Sabtu, 24 Januari 2015

bentuk kaki bayi bengkok ke dalam (CTEV) | penanganan kelainan kaki bayi


Apa kaki pengkor?

Clubfoot (juga disebut talipes equinovarus) adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan berbagai posisi yang tidak biasa pada kaki. Masing-masing karakteristik berikut mungkin ada, dan masing-masing dapat bervariasi dari ringan sampai berat:

     Kaki (terutama tumit) biasanya lebih kecil dari biasanya.
     Kaki mungkin mengarah ke bawah /  ke samping.
     Bagian depan kaki bisa diputar ke arah kaki yang lain.
     Kaki bisa berubah, dan dalam kasus yang ekstrim, bagian bawah kaki dapat menunjuk ke atas.

Kebanyakan jenis kaki pengkor yang hadir pada saat lahir (kongenital kaki pengkor). Kaki pengkor bisa terjadi dalam satu kaki atau kedua kaki. Dalam hampir setengah dari bayi yang terkena, kedua kaki yang terlibat.

Meskipun kaki pengkor tidak menimbulkan rasa sakit pada bayi, pengobatan harus segera dilaksanakan. Kaki pengkor dapat menyebabkan masalah yang signifikan sebagai anak tumbuh. Tapi dengan pengobatan dini kebanyakan anak yang lahir dengan kaki pengkor dapat menjalani hidup normal.

Apa yang menyebabkan kaki pengkor?

Dalam beberapa kasus, kaki pengkor hanyalah hasil dari posisi bayi ketika sedang berkembang di dalam rahim (kaki pengkor postural) ibu.

Tapi lebih sering kaki pengkor disebabkan oleh kombinasi faktor genetik dan lingkungan yang tidak dipahami dengan baik. Jika seseorang dalam keluarga Anda memiliki kaki pengkor, maka itu lebih mungkin terjadi pada bayi Anda. Jika keluarga Anda memiliki satu anak dengan kaki pengkor, kemungkinan bayi kedua memiliki peningkatan kondisi.

Kaki pengkor hadir pada saat lahir dapat menunjukkan lebih lanjut masalah kesehatan karena kaki pengkor dapat dihubungkan dengan kondisi lain seperti spina bifida. Untuk alasan ini, segera setelah kaki pengkor adalah melihat, penting bahwa bayi akan diperiksa untuk kondisi kesehatan lainnya. Kaki pengkor juga dapat menjadi hasil dari masalah yang mempengaruhi sistem saraf, otot, dan tulang, seperti stroke atau cedera otak.

Apa saja gejala kaki pengkor?

Kaki pengkor tidak menimbulkan rasa sakit pada bayi, namun pada akhirnya dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan menjadi cacat nyata. Diobati, kaki pengkor tidak memperbaiki diri sendiri. Kaki akan tetap bengkok keluar dari bentuk, dan kaki yang terkena mungkin lebih pendek dan lebih kecil dari yang lain. Gejala-gejala ini menjadi lebih jelas dan lebih dari masalah sebagai anak tumbuh. Ada juga masalah dengan pas sepatu dan berpartisipasi dalam bermain normal. Pengobatan yang dimulai segera setelah lahir dapat membantu mengatasi masalah ini.

Bagaimana kaki pengkor didiagnosis?

USG dilakukan ketika bayi berada dalam rahim kadang-kadang dapat mendeteksi kaki pengkor. Hal ini lebih umum bagi dokter untuk mendiagnosa kondisi setelah bayi lahir, meskipun, berdasarkan penampilan dan mobilitas kaki dan kaki. Dalam beberapa kasus, terutama jika kaki pengkor disebabkan hanya untuk posisi bayi yang sedang tumbuh (kaki pengkor postural), kaki fleksibel dan dapat dipindahkan ke posisi normal atau mendekati normal setelah bayi lahir. Dalam kasus lain, kaki lebih kaku atau kaku, dan otot-otot di bagian belakang betis yang sangat ketat.

Sinar-X mungkin tidak membantu untuk mengkonfirmasi diagnosis. Beberapa kaki dan pergelangan kaki tulang bayi tidak sepenuhnya kaku (diisi dengan bahan tulang) dan tidak menunjukkan baik pada X-ray.

Bagaimana kaki pengkor diobati?

Ketika pengobatan untuk kaki pengkor dimulai segera setelah lahir, kaki tumbuh stabil dan diposisikan untuk menanggung berat badan untuk berdiri dan bergerak dengan nyaman.

Nonsurgical perawatan seperti pengecoran atau belat biasanya mencoba pertama. Kaki (atau kaki) dipindahkan (dimanipulasi) ke posisi paling normal mungkin dan mengadakan (bergerak) dalam posisi sampai pengobatan selanjutnya. Di Kanada dan Amerika Serikat ini biasanya dilakukan dengan gips, namun di beberapa negara tegap dengan pita perekat atau belat lebih umum. Prosedur manipulasi dan imobilisasi ini diulang setiap 1 sampai 2 minggu selama 2 sampai 4 bulan, bergerak kaki sedikit lebih dekat menuju posisi normal setiap kali. Beberapa anak memiliki cukup perbaikan yang hanya perawatan lebih lanjut adalah untuk menjaga kaki dalam posisi dikoreksi oleh splinting seperti tumbuh.

Dua metode umum manipulasi dan pengecoran adalah "tradisional" dan Ponseti (Iowa) metode. Dalam pengobatan tradisional, salah satu posisi kaki pada suatu waktu diperlakukan dengan manipulasi dan casting. Biasanya, arah ke dalam bagian depan kaki diperbaiki terlebih dahulu. Jika kaki tidak responsif, operasi besar dilakukan untuk lebih meluruskan kaki.

Dalam metode Ponseti, dua masalah dengan posisi kaki (bagian depan kaki yang berubah di atas) dikoreksi pada waktu yang sama. Menjelang akhir seri coran, jika seluruh kaki menunjuk ke bawah, anak-anak yang diobati dengan metode ini masih membutuhkan operasi kecil untuk memperpanjang ketat Achilles tendon. Ini biasanya merupakan prosedur rawat jalan. Metode Ponseti bekerja dengan baik jika dimulai segera dan jika petunjuk dokter untuk menguatkan diikuti setelah pengecoran selesai. Ini membantu setidaknya 90 dari 100 anak yang memiliki kaki pengkor.

Bagaimana kaki pengkor diobati? 

Jika beberapa bulan manipulasi progresif dan imobilisasi tidak bergerak kaki ke posisi yang lebih normal, dokter anak Anda mungkin menyarankan operasi. Prosedur bedah yang paling umum adalah untuk memperpanjang atau melepaskan struktur jaringan lunak yang ketat, termasuk ligamen dan tendon seperti kabel tumit (Achilles tendon), dan untuk reposisi tulang pergelangan kaki yang diperlukan. Kawat kecil sering digunakan untuk menahan tulang-tulang di tempat dan kemudian dikeluarkan setelah 4 sampai 6 minggu. Belat atau casting biasanya digunakan setelah operasi untuk menjaga kaki dalam posisi yang benar selama penyembuhan.

Setelah pengobatan baik pembedahan atau operasi, anak Anda biasanya memakai splints untuk jangka waktu untuk menjaga kaki pengkor dari mulai terbentuk lagi. Anak Anda juga harus memiliki pemeriksaan rutin sampai dia berhenti tumbuh. Jika anak Anda menjalani operasi, ia juga mungkin memerlukan terapi fisik.

Sebuah kekambuhan ringan kaki pengkor adalah umum, bahkan setelah pengobatan yang berhasil. Juga, kaki yang terkena akan terus menjadi lebih kecil (sering 1 ½ ukuran sepatu atau kurang) dan kaku dari kaki terpengaruh, dan betis kaki akan lebih kecil. Tapi setelah pengobatan yang paling anak mampu memakai sepatu nyaman dan berjalan, berlari, dan bermain. Jika anak Anda tidak berjalan pada saat dia berusia 18 bulan, Anda mungkin perlu untuk melihat spesialis untuk memastikan bahwa anak Anda tidak memiliki masalah kesehatan lain.
Contoh Sepatu Orthopedi
sepatu orthopaedi
Contoh Dennis Brown Splint
dennisbrown splint
Untuk melihat semua daftar alat kesehatan dan spesifikasi harga, silahkan masuk ke www.orthoshoping.com
Untuk pemesanan alat dapat menghubungi:
Nugroho : 085 867 374 002 (sms OK)

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.