaat namun lama-kelamaan berdampak pada kesehatan anda, menurunnya gairah seksual yang menyenangkan, produksi hormon dan jumlah sperma semakin menurun. Makanan berlemak tinggi juga dapat memberi dampak negatif, karena lemak berlebih dalam darah akan sulit untuk diurai dan membuat aliran darah menjadi terhambat efek yang terjadi kegemukan. Kesemua hal dari gaya hidup dan kebiasaan buruk tentunya akan memberi dampak negatif yang bisa langsung anda dapatkan.

9. Riwayat penyakit

Keadaan manusia yang satu dengan yang lainnya tentunya sangat berbeda, begitu pula dengan masalah seksualitas. Penyakit apapun pastinya akan memberi dampak pada tingkat kesehatan dan kualitas hubungan seksual anda dengan pasangan. Penyakit seperti diabetes, jantung, kolesterol, tekanan darah tinggi dsb juga sangat mempengaruhi produksi hormon dan produksi sperma, seiring dengan berjalannya usia.

10. Faktor usia

Ada beberapa sebagian masyarakat berpendapat bahwa jika seorang pria telah memasuki usia 40-50 tahun akan mengalami pubertas yang kedua dalam arti seorang pria merasa seperti memiliki gairah baru sehingga keinginan berseksual juga semakin tinggi. Namun dengan usia yang terbilang cukup tua seorang pria akan kehilangan kepadatan dari bentuk sperma, menurunnya jumlah sperma, dan kemampuan akan gerak sperma jika ia masih ingin memiliki keturunan. Oleh sebabnya usia juga merupakan salah satu penyebab sperma encer,l hal ini dipicu karena semakin bertambahnya usia terkadang sebagian pria atau dari pasangannya aktivitas seksual akan semakin menurun begitu juga dengan gairah seksual semakin rendah.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.