Senin, 12 Januari 2015

Kanker Ginjal : Penyebab, Gejala Dan Pengobatan Kanker Ginjal

Anda memiliki dua ginjal, ginjal adalah organ tubuh yang berbentuk seperti kacang yang ditemukan di dekat tengah punggung, pada kedua sisi tulang belakang Anda. Ginjal adalah bagian dari sistem urin Anda. Ginjal menyaring darah untuk membuang kelebihan air dan garam serta produk limbah, yang akan dikeluarkan dari tubuh Anda saat buang air keci.

Ginjal juga memproduksi tiga hormon penting, yang merupakan bahan kimia yang diproduksi oleh tubuh Anda.
  • Erythropoietin membantu sumsum tulang untuk membuat sel darah merah.
  • Renin mengontrol tekanan darah Anda.
  • Calcitriol (bentuk vitamin D) membantu usus Anda untuk menyerap kalsium dari makanan Anda.

Tentang Kanker Ginjal

Kanker ginjal adalah kanker paling umum kedelapan di Inggris. Sekitar 9,600 orang terdiagnosis setiap tahun. Kebanyakan orang yang terkena kanker ginjal berumur lebih dari 50 tahun dan mempengaruhi lebih banyak pria daripada wanita. Sedikit bagi orang-orang di bawah umur 50 tahun untuk terkena kanker ginjal. Namun, jenis kanker ginjal yang disebut tumor Wilms '(juga dikenal sebagai nefroblastoma) menyerang anak-anak yang sangat muda.

Biasanya hanya satu ginjal Anda terpengaruh. Kanker bisa tumbuh melalui ginjal dan menyebar ke bagian lain dari tubuh Anda (melalui darah atau sistem limfatik). Sistem limfatik Anda terdiri dari jaringan dan organ yang memproduksi dan menyimpan sel-sel yang melawan infeksi dan penyakit. Ini termasuk sumsum tulang, limpa, timus dan kelenjar getah bening. Penyebaran kanker disebut metastasis.

Jenis Kanker Ginjal

Ada beberapa jenis kanker ginjal. Kanker sel ginjal (Renal cell cancer atau RCC) adalah yang paling umum pada orang dewasa. Lebih dari 8 dari 10 orang dengan kanker ginjal di Inggris adalah jenis ini. Pada kanker sel ginjal (RCC), sel-sel kanker berada di lapisan tubulus. Ini adalah tabung terkecil di dalam ginjal yang membantu untuk menyaring darah dan membuat urin.

Jenis lain dari kanker ginjal meliputi:
  • Kanker sel transisional (Transitional cell cancer atau TCC) mempengaruhi bagian dari ginjal yang disebut pelvis ginjal. Sekitar 8 dari 100 orang yang terkena kanker ginjal di Inggris adalah jenis TCC.
  • Tumor Wilms 'dapat mempengaruhi anak-anak, paling sering mereka yang berusia di bawah lima tahun. Ini berbeda dengan kanker ginjal pada orang dewasa dan jarang - sekitar 70 anak di Inggris terkena tumor Wilms 'setiap tahun.

Gejala Kanker Ginjal

Pada tahap awal, Anda mungkin tidak akan merasakan gejala kanker ginjal. Saat kanker ginjal semakin tumbuh, gejala yang paling umum adalah terdapat darah dalam urin (air kencing).

Ada kemungkinan bahwa Anda juga merasakan benjolan atau pembengkakan di belakang Anda, meskipun sebagian besar kanker ginjal terlalu sulit untuk merasakannya.

Gejala lain dari kanker ginjal mungkin termasuk:
  • Kelelahan
  • Kehilangan nafsu makan
  • Penurunan berat badan
  • Demam
  • Berkeringat di malam hari
  • Nyeri pada punggung
  • Perasaan kurang sehat
Tekanan darah tinggi dan anemia juga mungkin merupakan tanda-tanda kanker ginjal. Jika Anda memiliki gejala-gejala tersebut, kunjungi dokter segera.

Kanker Ginjal


Penyebab Kanker Ginjal

Alasan yang tepat mengapa Anda dapat terkena kanker ginjal tidak sepenuhnya dipahami saat ini. Namun, ada beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko terkena kanker ginjal.
  • Merokok - semakin sering Anda merokok, risiko terkena kanker ginjal lebih besar.
  • Kelebihan berat badan atau obesitas.
  • Riwayat keluarga dengan kanker ginjal.
  • Memiliki keturunan kondisi tertentu, seperti penyakit von Hippel-Lindau.
  • Memiliki penyakit ginjal
  • Pengobatan sebelumnya untuk kanker testis atau kanker leher rahim.
  • Memiliki tekanan darah tinggi - ini dapat disebabkan oleh suatu kondisi dan obat-obatan yang digunakan untuk mengobatinya atau keduanya.
  • Menggunakan obat penghilang rasa sakit berlebihan

Diagnosis Kanker Ginjal

Dokter Anda akan bertanya tentang gejala Anda dan memeriksa Anda. Ia juga akan bertanya tentang riwayat kesehatan Anda.

Dokter Anda mungkin akan menguji sampel urin Anda untuk memeriksa apakah ada darah di dalamnya. Dokter juga dapat mengambil sampel darah untuk pengujian.

Dokter Anda mungkin akan merujuk Anda menemui seorang ahli urologi. Urolog adalah dokter yang mengkhususkan diri dalam mengidentifikasi dan mengobati kondisi yang mempengaruhi sistem kemih. Anda kemudian mungkin ditawarkan pemeriksaan lebih lanjut, yang dapat mencakup berikut ini:
  • Ultrasonografi (USG). Ini menggunakan gelombang suara untuk menghasilkan gambar dari ginjal dan dapat menunjukkan pertumbuhan kanker ginjal.
  • CT scan. Ini menggunakan sinar-X untuk membuat gambar tiga dimensi dari ginjal dan seluruh organ-organ Anda.
  • MRI scan. Ini menggunakan magnet dan gelombang radio untuk menghasilkan gambar dari bagian dalam ginjal Anda.
  • Biopsi gambar-dipandu. Dalam tes ini, dokter akan mengambil sampel jaringan dari ginjal Anda. Ia akan menggunakan USG (ultrasonografi) atau CT scanner untuk menemukan area yang tepat. Sampel akan dikirim ke laboratorium untuk pengujian untuk menentukan jenis sel dan apakah ini adalah kanker.
Jika itu adalah kanker ginjal, Anda mungkin perlu pemeriksaan lebih lanjut untuk menemukan ukuran dan posisi yang tepat.

Pengobatan Kanker Ginjal

Jenis pengobatan yang akan Anda jalani tergantung pada jenis dan ukuran kanker Anda, dan apakah telah menyebar.

Operasi
Operasi adalah pengobatan utama untuk kanker ginjal. Jika kanker ginjal Anda masih pada tahap awal, dapat disembuhkan dengan operasi. Jika kanker Anda telah berkembang, operasi dapat mengontrol pertumbuhannya dan meringankan gejala-gejala Anda.

Dokter bedah dapat mengangkat ginjal yang tumbuh kanker dan kelenjar getah bening di dekatnya dalam apa yang disebut nephrectomy radikal. Atau, ia mungkin hanya membuang bagian yang terkena ginjal Anda dalam nephrectomy parsial.

Pengobatan Tanpa Operasi

Radioterapi
Radioterapi menggunakan radiasi untuk menghancurkan sel-sel kanker. Dokter Anda dapat menawarkan pengobatan ini untuk mengecilkan kanker Anda jika itu yang menyebabkan Anda sakit. Anda juga mungkin akan menjalani pengobatan kanker ginjal yang telah menyebar ke bagian lain dari tubuh Anda, seperti tulang atau otak.

Terapi target
Terapi Target (juga disebut terapi biologi) menggunakan obat-obatan yang dirancang untuk menghentikan sel-sel kanker tumbuh. Misalnya, ia akan memblokir sinyal yang memberitahu sel untuk tumbuh. Dokter Anda akan menawarkan Anda terapi target jika kanker ginjal Anda telah menyebar atau setelah operasi untuk mengangkat tumor Anda.

Kemoterapi
Kemoterapi menggunakan obat-obatan untuk menghancurkan sel-sel kanker. Kemoterapi tidak sering digunakan untuk mengobati kanker ginjal, tetapi dokter Anda dapat menawarkan kepada Anda dalam kombinasi dengan pengobatan lain.

Pencegahan Kanker Ginjal

Anda mungkin dapat mengurangi risiko terkena kanker ginjal jika Anda membuat perubahan pada gaya hidup Anda. Ini termasuk:
  • Berhenti merokok
  • Menghilangkan kelebihan berat badan
  • Makan-makanan yang sehat, diet seimbang

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.