Sabtu, 24 Januari 2015

Cara Menghilangkan Bau Badan Dan Bau Kaki Karena Keringat Berlebih

Bau badan adalah bau tak sedap yang dapat terjadi ketika setelah Anda berkeringat. Keringat manusia sebagian besar tidak berbau. Namun, bakteri yang hidup pada kulit dapat memecah keringat menjadi asam, yang menyebabkan bau badan yang tidak menyenangkan. Semua orang yang telah melewati usia pubertas dapat mengalami masalah bau badan. Pubertas biasanya terjadi antara usia 14-16 tahun pada anak perempuan, dan 15-17 tahun pada laki-laki. Faktor-faktor penyebab bau badan meliputi:
  • Menjadi gemuk.
  • Mengonsumsi makanan pedas.
  • Memiliki kondisi medis tertentu, seperti diabetes.
Sebagai laki-laki cenderung lebih banyak berkeringat daripada wanita, mereka lebih cenderung memiliki masalah bau badan.

Keringat berlebihan ( hiperhidrosis )

Sekitar 1% dari semua manusia memiliki kondisi yang disebut hiperhidrosis, yang menyebabkan mereka berkeringat berlebihan. Namun, mereka dengan hiperhidrosis cenderung tidak mengalami masalah bau badan karena keringat yang mereka hasilkan terlalu asin bagi bakteri.

Kelenjar keringat

Tubuh manusia mengandung antara 3-4 juta kelenjar keringat. Ada dua jenis kelenjar yang diuraikan di bawah ini.
  • Kelenjar ekrin - tersebar di kulit Anda dan bertanggung jawab untuk mengatur suhu tubuh Anda dengan pendinginan kulit dengan keringat ketika Anda merasa panas.
  • Kelenjar Aprocrine - tersebar di ketiak Anda, area genital dan payudara. Kelenjar Aprocrine adalah kelenjar berbau karena mereka melepaskan bahan kimia beraroma dikenal sebagai feromon.
Untuk cara menghilangkan bau badan, Anda tidak perlu ke dokter karena Anda dapat berhasil mengobati masalah dengan mengadopsi beberapa teknik perawatan diri yang tepat dirumah.

Penyebab bau kaki

Alasan bahwa kaki bisa menjadi bau adalah karena kebanyakan orang memakai kaus kaki dan sepatu. Ini berarti bahwa keringat tidak dapat menguap dengan baik, yang memberikan bakteri kesempatan untuk memecah keringat. Kelembaban yang terakumulasi di sekitar kaki Anda dapat mendorong pertumbuhan jamur, yang juga dapat menyebabkan bau kaki tidak sedap.

Kapan sebaiknya Anda ke dokter?

Cara Menghilangkan Bau Badan Dan Bau Kaki Karena Keringat Berlebih

Ada beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan perubahan dalam seberapa banyak Anda berkeringat, atau mengapa keringat Anda bau. Misalnya, menopause atau kelenjar tiroid terlalu aktif (hipertiroidisme) dapat meningkatkan jumlah keringat. Sementara diabetes atau penyakit ginjal dapat menghasilkan perubahan bau badan Anda. Kondisi ini kadang-kadang bisa serius sehingga Anda harus ket dokter jika Anda mengalami salah satu gejala di bawah ini:
  • Anda selalu berkeringat di malam hari,
  • Anda tiba-tiba mulai berkeringat lebih banyak dari biasanya, dan tanpa alasan yang jelas
  • Anda selalu berkeringat dingin,
  • Anda melihat perubahan dalam bau tubuh Anda; bau buah dapat menunjukkan diabetes, sementara bau seperti pemutih bisa disebabkan oleh penyakit hati atau ginjal.

Ketiak Anda terdapat sebagian besar kelenjar arocrine. Oleh karena itu, Anda harus mencoba untuk menjaga agar bersih dan bebas dari bakteri untuk membantu mencegah dan mengatasi bau badan. Saran perawatan diri tercantum di bawah mungkin dapat membantu mencegah bau tubuh:
  • Mandi air hangat sekali sehari. Air hangat akan membantu untuk membunuh bakteri pada kulit Anda.
  • Cuci ketiak Anda menggunakan sabun anti-bakteri.
  • Gunakan deodoran, atau antiperspirant setelah mandi. Deodoran membuat kulit Anda lebih asam, yang membantu untuk mengusir bakteri. Antiperspirant memblokir kelenjar keringat Anda sehingga Anda berkeringat lebih sedikit.
  • Cukur ketiak Anda secara rutin sehingga keringat menguap lebih cepat, dan memberikan waktu lebih sedikit pada bakteri untuk memecahnya.
  • Kenakan pakaian yang terbuat dari wol, sutra, atau katun. Ini akan memungkinkan kulit Anda bernafas, yang berarti bahwa keringat Anda akan menguap lebih cepat.
  • Batasi konsumsi makanan pedas seperti kari atau bawang putih karena mereka bisa membuat keringat Anda bau. Ada juga beberapa bukti bahwa orang yang makan banyak daging merah cenderung memiliki bau badan yang lebih buruk.

 Cara mencegah dan menghilangkan bau kaki

Kaki bau biasanya tidak sebesar masalah seperti bau ketiak karena bau kaki biasanya disembunyikan dengan memakai sepatu dan kaus kaki. Namun, ini dapat menjadi sumber rasa malu ketika Anda berada di rumah dengan pasangan, anggota keluarga, atau lainnya. Saran yang tercantum di bawah merupakan beberapa cara menghilangkan bau kaki yang cukup efektif:
  • Kenakan kaus kaki yang terbuat dari wol karena ini memungkinkan keringat dapat menguap. Pastikan bahwa Anda memakai sepasang kaus kaki yang bersih setiap hari.
  • Hindari memakai sepatu yang memiliki lapisan plastik pada jangka waktu yang lama karena ini akan menjebak keringat di sekitar kaki Anda dan menyebabkan bau kaki. Sepatu dengan lapisan kulit akan lebih baik.
  • Rendam kaki Anda dengan air hangat setiap hari. Anda dapat menambahkan beberapa tetes minyak pohon teh ke air karena memiliki sifat anti bakteri penyebab bau kaki Anda. Setelah mencuci kaki Anda, keringkan seluruhnya. Jangan oleskan minyak pohon teh langsung ke kulit Anda karena dapat menyebabkan iritasi parah.
  • Jika Anda memiliki bercak kulit mati pada telapak kaki Anda, hilangkan dengan menggunakan batu apung. Kulit mati menyediakan tempat bagi bakteri untuk berkembang biak.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.