Sabtu, 15 Maret 2014

Resep jamu pencegah gejala kemandulan

Resep jamu pencegah gejala kemandulan
ketidakmampuan seseorang, baik pria maupun wanita untuk menghasilkan keturunan. Kebalikannya adalah kesuburan, dimana kesuburan berarti kemampuan seorang pria atau wanita untuk menghasilkan keturunan. Kesuburan pada seorang pria secara umum dimulai semenjak masa pubertas sampai pada kematiannya, ia akan mampu menghasilkan keturunan. Sedangkan pada seorang wanita ada keterbatasannya, yakni dimulai semenjak masa pubertas sampai masa menopause (berhentinya haid), yakni sekitar usia 45 tahun, sedangkan seorang wanita pada rentang masa kesuburan itu masih dibatasi lagi pada masa-masa atau hari-hari tertentu saja dia akan dapat menghasilkan keturunan bila mengadakan hubungan badan. Pada setiap periode satu bulan atau satu siklus/daur haid antara 26 - 36 hari (berbeda pada setiap wanita) ia hanya memiliki kesempatan antara 5 - 9 hari untuk dapat hamil, bila pada hari-hari itu mengadakan hubungan seksual dengan seorang pria. Masa antara 5 - 9 hari itulah yang sering disebut dengan istilah masa subur.

Gejala dan Tanda Kemandulan

Selain fakta bahwa kehamilan sulit, Anda masih bertanya-tanya tentang gejala dan tanda kemandulan. Gejala utama adalah siklus menstruasi yang di bawah 21 hari atau di atas 35 hari.

Jika Anda masih berusia muda, Anda akan disarankan untuk menunggu selama setahun tetapi jika Anda berusia antara 35 hingga 40 tahun, Anda akan diberitahu untuk mencoba kembali setelah 6 bulan. 

Jika Anda berusia 40 tahun dan memiliki riwayat masa menstruasi menyakitkan dan tidak teratur, penyakit radang panggul, pengobatan kanker, endometriosis atau keguguran berulang, maka ginekolog Anda akan segera mulai melakukan pengujian.

Faktor-Faktor Penting untuk bisa Hamil

Untuk bisa hamil, Anda harus berovulasi dan membutuhkan sperma. Anda harus melakukan persetubuhan secara rutin khususnya selama masa subur Anda. Agar Anda bisa berhasil hamil, proses-proses ini harus selesai dengan sempurna, yakni : indung telur melepaskan telur, telur kemudian dibuahi di tuba falopi(saluran sel telur) , kemudian ia melakukan perjalanan ke rahim untuk menanamkan diri di sana dan ia membutuhkan progesterone agar bisa bertahan hidup untuk beberapa minggu pertama. Gangguan pada setiap tahap proses ini bisa menyebabkan kemandulan wanita.

Penyebab Kemandulan

  1. Kemandulan bisa disebabkan oleh gangguan ovulasi. Atau, bisa juga terjadi dikarenakan regulasi hormon reproduksi yang tidak teratur oleh kelenjar hipotalamus atau pituitari Anda, atau bisa juga dikarenakan oleh indung telur itu sendiri. Jika Anda berovulasi secara tidak teratur atau bahkan sama sekali tidak berovulasi, maka itu adalah petunjuk yang menandakan penyebab kemandulan. Ada 2 hormon yang bekerja merangsang ovulasi yaitu hormon FSH dan hormon LH. Mereka dihasilkan oleh kelenjar pituitari secara rutin. Ketika Anda stres baik dari fisik maupun batin, kegemukan atau kekurusan, atau ketika berat badan Anda turun sekitar 10 % dalam jangka pendek, semua kondisi bisa menyebabkan kemandulan dan tidak haid.
  2. Kadangkala penyakit lainnya dari kelenjar pituitari dapat menyebabkan kekurangan hormon dan produksi kadar prolaktin yang terlalu tinggi bisa menyebabkan kemandulan. Sindrom polikista indung telur menghasilkan hormon androgen sehingga mempengaruhi kemampuan Anda untuk berovulasi. Atau mungkin korpus luteum Anda tidak menghasilkan progesteron yang cukup untuk mempersiapkan dinding rahim Anda menerima sel telur yang telah dibuahi. Gangguan sistem kekebalan tubuh bisa mempengaruhi fungsi indung telur. Hal ini terjadi ketika tubuh Anda sendiri keliru menyerang indung telur sehingga mengakibatkan Anda kehilangan sel-sel telur yang berharga tersebut. Produksi estrogen yang tidak mencukupi juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Kerusakan pada tuba falopi Anda akan menutupi jalan masuknya sperma sehingga sperma tidak bisa melaluinya untuk bertemu dengan sel telur.
  3. Rusaknya tuba falopi bisa disebabkan oleh peradangan pada salurannya, riwayat kehamilan ektopik (di luar rahim), riwayat pembedahan pada perut, panggul atau endometriosis.
  4. Ada juga penyebab lain kemandulan seperti penyempitan atau penyumbatan serviks. Ketika hal ini terjadi, sperma tidak bisa masuk. Polip jinak, tumor rahim atau bekas luka, atau bawaan bentuk rahim yang tidak normal. Setelah mengetahui penyebab-penyebab kemandulan di atas, Anda dan pasangan Anda mungkin akan langsung terdorong untuk segera mengatasi masalah ketidakhamilan Anda sehingga Anda pun memiliki persentase tinggi untuk bisa hamil secara spontan.

Faktor Resiko

  1. Faktor resiko kemandulan termasuk yang telah berusia di atas 32 tahun adalah dikarenakan kualitas sel telur yang berangsur-angsur menurun. Perempuan berusia 35 tahun ke atas memiliki resiko keguguran lebih tinggi. Merokok, obesitas atau kekurusan juga dapat menghalangi ovulasi.
  2. Jika Anda memiliki riwayat penyakit menular seksual seperti Clamydia , kencing nanah (gonorrhea), hal-hal itu bisa merusak tuba falopi. Riwayat seksual memiliki banyak pasangan membuat Anda beresiko lebih tinggi untuk terkena penyakit menular seksual, terutama jika melakukan hubungan seksual tanpa alat kontrasepsi. Alkohol dapat mendatangkan malapetaka bagi ovulasi dan meningkatkan resiko terkena endometriosis. Mengkonsumsi kafein terlalu banyak juga bisa mengurangi kesuburan Anda.

Tes Kesuburan

Tes kesuburan bisa meliputi pengujian ovulasi, hysterosalpingografi(foto rahim dan tuba fallopi), laparoskopi, tes cadangan indung telur dan tes hormon.

Pengobatan untuk Kemandulan

  1. Pengobatan tergantung pada penyebab kemandulan Anda. Ginekolog Anda akan menentukan pilihan terbaik bagi Anda. Pembedahan bisa menjadi pilihan jika Anda memiliki anomali (kelainan) di dalam sistem reproduksi Anda atau dengan mengkonsumsi obat-obatan.
  2. Mengembalikan kesuburan Anda dengan merangsang ovulasi lewat obat kesuburan memiliki beberapa resiko seperti kelahiran berganda, ketidaknyamanan dan pembesaran rahim.
  3. Pembuangan jaringan, operasi pelancaran saluran tuba dan operasi tuba dapat dilakukan ketika saluran tuba falopi Anda tersumbat atau terblokir.
  4. Reproduksi bantuan seperti fertilisasiin vivo (IVF) atau inseminasi buatan ketika sel telur yang matang diambil dari indung telur, dibuahi oleh sperma dan dipindahkan ke dalam rahim Anda dalam waktu 3 hingga 5 hari. IVF bisa dilakukan jika tuba falopi Anda tesumbat secara permanen, menderita endometriosis, kemandulan yang tidak bisa dijelaskan penyebabnya, kemandulan yang diakibatkan serviks, kemandulan pria dan gangguan ovulasi.

Resep jamu pencegah gejala kemandulan dibawah ini 
  1. Segenggam daun pegaga,batang bartowali,daun kemukus,dan daun sambeloto,semua dengan ukuran yang sama,dapat anda beli pada tukang jamu godok dipasar,
  2. semua bahan direbus dengan satu liter air,biarkan mendidih dan rebus agak lama sehingga menjadi setengah liter air,diminum dengan sebutir kuning telur
  3. ayam setiap pagi,selang satu hari lakukanlah dengan teratur selang satu hari.
  4. Untuk malam hari anda dapat meminum resep tambahan sebagai berikut : satu buah nanas,seikat kecil dan seledri,sejumput buah kapri,semua dipipih halus
  5. dan diperas,dapat juga ditambah dengan sedikit air matang,agar mudah meremas dan memeras airnya,kemudian disaring dan diminum
  6. selang pada malam hari menjelang tidur,secara ruting.Insya Allah.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.