Kamis, 13 Maret 2014

Manfaat Belimbing Wuluh

Manfaat belimbing wuluh - banyak orang yang mengira bahwa belimbing wuluh hanyalah bahan tambahan dalam membuat bumbu masakan. Namun ternyata lebih dari itu, belimbing wuluh memiliki khasiat dalam kesehatan.

http://4.bp.blogspot.com/_7LuXRNdhW9E/S8TPz8kiHDI/AAAAAAAAADM/ANWFBvzFhHM/s1600/belimbing_wuluh.jpg

Belimbing wuluh atau Averrhoa Bilimbi. L adalah jenis tanaman pohon kecil, tingginya mampu mencapai 10 meter dengan batang tidak begitu besar dan mempunyai garis tengah hanya pohon buah.

Buah belimbing wuluh berbentuk bulat, lonjong, persegi panjang 4-6 cm dengan warna kekuningan bila telah masak, banyak airnya dan rasanya masam. Sedangkan bentuk bijinya bulat telur, gepeng, manfaat belimbing wuluh sangat banyak sekali dibidang makanan rasa asam yang terdapat didalam belimbing wuluh dimanfaatkan sebagai sirop penyegar, bahan penyedap masakan, membersihkan noda pada kain dan juga dapat dimanfaatkan untuk membersihkan tangan yang kotor.

Kandungan Belimbing Wuluh

  1. Mengandung vitamin C, Vitamin A dan Vitamin B1
  2. Mengandung Fosfor, Kalsium, Kalium/Potasium dan Mineral besi

Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan :

  1. Mengontrol insulin dan gula darah serta mengendalikan diabetes
  2. Menurunkan tekanan darah tinggi
  3. Mengobati penyakit batuk, sakit gigi akibat gigi berlubang serta menghilangkan jerawat pada wajah
  4. Dapat mengobati penyakit rematik,cacar air, wasir serta demam
  5. Dapat mengobati gondongan
  6. Mencegah kanker dan memperlancar saluran pencernaan
  7. Sebagai obat sariawan dan obat sesak nafas
  8. Belimbing wuluh juga dapat mengobati panu dan pegal linu

Selain buah nya yang mempunyai banyak manfaat batang, daun, dan bunganya juga bisa di gunakan karena mengandung senyawa di antaranya, tannin, glukosa, saponin, kalium yang banyak manfaat nya untuk kesehatan tubuh.

Selain itu belimbing wuluh juga mempunyai banyak manfaat untuk kecantikan, karena belimbing wuluh mengandung pektin, tanin, oksalat, asam galat, flavonoid, dan asam ferula yang bermanfaat untuk kecantikan. Antioksidan yang terkadung dalam belimbing wuluh juga bermanfaat untuk menjaga kulit dari radikal bebas. Manfaat lain dari belimbing wuluh antara lain:
  • Menghilangkan minyak yang berlebihan pada wajah
  • Kulit akan terasa awet muda
  • Mengecilkan pori pori pada wajah
  • Mengatasi masalah jerawat
  • Mengobati peradangan kulit

Khasiat belimbing wuluh juga sangat banyak selain dimanfaatkan untuk makanan belimbing wilih juga berkhasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit, diantaranya adalah sariawan, obat tradisional sariawan dari belimbing wuluh juga sangat bagus. Berikut ini adalah beberapa manfaat belimbing wuluh untuk penyakit sariawan.

Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Sariawan

  1. Ambil segenggam bunga belimbing wuluh dan gula jawa secukupnya. Rebus kedua bahan ramuan tersebut dengan 1 cangkir air sampai kental. Biarkan sampai dingin setelah cukup dingin, gunakan untuk mengolah sariawan dan membersihkan mulut
  2. Ambil 3 buah belimbing wuluh, 3 butir bawang merah, 1 buah pala muda, 10 buah daun sariawan, 3/4 sendok teh adas, 3/4 jari polasari. kesemua bahan ramuan tersebut tumbuk sampai lumat. Kemudian remas dengan 3 sendok makan minyak kelapa. Peras lalu saring. Gunakan untuk mengoles luka-luka sariawan. 6-7 kali sehari.

Nah itulah manfaat belimbing wuluh yang dikupas oleh Kecantikan Wanita. Jangan lupa share artikel ini ke facebook dan twitter anda :)

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.