Rabu, 28 Januari 2015

Obat Gatal Pada Kulit : Cara Mengobati Gatal-Gatal Pada Kulit Kronis ( Urtikaria )

Gatal-gatal kronis, juga dikenal sebagai urtikaria adalah benjolan atau bercak yang terasa gatal pada kulit. Sementara sebagian besar kasus gatal gatal pada kulit dapat menghilang dalam beberapa minggu, bagi sebagian orang ini adalah masalah jangka panjang. Gatal gatal di kulit kronis (urtikaria kronik) didefinisikan sebagai gatal-gatal yang berlangsung lebih dari enam minggu atau gatal-gatal yang dapat menghilang tapi sering kambuh kembali. Kulit gatal-gatal dapat terjadi pada seluruh bagian dari tubuh Anda, seperti gatal pada selangkangan, pada kaki, tangan, badan atau gatal pada kemaluan Anda.

Dalam kebanyakan kasus penyakit gatal gatal kronis, penyebabnya tidak pernah jelas diidentifikasi. Dalam beberapa kasus, penyebab gatal gatal kronis mungkin terkait dengan gangguan autoimun yang mendasari, seperti penyakit tiroid atau lupus. Sementara penyebab gatal pada kulit kronis yang biasanya tidak teridentifikasi, dengan obat-obatan dapat membantu meringankan gejala. Bagi sebagian orang, obat antihistamin dapat memberikan hasil yang cukup baik.

Gejala Gatal Gatal Di Kulit Kronis

Gatal-gatal pada umumnya:
  • Muncul bercak bulat kecil dan dapat berubah bentuk
  • Gatal dan dapat dikelilingi oleh bercak merah
  • Terjadi dalam sekumpulan, dan sering muncul di wajah, tangan, kaki, atau pada selangkangan

Sekitar 40 persen orang dengan gatal-gatal kronis juga mengalami angioedema. Tanda dan gejala angioedema meliputi bekas besar atau pembengkakan kulit yang dapay terjadi di sekitar mata dan bibir, tangan, kaki, selangkangan, kemaluan, dan di dalam tenggorokan. Pembengkakan di tenggorokan dapat menghambat pernapasan dan membutuhkan perawatan darurat.

obat gatal pada kulit | urtikaria

Meskipun penyakit gatal-gatal kronis dan angioedema biasanya tidak mengancam jiwa, tetapi dapat melemahkan dan dalam beberapa kasus merupakan tanda masalah kesehatan yang mendasarinya. Temui dokter jika Anda mengalami:
  • Gatal-gatal sangat parah
  • Gatal-gatal yang tidak menanggapi pengobatan
  • Gatal-gatal yang terus muncul selama beberapa hari

Carilah perawatan darurat jika Anda:
  • Merasa pusing
  • Mengalami kesulitan bernafas
  • Merasakan tenggorokan Anda bengkak

Penyebab Gatal Gatal Pada Kulit

Gatal-gatal pada kulit kronis adalah peradangan yang dipicu ketika sel-sel tertentu melepaskan histamin dan bahan kimia lainnya ke dalam aliran darah Anda, menyebabkan pembuluh darah kecil bocor. Penyebab pasti gatal gatal kronis belum dipahami dengan baik dan pemicunya bisa sulit untuk ditentukan. Gatal-gatal kronis diduga disebabkan oleh gangguan sistem kekebalan tubuh (autoimun) dan mungkin terkait dengan masalah kesehatan lain, seperti penyakit tiroid atau lupus.

Jarang, reaksi terhadap obat-obatan, makanan, bahan tambahan makanan, serangga, parasit atau infeksi diidentifikasi sebagai penyebab gatal-gatal kronis. Tetapi pada kebanyakan kasus, penyebab gatal-gatal kronis tidak pernah diidentifikasi, bahkan setelah pengujian dan pemantauan gejala. Panas, dingin, tekanan, sinar matahari atau rangsangan lingkungan lainnya dapat memperburuk gatal-gatal kronis. Obat sakit tertentu juga dapat memperburuk gatal-gatal kronis.

Cara Menghilangkan Gatal Gatal

Untuk menemukan cara mengobati gatal gatal kronis dapat meragukan. Dalam kasus di mana pemicu diidentifikasi, seperti reaksi terhadap makanan tertentu, obat-obatan atau rangsangan fisik. Jika gatal-gatal kronis Anda disebabkan oleh suatu kondisi kesehatan yang mendasarinya, hal ini dapat meningkat ketika kondisi yang mendasarinya diobati.

Gejala gatal pada kulit dapat diobati secara efektif pada kebanyakan orang dengan obat gatal tradisional atau resep obat. Bicarakan dengan dokter Anda untuk menemukan obat gatal pada kulit kronis - atau kombinasi obat gatal kulit - yang dapat bekerja dengan baik bagi Anda. Jika obat gatal gatal yang pertama Anda coba tidak meredakan gejala, berbicaralah dengan dokter Anda tentang mencoba obat gatal gatal pada kulit yang lain.

Dokter akan menanyakan sejumlah pertanyaan dan melakukan pemeriksaan fisik. Dokter Anda mungkin juga meminta Anda untuk menulis buku harian untuk mengontrol:
  • Aktivitas Anda
  • Obat atau suplemen herbal yang Anda gunakan
  • Apa yang Anda makan dan minum
  • Dimana gatal-gatal muncul dan berapa lama gatal-gatal terjadi

Meskipun dengan tes tidak selalu dapat menentukan penyebab gatal gatal di kulit kronis, dokter Anda ingin mengetahui tentang apa yang dapat menyebabkan gejala gatal pada kulit Anda. Tergantung pada gejala dan riwayat medis, Anda mungkin akan di minta untuk menjalani tes, termasuk:
  • Tes darah. Dokter Anda mungkin meminta untuk tes darah untuk memeriksa tingkat dan fungsi sel darah tertentu dan protein.
  • Tes alergi. Dokter Anda mungkin tes kulit Anda kulit untuk melihat apakah gatal-gatal Anda mungkin disebabkan oleh reaksi alergi, terutama jika gatal-gatal tampaknya terkait dengan penyebab tertentu. Dokter akan memberikan obat alergi gatal jika kulit Anda gatal gatal karena alergi.
  • Tes untuk menyingkirkan kondisi yang mendasarinya. Anda mungkin perlu tes tambahan untuk memastikan gatal-gatal Anda tidak disebabkan oleh kondisi kesehatan yang mendasarinya, seperti hepatitis, lupus atau penyakit tiroid.

Tindakan pencegahan gatal pada kulit berikut ini dapat membantu mencegah gatal gatal dan angioedema terjadi:
  • Hindari pemicu yang diketahui. Ini mungkin termasuk makanan tertentu atau makanan aditif, alkohol, obat-obatan, atau situasi seperti suhu ekstrim, pakaian ketat atau stres emosional.
  • Menulis buku harian. Mengontrol semua aktivitas Anda, kapan dan di mana gatal-gatal terjadi, dan apa yang Anda makan. Ini dapat membantu Anda dan dokter mengidentifikasi penyebab gatal pada kulit.
  • Hindari obat-obatan yang dapat memicu kulit gatal-gatal.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.