Senin, 26 Januari 2015

Manfaat Pengobatan Akupuntur

Pengertian akupuntur adalah suatu bentuk pengobatan Cina kuno di mana jarum halus ditusukan ke dalam kulit pada titik-titik tertentu pada tubuh Anda, termasuk titik akupuntur kaki, titik akupuntur tangan, atau titik akupuntur wajah. Ini adalah pengobatan komplementer atau penyembuhan alternatif. Ini berarti bahwa pengobatan dengan teknik akupuntur berbeda dalam cara pengobatan yang biasa, penggunaan akupuntur tidak selalu didasarkan pada bukti ilmiah.

Teori

Akupunktur didasarkan pada keyakinan kekuatan energi, atau 'kekuatan hidup', mengalir melalui tubuh dalam saluran yang disebut meridian. Kekuatan hidup ini dikenal sebagai Qi (dibaca 'chi'). Praktisi yang mengikuti kepercayaan tradisional tentang akupuntur percaya bahwa ketika Qi tidak dapat mengalir bebas melalui tubuh, hal ini dapat menyebabkan penyakit. Mereka juga percaya bahwa manfaat akupuntur dapat mengembalikan aliran Qi, dan memulihkan kesehatan.

Penggunaan

Menggunakan akupuntur dapat mengobati berbagai kondisi kesehatan. Hal ini sering digunakan untuk mengobati kondisi seperti sakit kepala, nyeri punggung dan sakit gigi, tetapi juga umum digunakan pada kondisi mulai dari infertilitas kecemasan dan asma. Sebagian orang juga percaya bahwa dengan akupuntur cukup efektif dalam hal akupuntur pelangsingan, akupuntur kecantikan, akupuntur kesuburan, dan lain-lain. Ketersediaan klinik akupuntur terbatas. Kebanyakan pasien akupuntur membayar untuk pengobatan pribadi.

Pengobatan Akupuntur | titik titik akupuntur | manfaat akupuntur

Apakah pengobatan akupuntur itu efektif?

Ada beberapa bukti bahwa pengobatan akupuntur efektif untuk sejumlah kondisi, termasuk migrain dan mual pasca-operasi. Namun, ada sedikit bukti ilmiah bahwa akupuntur efektif untuk banyak kondisi yang sering digunakan. Lebih banyak penelitian ilmiah diperlukan untuk menentukan apakah akupuntur efektif terhadap ini dan kondisi lainnya.

Belum ada bukti ilmiah tentang keberadaan Qi atau meridian. Beberapa ilmuwan dan ahli akupuntur percaya bahwa akupuntur dapat merangsang saraf dan jaringan otot, dan bahwa ini mungkin membawa efek yang menguntungkan yang telah diamati pada beberapa uji ilmiah. Penelitian lebih lanjut diperlukan sebelum metode akupuntur sepenuhnya dipahami.

Biasanya, sesi akupuntur awal akan meliputi penilaian kesehatan umum, riwayat medis dan pemeriksaan fisik, dilanjutkan dengan memasukkan jarum akupuntur.

Sebagian besar sesi akupuntur berlangsung antara 20 hingga 40 menit. Biasanya, ahli akupuntur mengatakan bahwa pasien harus mendapatkan antara 6 dan 12 sesi akupuntur untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari pengobatan, tapi hal ini dapat bervariasi tergantung pada ahli akupuntur dan pasien.

Penilaian dan pengujian

Ahli akupuntur akan bertanya tentang kesehatan umum dan riwayat medis Anda. Jika kunjungan Anda adalah karena kondisi kesehatan tertentu, mereka akan bertanya tentang gejala kondisi itu dan tentang pengobatan lain yang telah Anda jalani untuk kondisi itu. Setelah ini, ahli akupuntur dapat melakukan pemeriksaan fisik.

Penusukan jarum

Setelah ahli akupuntur merasa ia memiliki gambaran yang jelas tentang kesehatan Anda, ia akan pindah ke penusukan jarum akupuntur. Jarum ini ditusukan ke tempat-tempat tertentu pada tubuh, yang biasa disebut titik titik akupuntur. Selama sesi ini, Anda biasanya akan diminta untuk duduk atau berbaring. Anda juga mungkin diminta untuk melepaskan sebagian pakaian yang Anda kenakan, sehingga ahli akupuntur dapat mengakses tempat yang sesuai pada tubuh Anda.

Jarum yang digunakan baik-baik saja dan biasanya sekitar panjang 30mm. Jarum biasanya sekali pakai, jarum yang sudah digunakan akan dibuang. Ahli pengobatan akupuntur percaya bahwa ada lebih dari 500 titik akupuntur pada tubuh. Dalam setiap sesi, biasanya antara 1 sampai 12 titik akan digunakan. Jarum dapat ditusukan di bawah kulit atau lebih dalam sehingga dapat mencapai jaringan otot. Setelah jarum ditusukan, jarum itu dibiarkan dalam posisi selama 30 menit. Ketika jarum ditusukan, Anda mungkin merasa kesemutan atau rasa nyeri. Anda biasanya tidak akan mengalami rasa sakit yang signifikan.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.