Senin, 12 Januari 2015

Cari Penyebab Keputihan Pada Wanita

Keputihan Tidak Normal

Keputihan pada wanita merupakan hal yang paling sering terjadi dan itu biasa. Namun demikian, keputihan juga dapat menunjukkan infeksi. Keputihan pada wanita yang abnormal dapat berwarna kuning atau hijau dan memiliki bau busuk. Penyebab keputihan yang tidak normal biasanya disebabkan oleh jamur atau infeksi bakteri. Jika anda melihat ada keputihan yang terlihat tidak biasa atau yang berbau busuk, Anda harus mengunjungi dokter untuk pemeriksaan dan pengobatan.

Jenis Keputihan

Ada beberapa jenis keputihan. Jenis keputihan dikategorikan berdasarkan warna dan konsistensi. Beberapa diantaranya adalah normal, sementara yang lain mungkin menunjukkan suatu kondisi yang membutuhkan pengobatan.

Cairan Putih

Sebagian cairan putih, terutama pada awal atau akhir siklus menstruasi Anda adalah normal. Namun, jika keputihan disertai dengan rasa gatal dan menimbulkan bau busuk itu tidak normal dan membutuhkan pengobatan. Penyebab keputihan ini mungkin merupakan dari infeksi jamur.

Keputihan Berwarna Coklat Atau Berdarah

Cairan keputihan pada wanita berwarna coklat atau berdarah biasanya normal, terutama ketika terjadi selama siklus menstruasi Anda. Keputihan pada akhir periode dapat terlihat coklat bukan merah. Anda juga mungkin mengalami keputihan berdarah atau bercak selama periode. Jika bercak terjadi selama waktu normal periode Anda dan Anda baru-baru ini melakukan hubungan seksual tanpa kontrasepsi, ini bisa menjadi tanda kehamilan.

Dalam kasus yang jarang terjadi, Keputihan berwarna coklat atau berdarah bisa menjadi tanda kanker serviks stadium lanjut. Inilah sebabnya mengapa penting untuk melakukan pemeriksaan yang rutin, dimana dokter kandungan akan memeriksa kelainan serviks.

Keputihan Berwarna Kuning atau Hijau

Keputihan pada wanita berwarna kuning atau hijau, tebal, atau disertai dengan bau busuk, itu tidak normal. Penyebab keputihan ini mungkin merupakan dari infeksi trikomoniasis, yang umumnya menyebar melalui hubungan seksual.

Apa Penyebab Keputihan ? Kondisi Ini Mungkin Adalah Penyebab Keputihan Pada Wanita


Keputihan pada wanita normal adalah fungsi tubuh yang sehat, dan cara tubuh Anda membersihkan dan melindungi vagina. Keputihan menjadi meningkat karena olahraga, gairah seksual, ovulasi, penggunaan pil, dan stres emosional. Keputihan yang tidak normal, biasanya disebabkan oleh infeksi.

Cari Penyebab Keputihan Pada Wanita


Bakteri Vaginosis

Bakteri vaginosis adalah infeksi bakteri dan cukup umum. Infeksi ini menyebabkan keputihan pada wanita yang menimbulkan bau busuk yang kuat, meskipun dalam beberapa kasus tidak menimbulkan gejala. Wanita yang melakukan seks oral atau memiliki banyak pasangan seksual memiliki risiko tertular infeksi ini.

Trichomoniasis

Ini adalah jenis infeksi lain, ini disebabkan oleh protozoa. Infeksi ini biasanya ditularkan melalui hubungan seksual, tetapi juga dapat ditularkan karena berbagi memakai handuk atau pakaian renang. Infeksi ini mengakibatkan keputihan berwarna kuning atau hijau yang memiliki bau busuk. Nyeri, peradangan, dan gatal-gatal juga gejala umum, meskipun beberapa orang tidak mengalami gejala apapun.

Gonore dan Klamidia

Dua Infeksi menular seksual ini dapat menyebabkan keputihan yang tidak normal, yang biasanya berwarna kuning.

Penyakit Inflamasi Panggul

Jenis infeksi ini sering disebabkan oleh kontak seksual dan terjadi ketika bakteri menyebar sampai ke vagina dan ke organ-organ reproduksi lainnya. Ini dapat menyebabkan keputihan pada wanita yang menimbulkan bau busuk.

Human Papilloma virus (HPV) atau Kanker Serviks

Infeksi HPV disebabkan oleh kontak seksual, dapat menyebabkan kanker serviks. Sementara mungkin tidak ada gejala, jenis kanker ini dapat menyebabkan keputihan berdarah, berwarna coklat, dan / atau berair dengan bau tak sedap. Kanker serviks dapat dicegah atau ditemukan dengan tes pap smear tahunan dan pengujian HPV.

Waktu Untuk Mencari Bantuan Medis

Jika keputihan yang tidak biasa disertai dengan gejala lain seperti demam, nyeri di perut, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, kelelahan, atau sering buang air kecil, Anda harus menemui dokter sesegera mungkin.

Apa Yang Diharapkan Pada Penunjukan Dokter?

Ketika Anda menemui dokter karena penyebab keputihan yang tidak normal, Anda akan menjalani pemeriksaan fisik, termasuk pemeriksaan panggul. Anda juga dapat mengajukan beberapa pertanyaan tentang gejala-gejala Anda, siklus menstruasi Anda, dan aktivitas seksual Anda. Dalam banyak kasus, infeksi dapat dideteksi oleh pemeriksaan fisik atau panggul.

Jika dokter Anda tidak dapat memeriksa masalah Anda dengan cepat, Anda mungkin harus menjalani beberapa tes berjalan. Dokter Anda mungkin akan mengambil sampel dari leher rahim Anda untuk memeriksa HPV atau kanker serviks. Keputihan Anda juga dapat diperiksa di bawah mikroskop untuk menentukan sumber infeksi. Setelah dokter memberitahu Anda penyebab keputihan, Anda akan diberikan pilihan pengobatan.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.