Senin, 26 Januari 2015

Penyebab Penyakit Amnesia Dan Penyakit Demensia

Jika Anda menjadi sedikit pelupa saat usia bertambah, itu normal. Namun, kehilangan memori (ingatan) bisa menjadi gejala dari sesuatu yang lebih serius dan harus diperiksa oleh dokter umum.

Apa itu amnesia ? Pengertian amnesia adalah kehilangan ingatan atau kehilangan memori, terjadi ketika seseorang kehilangan kemampuan untuk mengingat peristiwa dan informasi yang mereka biasanya mampu mengingatnya. Hal ini bisa merupakan sesuatu peristiwa yang terjadi hanya beberapa detik atau beberapa menit yang lalu, atau acara yang mengesankan yang terjadi di masa lalu. Penyakit amnesia dapat dimulai secara tiba-tiba atau mungkin telah memburuk selama beberapa tahun.

Kehilangan ingatan dapat menyedihkan bagi orang yang terkena dampak serta bagi keluarga mereka. Kerabat mungkin takut yang terburuk akan terjadi dan menganggap itu disebabkan oleh penyakit demensia, tetapi hal ini sering tidak terjadi.

Informasi berikut akan memberitahu Anda:
  • Apa yang harus dilakukan jika Anda khawatir tentang kehilangan memori
  • Cara mengetahui apakah hal itu bisa disebabkan oleh gejala demensia
  • Penyebab paling umum kehilangan ingatan
Penyebab Penyakit Amnesia Dan Penyakit Demensia

Apa yang harus dilakukan jika Anda khawatir tentang kehilangan ingatan

Jika Anda khawatir karena Anda atau seseorang yang Anda peduli kehilangan ingatan mereka, temui dokter segera. Dokter akan melakukan penilaian awal dan bertanya tentang gejala amnesia, riwayat keluarga dan gaya hidup. Mereka juga dapat merekomendasikan tes darah. Penyakit amnesia terdapat berbagai penyebab, tergantung pada jenis amnesia.

Jika dokter berpikir bahwa Anda atau saudara Anda menilai kondisi Anda disebabkan oleh penyakit demensia atau mungkin ada kondisi yang mendasari lain yang lebih serius, seperti kerusakan otak, mereka akan merujuk Anda ke dokter spesialis.

Apakah itu merupakan penyebab demensia ?

Jika Anda membaca ini karena Anda pikir masalah ingatan Anda mungkin merupakan tanda penyakit demensia, mungkin itu bukan. Seseorang dengan penyakit demensia biasanya tidak akan menyadari kehilangan ingatan mereka atau akan menyangkalnya. Kehilangan memori Anda mungkin disebabkan oleh sesuatu yang jauh lebih umum dan dapat diobati, seperti depresi.

Anda mungkin khawatir bahwa seseorang yang Anda sayangi mengalami penyakit demensia. Namun, ingatlah bahwa sekitar 40% orang berusia di atas 65 memiliki semacam kesulitan memori, dan hanya 15% akan mengembangkan penyakit demensia setiap tahun.

Tanda-tanda bahwa seseorang memiliki penyakit demensia
  • Demensia biasanya terjadi pada orang di atas usia 65 tahun.
  • Seseorang dengan demensia akan berjuang untuk mengingat peristiwa yang baru terjadi, tapi masih bisa mengingat peristiwa yang sudah lama terjadi. Oleh karena itu, jika ingatan jangka panjang mereka terpengaruh, mungkin itu bukan demensia.
  • Hilangnya memori tidak terjadi tiba-tiba tapi akan bertahap dan memburuk dari waktu ke waktu.

Penyebab amnesia atau kehilangan ingatan yang umum

Umumnya, dokter menemukan bahwa pasien yang dirawat karena kehilangan memori yang paling sering mengalami:
  • Kegelisahan
  • Stres
  • Depresi

Kehilangan daya ingat mereka mungkin karena konsentrasi yang buruk dan tidak memfokus pada suatu hal karena kurangnya minat. Masalah dengan tidur membuat kehilangan memori memburuk. Dokter mungkin menyarankan untuk mencoba obat antidepresan tablet. Jika asumsi mereka benar, ini seharusnya memperbaiki masalah memori karena depresi. Orang tua yang kehilangan ingatan cenderung mengalami depresi juga mengalami perubahan perilaku.

Penyebab lainnya kehilangan ingatan adalah:
  • Cedera kepala, misalnya setelah kecelakaan mobil
  • Stroke yang memotong sebagian dari suplai darah ke otak dan menyebabkan jaringan otak mati

Ini akan menyebabkan kehilangan ingatan secara tiba-tiba, di mana Anda akan melupakan peristiwa yang terjadi sebelum trauma (retrograde amnesia), atau Anda lupa segala sesuatu yang terjadi setelah trauma (anterograde amnesia).

Penyebab kurang umum, kehilangan ingatan dapat disebabkan oleh:
  • Tiroid kurang aktif, yang berarti kelenjar tiroid Anda (ditemukan di leher) tidak menghasilkan cukup hormon
  • Jenis obat tertentu, seperti obat penenang dan beberapa perawatan untuk penyakit parkinson
  • Penyalahgunaan alkohol jangka panjang
  • Pendarahan di otak, yang dikenal sebagai perdarahan subarachnoid
  • Kekurangan vitamin B1 (tiamin), misalnya karena masalah pencernaan
  • Masalah dengan aliran darah ke bagian otak
  • Stres atau trauma yang menyebabkan ingatan seseorang terblokir sehingga mereka tidak dapat mengingat informasi penting (dikenal sebagai amnesia psikogenik)
  • Tumor otak

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.