Kamis, 22 Januari 2015

Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui Bayi Dan Manfaat ASI Bagi Bayi

Pengertian ASI adalah air susu ibu yang merupakan sumber nutrisi yang ideal untuk bayi, yang bergizi seimbang, dengan jumlah protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan zat besi yang sempurna untuk membantu pertumbuhan bayi. Departemen kesehatan mendukung saran organisasi kesehatan dunia (WHO), bahwa:
  • Air susu ibu adalah bentuk gizi terbaik untuk bayi.
  • Menyusui bayi hanya direkomendasikan untuk enam bulan pertama (26 minggu) dari kelahiran bayi karena menyediakan semua nutrisi yang dibutuhkan untuk bayi mencapai pertumbuhan, pembangunan dan kesehatan yang optimal.
  • Menyusui bayi (atau pengganti ASI) harus terus diberikan selama minimal enam bulan pertama. WHO merekomendasikan bahwa ibu menyusui bayi selama dua tahun atau lebih.
  • Ibu yang tidak dapat menyusui anak, atau memilih untuk tidak menyusui, harus membicarakan pilihan lain dengan dokter atau bidan mereka selagi mereka hamil. Penting bahwa ibu yang tidak menyusui diberi informasi dan dukungan sehingga bayi mereka mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan.

Manfaat Menyusui

Menyusui adalah cara yang benar-benar alami untuk memberi makan bayi Anda, dan memiliki manfaat kesehatan jangka pendek dan jangka panjang bagi ibu dan anak. Manfaat ASI adalah merupakan satu-satunya sumber gizi yang secara alami diciptakan khusus untuk bayi Anda. Manfaat ASI ( air susu ibu ) juga memberikan bayi Anda dengan perlindungan terhadap infeksi dan penyakit. Setiap kali wanita menyusui bayi memiliki efek positif, dan semakin lama Anda menyusui, semakin lama perlindungan berlangsung. Menyusui juga mengurangi kemungkinan Anda untuk terkena beberapa penyakit seperti kanker ovarium dan kanker payudara. Menyusui bisa menjadi pengalaman yang sangat memuaskan dan santai karena mendorong rasa kedekatan antara ibu dan anak. Dukungan dari keluarga, teman dan profesional kesehatan juga penting, terutama untuk ibu yang pertama kali memiliki bayi, atau ibu-ibu yang kesulitan untuk membiasakan diri untuk menyusui. Jika Anda mempunyai kesulitan apapun tentang cara menyusui bayi, atau jika Anda memerlukan saran tentang cara menyusui bayi, ada banyak sumber bantuan, saran dan dukungan yaitu dari dokter, bidan, atau kelompok swadaya. Meskipun nutrisi ibu menyusui sangat bermanfaat untuk bayi, ada beberapa wanita mungkin tidak dapat menyusui karena alasan medis. Sebagai contoh, jika Anda terinfeksi virus yang ditularkan melalui darah, seperti hepatitis B atau HIV, atau jika Anda pengguna obat jenis tertentu, ini dapat ditularkan ke bayi melalui ASI Anda. Dalam situasi ini, Menyusui bayi Anda menggunakan susu formula biasanya akan direkomendasikan. Sistem kekebalan tubuh bayi yang baru lahir membutuhkan waktu untuk berkembang dan menghasilkan antibodi. ASI mengandung antibodi ibu terhadap berbagai infeksi, memberikan bayi dengan perlindungan yang efektif terhadap infeksi sampai sistem kekebalan tubuh bayi sendiri sepenuhnya berkembang. Untuk beberapa infeksi, kekebalan berlanjut setelah berhenti menyusui. Bukti menunjukkan bahwa menyusui selama setidaknya enam bulan pertama dari kelahiran bayi memberikan manfaat yang signifikan baik bagi ibu dan bayi. Manfaat ini tercantum di bawah ini.
  • Menyusui memberikan bayi dengan susu yang sangat cocok bagi kebutuhan bayi. Komposisi susu berubah dari waktu ke waktu untuk memberikan bayi dengan nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh.
  • Menyusui mudah bagi bayi untuk mencerna.
  • Dengan menyusui, tidak perlu untuk mensterilkan ASI atau menggunakan peralatan mahal.
  • Bayi lebih kebal terhadap alergi, seperti asma dan eksim, jika mereka hanya diberi ASI saja.
  • Lebih sedikit bayi yang diberi ASI terkena diabetes di masa kecil.
  • Lebih sedikit bayi yang diberi ASI mengalami infeksi saluran pernafasan, infeksi telinga bagian tengah, dan gastroenteritis (infeksi lambung dan usus).
  • Dalam jangka panjang, ibu lebih kebal terhadap beberapa jenis kanker ovarium dan kanker payudara.
  • Menyusui membantu rahim ibu kembali ke ukuran sebelum kehamilan.
  • Menyusui dapat membantu mengurangi berat badan dan sindrom pramenstruasi karena wanita yang menyusui membakar kalori lebih banyak daripada wanita yang tidak menyusui.
  • Menyusui juga memberikan beberapa perlindungan terhadap osteoporosis (kondisi dimana tulang menjadi keropos). Diperkirakan bahwa tubuh menggunakan kalsium lebih efisien ketika memproduksi ASI.
Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui Bayi Dan Manfaat ASI Bagi Bayi

Berikut ini menjelaskan cara menyusui bayi dengan posisi menyusui yang benar:
  • Hal ini penting untuk menemukan posisi menyusui bayi yang nyaman. Duduk dengan punggung Anda lurus dan pangkuan Anda datar. Jika perlu, Anda dapat menggunakan bantal menyusui untuk membantu memudahkan bayi Anda.
  • Memegang bayi dekat dengan Anda dan menghadap Anda sehingga bayi Anda tidak perlu memutar atau merentang.
  • Bawa bayi ke payudara Anda, daripada memindahkan posisi payudara Anda untuk bayi Anda. Hidung bayi harus berlawanan dengan puting susu Anda untuk memudahkan bayi memiringkan kepala mereka kembali.
  • Dagu bayi dan rahang bawah harus mencapai payudara Anda terlebih dahulu. Pindahkan mulut bayi dengan lembut di puting susu Anda ini membuat mulut bayi terbuka.
  • Lidah bayi harus bergerak maju sehingga bibir bawah dan dagu mereka menyentuh payudara Anda terlebih dahulu. Ini akan membantu bayi untuk meraup payudara lebih banyak.
  • Dagu bayi harus dekat dengan payudara Anda untuk memungkinkan mereka bernapas dengan mudah.
  • Kalau mau, Anda dapat gunakan baju menyusui yang banyak di jual di toko-toko.

Makanan Untuk Ibu Menyusui

Anda tidak perlu menjalani diet khusus saat Anda sedang menyusui bayi. Namun, kadang-kadang menjadi seorang ibu yang baru bisa merepotkan untuk makanan ibu menyusui, jadi penting bahwa Anda menjaga diri sendiri dan menghindari makanan pantangan ibu menyusui, selalu makan makanan sehat seimbang. Diet ibu menyusui harus terdiri dari makanan sehat untuk ibu menyusui dari semua kelompok makanan utama:

- Karbohidrat,
- Protein,
- Buah dan sayuran (setidaknya lima porsi sehari),
- Susu, dan
- Lemak.

Minum banyak air juga akan membantu memastikan bahwa Anda dan bayi Anda tetap sehat. Air putih, susu, dan buah yang baik untuk ibu menyusui tanpa gula adalah pilihan yang tepat.

Vitamin Untuk Ibu Menyusui

Ketika Anda sedang menyusui, Anda dapat mengambil suplemen vitamin D setiap hari. Semua vitamin dan mineral yang Anda butuhkan dapat ditemukan dalam makanan yang beragam dan seimbang. Dokter atau bidan dapat memberitahu Anda tentang di mana Anda bisa mendapatkan suplemen vitamin D yang tepat.

Obat Untuk Ibu Menyusui

Sebagian dari setiap jenis obat aman digunakan saat Anda sedang menyusui. Jenis obat-obatan yang aman digunakan saat Anda sedang menyusui meliputi:
  • Antibiotik untuk ibu menyusui
  • Obat penghilang rasa sakit yang umum, seperti parasetamol dan ibuprofen (tapi jangan aspirin),
  • Obat demam untuk ibu menyusui
  • Obat batuk untuk ibu menyusui (asalkan mereka tidak membuat Anda mengantuk)
  • Obat flu untuk ibu menyusui
  • Vitamin dosis normal, dll

Jika Anda sedang menyusui, cobalah untuk menghindari penggunaan apa pun yang dapat mengganggu ketenangan atau mengganggu bayi Anda. Misalnya, Anda harus menghindari:

- Nikotin,
- Alkohol,
- Kafein, dan
- Obat-obatan terlarang.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.