Saturday, January 31, 2015

Daur Hidup Cacing Pita Dalam Tubuh

sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita kelainan kaki pada balita arrow
Ads orthoshop info
sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita kelainan kaki pada balita arrow
Ads orthoshop info
Infeksi cacing pita disebabkan oleh memakan makanan atau air yang terkontaminasi dengan telur cacing pita atau larva. Jika Anda menelan telur cacing pita tertentu, mereka dapat berpindah di luar usus dan membentuk kista larva dalam jaringan tubuh dan organ (infeksi invasif). Jika Anda menelan larva cacing pita, mereka akan berkembang menjadi cacing pita dewasa di usus Anda (infeksi usus).

Bila Anda memiliki infeksi cacing pita di usus, cacing pita melekat pada dinding usus, dan proglottids tumbuh dan menghasilkan telur. Infeksi usus cacing pita biasanya ringan, tetapi infeksi larva invasif dapat menyebabkan komplikasi serius.

Gejala

Banyak orang dengan infeksi cacing pita di usus tidak memiliki gejala. Jika Anda merasakan efek, gejala-gejala Anda akan tergantung pada jenis cacing pita dan lokasinya serta daur hidup cacing pita di tubuh Anda. Gejala cacing pita invasif bervariasi tergantung di mana larva berpindah.

Infeksi Usus

Tanda-tanda dan gejala infeksi usus meliputi:
  • Mual
  • Kelemahan
  • Hilangnya nafsu makan
  • Sakit perut
  • Diare
  • Berat badan dan tidak memadai penyerapan nutrisi dari makanan

Infeksi Invasif

Jika larva cacing pita telah bermigrasi keluar dari usus Anda dan membentuk kista dalam jaringan lain, mereka akhirnya dapat menyebabkan kerusakan organ dan jaringan, mengakibatkan:
  • Demam
  • Massa kistik atau benjolan
  • Reaksi alergi terhadap larva
  • Infeksi bakteri  
  • Gejala neurologis, termasuk kejang

Siklus hidup cacing pita

Infeksi cacing pita dimulai setelah menelan telur cacing pita atau larva.

Daur Hidup Cacing Pita | siklus hidup cacing pita
Gambar cacing pita

Jika Anda makan atau minum air yang terkontaminasi cacing pita dari kotoran seseorang atau hewan, Anda menelan telur cacing pita mikroskopis. Misalnya, seekor babi yang terinfeksi cacing pita akan terdapat telur cacing pita di kotorannya yang masuk ke tanah. Jika tanah ini dalam kontak dengan makanan atau sumber air akan menjadi terkontaminasi. Anda kemudian dapat terinfeksi ketika Anda makan atau minum sesuatu dari sumber yang terkontaminasi. Setelah di dalam usus Anda, telur berkembang menjadi larva. Pada tahap ini, larva menjadi berkembang. Jika mereka keluar dari usus Anda, mereka membentuk kista dalam jaringan lain, seperti paru-paru, sistem saraf pusat atau hati.

Ketika hewan terdapat infeksi cacing pita, ia memiliki larva cacing pita di dalam jaringan ototnya. Jika Anda makan daging mentah atau setengah matang dari hewan yang terinfeksi, Anda menelan larva, yang kemudian berkembang menjadi cacing pita dewasa di usus Anda. Beberapa cacing pita menempel pada dinding usus, di mana mereka menyebabkan iritasi atau peradangan ringan, sementara yang lain mungkin melewati ke tinja dan keluar dari tubuh Anda.

Faktor-faktor yang dapat menempatkan Anda pada risiko yang lebih besar terinfeksi cacing pita termasuk:
  • Kebersihan yang buruk. Jarang mencuci tangan meningkatkan risiko terkontaminasi cacing pita yang masuk dari mulut Anda saat makan.
  • Paparan ternak. Hal ini bermasalah jika kotoran hewan ternak tidak dibuang dengan benar.
  • Bepergian ke daerah terpencil. Infeksi terjadi lebih sering pada daerah dengan praktik sanitasi yang buruk 
  • Makan daging mentah atau setengah matang. Masakan kurang matang mungkin tidak membunuh telur cacing pita dan larva yang terdapat dalam daging yang terkontaminasi.

Infeksi cacing pita biasanya tidak rumit. Komplikasi yang kadang-kadang berkembang termasuk:
  • Penyumbatan pencernaan. Jika cacing pita tumbuh cukup besar, mereka dapat memblokir usus Anda, menyebabkan infeksi (appendicits); saluran empedu Anda, yang membawa cairan empedu dari hati dan kantong empedu ke usus Anda; atau saluran pankreas Anda, yang membawa cairan pencernaan dari pankreas ke usus Anda.
  • Gangguan otak dan sistem saraf pusat. Disebut neurocysticercosis, komplikasi ini sangat berbahaya, dapat menyebabkan sakit kepala dan gangguan penglihatan, serta kejang, meningitis, hidrosefalus atau demensia. Kematian dapat terjadi pada kasus infeksi berat.
  • Gangguan fungsi organ. Ketika larva berpindah ke hati, paru-paru atau organ lain, mereka menjadi kista. Seiring waktu, kista ini tumbuh, kadang-kadang cukup besar. Kista cacing pita kadang-kadang pecah, melepaskan lebih banyak larva, yang dapat bergerak ke organ lain dan membentuk kista di area lain di tubuh Anda. Kista yang pecah atau bocor dapat menyebabkan reaksi alergi seperti, gatal-gatal, bengkak dan kesulitan bernafas. Operasi atau transplantasi organ mungkin diperlukan pada kasus yang berat.

Tes dan Dianosis

Untuk mendiagnosa infeksi cacing pita, dokter Anda dapat mengandalkan salah satu dari berikut:
  • Analisis sampel tinja. Untuk infeksi cacing pita di usus, dokter Anda dapat memeriksa tinja atau mengirim sampel ke laboratorium untuk pengujian. Laboratorium menggunakan teknik identifikasi mikroskopis untuk memeriksa telur atau segmen cacing pita dalam kotoran Anda. Karena telur dan segmen cacing pita yang berlalu tidak teratur, laboratorium mungkin perlu untuk mengumpulkan 2-3 sampel selama periode waktu tertentu untuk mendeteksi parasit..
  • Uji pencitraan. Beberapa jenis pencitraan, seperti CT atau MRI scan, sinar-X atau ultrasound kista, mungkin menyarankan infeksi cacing pita invasif.

Perawatan Dan Obat-Obatan

Beberapa orang dengan infeksi cacing pita tidak perlu pengobatan. Yang lain biasanya tidak menyadari bahwa mereka memilikinya karena mereka tidak mengalami gejala. Namun, jika Anda didiagnosis dengan infeksi cacing pita di usus, obat-obatan mungkin akan diresepkan untuk menyingkirkannya.

Obat yang diresepkan dokter tergantung pada jenis cacing pita yang terlibat dan area infeksi. Obat ini menargetkan cacing pita dewasa, bukan telur, jadi penting untuk menjaga diri. Selalu mencuci tangan setelah menggunakan toilet dan sebelum makan.

Untuk memastikan bahwa infeksi cacing pita telah dibersihkan, dokter Anda mungkin akan memakai sampel tinja Anda dan diperiksa pada interval tertentu setelah Anda selesai minum obat. Keberhasilan pengobatan yang berarti bahwa tinja Anda bebas dari telur cacing pita atau larva kemungkinan besar karena Anda menerima pengobatan yang tepat untuk jenis cacing pita yang menyebabkan infeksi.
sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita kelainan kaki pada balita arrow
Ads orthoshop info

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.