Sabtu, 31 Januari 2015

Pengertian Vitiligo Dan Obat Vitiligo Adalah ?

Apa itu vitiligo ? Pengertian vitiligo adalah suatu kondisi di mana kulit Anda kehilangan melanin, pigmen yang menentukan warna kulit, rambut dan mata Anda. Vitiligo terjadi ketika sel-sel yang memproduksi melanin mati atau tidak lagi membentuk melanin, menyebabkan perlahan-lahan semakin besar bercak putih dari bentuk yang tidak teratur muncul di kulit Anda.

Vitiligo dapat mempengaruhi semua orang di dunia termasuk di indonesia, tetapi mungkin lebih dapat terlihat pada orang dengan kulit lebih gelap. Vitiligo biasanya dimulai dari area kecil kehilangan pigmen yang menyebar seiring waktu. Tidak ada obat vitiligo. Dan cara mengatasi vitiligo yaitu dengan menghentikan atau memperlambat perkembangan kehilangan pigmen.

Gejala Vitiligo


Tanda utama vitiligo adalah:
  • Kehilangan pigmen yang menghasilkan bercak putih susu (depigmentasi) pada kulit Anda

Tanda-tanda lain yang kurang umum mungkin termasuk:
  • Rambut beruban di kulit kepala Anda, bulu mata, alis atau jenggot Anda
  • Hilangnya warna pada jaringan yang melapisi bagian dalam mulut Anda (selaput lendir)
  • Kehilangan atau perubahan warna pada lapisan dalam mata Anda (retina)
obat vitiligo | penyakit vitiligo adalah

Meskipun setiap bagian dari tubuh Anda dapat terpengaruh oleh vitiligo, depigmentasi biasanya berkembang pertama di area terkena sinar matahari pada kulit Anda, seperti tangan, kaki, lengan, wajah dan bibir. Alat kelamin juga mungkin akan terpengaruh. Meskipun dapat terjadi pada usia berapa pun, vitiligo sering pertama muncul pada orang antara usia 10 dan 30 tahun. Vitiligo pada bayi juga dapat terjadi. Vitiligo umumnya muncul dalam salah satu dari tiga pola:
  • Umum. Dalam subtipe yang paling umum ini, hilangnya pigmen meluas di banyak bagian dari tubuh Anda, biasanya simetris.
  • Segmental. Hilangnya warna kulit terjadi hanya pada satu sisi tubuh Anda. Tipe ini cenderung terjadi pada usia yang lebih muda, perkembangannya selama satu atau dua tahun, kemudian berhenti.
  • Focal. Depigmentasi terbatas pada satu atau beberapa area tubuh Anda.

Penyebaran vitiligo sulit untuk diprediksi. Kadang-kadang bercak berhenti membentuk tanpa pengobatan. Dalam kebanyakan kasus, hilangnya pigmen menyebar dan akhirnya dapat terjadi pada sebagian besar permukaan kulit Anda.

Temui dokter jika area kulit, rambut atau mata anda kehilangan warna. Meskipun tidak ada obat untuk gejala penyakit vitiligo, perawatan ada yang dapat membantu untuk menghentikan atau memperlambat proses depigmentasi dan berusaha untuk mengembalikan warna kulit Anda.

Penyebab vitiligo

Dokter dan ilmuwan memiliki teori tentang apa yang menyebabkan vertiligo. Ini mungkin karena gangguan sistem kekebalan tubuh. Keturunan mungkin menjadi faktor karena ada peningkatan insiden vitiligo dalam beberapa keluarga. Beberapa orang telah melaporkan peristiwa tunggal, seperti karena terbakar sinar matahari atau tekanan emosional, yang memicu kondisi ini. Kadang-kadang hilangnya pigmen dapat terjadi pada seseorang yang memiliki melanoma, keganasan dari sel-sel yang memproduksi melanin (melanosit). Namun, tidak satupun dari teori ini telah terbukti sebagai penyebab penyakit vitiligo.

Cara Mengobati Vitiligo

Pengobatan vitiligo tidak selalu diperlukan. Bagi beberapa orang, warna kulit kembali normal tanpa pengobatan. Bagi orang lain, langkah-langkah perawatan diri, seperti menggunakan tabir surya dan menerapkan kosmetik krim, dapat meningkatkan penampilan kulit Anda.

Tergantung pada jumlah, ukuran dan area bercak putih, Anda dapat memutuskan untuk mencari perawatan medis. Perawatan medis untuk penyakit kulit vitiligo bertujuan untuk meratakan warna kulit, baik dengan mengembalikan warna (pigmen) atau dengan menghancurkan warna yang tersisa.

Penyembuhan vitiligo dapat memakan waktu selama 6 sampai 18 bulan, dan Anda mungkin harus mencoba lebih dari satu pengobatan sebelum Anda menemukan satu yang terbaik bagi Anda, seperti dengan
obat herbal vitiligo yang di jual di toko atau dengan obat tradisional vitiligo yang Anda buat sendiri

Terapi vitiligo eksperimental

Dokter terus mencoba untuk menemukan cara yang lebih baik untuk mengobati vitiligo. Salah satu pilihan obat vitiligo terbaru adalah prosedur yang disebut transplantasi melanosit autologous. Menggunakan sampel kulit normal Anda, peneliti dapat tumbuh melanosit di laboratorium. Ini melanosit baru dikembangkan kemudian ditransplantasikan ke area pada tubuh Anda yang tidak memiliki pigmen. Perawatan ini masih dianggap eksperimental dan tidak tersedia secara luas.

Pengobatan vitiligo lain dalam pengembangan menggunakan senyawa yang ditemukan pada lada hitam yang disebut piperine. Piperin bahkan lebih efektif ketika digunakan dalam kombinasi dengan sinar UV. Kemerahan dan kulit mengelupas adalah efek samping sementara dari pengobatan ini.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.