Kamis, 23 Oktober 2014

Alas Sepatu Untuk Mengatasi Telapak Kaki Datar



Seseorang dengan telapak kaki datar (lengkungan jatuh) memiliki lengkungan rendah atau tidak ada lengkungan sama sekali.

Sebagian besar kasus tidak menimbulkan masalah dan pengobatan biasanya tidak diperlukan.

Lengkungan, atau punggung kaki, merupakan bagian dalam kaki yang biasanya diangkat dari tanah ketika Anda berdiri, sedangkan sisanya dari kaki tetap rata dengan tanah.

Kebanyakan orang memiliki ruang terlihat pada bagian dalam dari kaki mereka (lengkungan). Ketinggian lengkungan bervariasi dari orang ke orang.

Apakah saya memiliki kaki datar?


Kaki datar mudah untuk mengidentifikasi sambil berdiri atau berjalan. Ketika seseorang dengan kaki datar berdiri, kaki atau lengkungan bagian dalam merata dan kaki mereka dapat dimasukkan ke bagian dalam. Hal ini dikenal sebagai overpronation.

Untuk melihat apakah overpronates kaki Anda, berjinjit atau mendorong jempol kaki Anda kembali sejauh mungkin. Jika lengkungan kaki Anda tidak muncul, kaki Anda cenderung overpronate ketika Anda berjalan atau berlari.

Ini bisa sulit untuk mengatakan apakah seorang anak memiliki kaki datar karena lengkungan mereka mungkin tidak sepenuhnya berkembang sampai mereka 10 tahun.

Penyebab kaki datar

Memiliki rendah atau tidak ada lengkungan yang biasa bagi sebagian orang. Dalam kasus ini, kaki datar biasanya diwariskan dan kaki cukup fleksibel.

Kadang, kaki datar dapat disebabkan oleh kelainan yang berkembang di dalam rahim, seperti masalah dengan sendi atau di mana dua atau lebih tulang yang menyatu bersama-sama. Hal ini dikenal sebagai koalisi tarsal dan hasil pada kaki yang datar dan kaku.

Kaki datar yang berkembang di kemudian hari dapat disebabkan oleh suatu kondisi yang mempengaruhi sendi, seperti arthritis, atau cedera otot, tendon atau sendi di kaki.

Kondisi yang mempengaruhi sistem saraf (otak dan sumsum tulang belakang) juga dapat menyebabkan lengkungan jatuh. Seiring waktu, otot-otot secara bertahap menjadi kaku dan lemah dan kehilangan fleksibilitas mereka. Kondisi di mana hal ini dapat terjadi antara lain cerebral palsy, spina bifida dan distrofi otot.

Kaki datar yang diperoleh dewasa sering mempengaruhi wanita di atas usia 40 tahun. Ini sering kali tidak terdiagnosis dan terjadi ketika tendon yang mendukung lengkungan kaki secara bertahap membentang dari waktu ke waktu.

Ini tidak sepenuhnya mengerti apa yang menyebabkan tendon untuk menjadi teregang, tetapi beberapa ahli percaya bahwa mengenakan sepatu hak tinggi dan berdiri atau berjalan untuk waktu yang lama mungkin memainkan peran. Obesitas, tekanan darah tinggi (hipertensi) dan diabetes merupakan faktor-faktor risiko.

Penelitian terbaru telah menemukan hubungan dengan perubahan pada tendon di kaki dan peningkatan sejenis protein yang disebut enzim proteolitik. Enzim ini dapat memecah beberapa daerah tendon, melemahnya dan menyebabkan lengkungan kaki jatuh. Perubahan serupa juga terlihat dalam kondisi lain, seperti Achilles tendonitis.

Hal ini dapat memiliki implikasi penting untuk mengobati kaki datar karena obat yang secara khusus menargetkan enzim ini bisa memberikan alternatif untuk operasi. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan dan jenis pengobatan dianggap sekitar 10 sampai 15 tahun lagi.
Masalah yang disebabkan oleh kaki datar

Kaki datar biasanya tidak menyebabkan masalah, tetapi mereka dapat menempatkan ketegangan pada otot dan ligamen (ligamen menghubungkan dua tulang bersama di sendi). Hal ini dapat menyebabkan sakit di kaki Anda ketika Anda berjalan.

Jika Anda memiliki kaki datar, Anda mungkin mengalami rasa sakit di salah satu bidang berikut:

  •      bagian dalam pergelangan kaki Anda
  •      lengkungan kaki Anda
  •      sisi luar kaki Anda
  •      betis
  •      lutut, pinggul atau punggung

Beberapa orang dengan kaki datar menemukan bahwa berat badan mereka tidak merata, terutama jika kaki mereka gulungan ke dalam terlalu banyak (overpronates). Jika overpronates kaki Anda, sepatu Anda cenderung cepat aus. Overpronation juga dapat merusak sendi pergelangan kaki Anda dan Achilles tendon (tendon besar di bagian belakang pergelangan kaki Anda).
Ketika melihat dokter

Lihat dokter jika Anda atau anak Anda memiliki kaki datar dan Anda:

  •      kaki yang menyakitkan, bahkan ketika mengenakan mendukung, sepatu yang pas
  •      sepatu aus sangat cepat
  •      kaki tampaknya semakin datar
  •      kaki lemah, mati rasa atau kaku

GP Anda dapat merujuk Anda ke ahli penyakit kaki (spesialis kaki).
Mengobati kaki datar

Pengobatan biasanya tidak diperlukan untuk kaki datar karena kondisi biasanya tidak menimbulkan masalah yang signifikan.

Kaki sakit sering dapat dikurangi dengan memakai sepatu yang mendukung yang sesuai dengan benar. Anda mungkin perlu memakai sepatu yang lebih luas dari biasanya.





Jika kaki Anda overpronate, Anda mungkin perlu memakai insole khusus (sebuah orthotic) di dalam sepatu Anda untuk menghentikan kaki Anda bergulir ke dalam ketika Anda berjalan atau berlari. Ini biasanya akan perlu dibuat dan dipasang oleh ahli penyakit kaki.






Peregangan betis dan Achilles tendon juga dapat membantu sebagai Achilles ketat dapat membuat overpronate kaki Anda. Untuk meregangkan betis dan Achilles tendon:



  •      langkah ke depan dengan kaki kiri dan menekuk, dengan kaki kanan lurus dan kedua kaki mengarah ke depan (lihat gambar)
  •      mendorong tumit kanan Anda ke dalam tanah sambil menjaga kaki kanan lurus; Anda harus merasakan peregangan di bagian belakang kaki kanan Anda, di bawah lutut
  •      terus peregangan selama 15 sampai 30 detik dan ulangi dengan kaki yang berlawanan
  •      ulangi peregangan dua sampai empat kali pada setiap kaki, dan ulangi latihan keseluruhan tiga sampai empat kali sehari

Ketika pembedahan mungkin diperlukan

Dalam kasus yang jarang terjadi, pembedahan mungkin diperlukan jika anak memiliki kaki datar disebabkan oleh masalah mereka lahir dengan (kelainan bawaan). Kaki mungkin perlu diluruskan atau tulang mungkin perlu dipisahkan jika mereka menyatu bersama-sama.

Obat penghilang rasa sakit dan sol adalah pilihan pengobatan pertama untuk kaki datar yang disebabkan oleh masalah bersama, seperti arthritis atau tendon robek. Namun, operasi mungkin direkomendasikan apabila cedera atau kondisi yang sangat mempengaruhi kaki Anda.

Dimana kaki datar disebabkan oleh suatu kondisi yang mempengaruhi sistem saraf, sepatu khusus, sol, atau kaki atau kaki mendukung kawat gigi mungkin diperlukan. Sekali lagi, dalam kasus yang parah, operasi mungkin diperlukan untuk meluruskan kaki.

Medial Arch Support



arch support ini terbuat dari bahan spon halus yang sangat lembut sehingga sangat nyaman dipakai. arch support ini berfungsi membentuk arcus/lengkung pada telapak kaki. dipakai oleh penderita kaki datar/kaki rata/flat foot. 

Untuk melihat semua daftar alat kesehatan dan spesifikasi harga, silahkan masuk ke www.orthoshoping.com
Untuk pemesanan alat dapat menghubungi:
Nugroho : 085 867 374 002
Pin BB: 74D605CD

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.