Rabu, 28 Januari 2015

Tanda Dan Gejala Penyakit Kanker Ginjal

Kanker ginjal adalah kanker yang berasal dari ginjal. Ginjal adalah dua organ berbentuk seperti kacang, masing-masing ukuran sebesar kepalan tangan Anda. Ginjal terletak di belakang organ perut Anda, dengan satu ginjal di setiap sisi tulang belakang Anda. Pada orang dewasa, jenis yang paling umum dari kanker ginjal adalah karsinoma sel ginjal. Yang lainnya kurang umum dari jenis kanker ginjal yang dapat terjadi. Anak-anak kecil lebih rentan untuk terkena jenis kanker ginjal yang disebut tumor wilms.

Gejala Kanker Ginjal

Penyakit kanker ginjal jarang menimbulkan tanda-tanda atau gejala pada tahap awal. Pada tahap yang tinggi, tanda dan gejala kanker ginjal mungkin termasuk:
  1. Terdapat darah dalam urin Anda yang muncul berwarna merah muda, merah atau kehitaman
  2. Nyeri punggung di bawah tulang rusuk yang tidak hilang-hilang
  3. Masalah dengan berat badan
  4. Kelelahan
  5. Demam
Tanda Dan Gejala Penyakit Kanker Ginjal

Penyebab Kanker Ginjal

Tidak jelas apa yang menyebabkan karsinoma sel ginjal. Dokter mengetahui bahwa kanker ginjal terjadi ketika beberapa sel ginjal memperoleh mutasi pada DNA mereka. Mutasi memberitahu sel untuk tumbuh dan membelah dengan cepat. Adanya akumulasi sel abnormal membentuk tumor yang dapat melampaui ginjal. Beberapa sel dapat pecah dan menyebar (metastasis) ke bagian lain dari tubuh Anda.

Faktor penyebab yang dapat meningkatkan risiko terkena kanker ginjal termasuk:
  1. Usia semakin tua. Risiko Anda meningkat terkena kanker ginjal karena penambahan usia.
  2. Merokok. Perokok memiliki risiko lebih besar terkena kanker ginjal dibanding bukan perokok. Risiko semakin kecil setelah Anda berhenti merokok.
  3. Obesitas (kegemukan). Orang yang mengalami obesitas memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker ginjal dibandingkan orang yang berat badan normal.
  4. Tekanan darah tinggi (hipertensi). Tekanan darah tinggi meningkatkan risiko terkena kanker ginjal.
  5. Pengobatan untuk gagal ginjal. Orang-orang yang menerima dialisis jangka panjang untuk mengobati gagal ginjal kronis memiliki risiko lebih besar terkena kanker ginjal. 
  6. Penyakit Von Hippel Lindau. Orang dengan keturunan gangguan ini mungkin menimbulkan beberapa jenis tumor, termasuk kanker ginjal.
  7. Karsinoma sel ginjal turun-temurun. Memiliki keturunan kondisi ini membuat Anda lebih rentan akan terkena satu atau lebih kanker ginjal.

Pemeriksaan Kanker Ginjal

Tes dan prosedur yang digunakan untuk mendiagnosa kanker ginjal termasuk:
  1. Tes darah dan urine. Tes darah dan urin Anda dapat memberikan petunjuk kepada dokter kanker ginjal tentang apa yang menyebabkan tanda-tanda dan gejala.
  2. Tes pencitraan. Tes pencitraan memungkinkan dokter untuk mengetahui tumor ginjal atau kelainan. Tes pencitraan mungkin termasuk ultrasound, computerized tomography (CT) atau magnetic resonance imaging (MRI).
  3. Menghilangkan sampel jaringan ginjal (biopsi). Dalam kasus-kasus tertentu, dokter dapat merekomendasikan prosedur ini untuk mengambil sedikit sampel sel (biopsi) dari area yang mencurigakan di ginjal Anda. Sampel diperiksa di laboratorium untuk mencari tanda tanda kanker ginjal.

Tingkatan Stadium Kanker Ginjal

Setelah dokter mendiagnosis kanker ginjal, langkah berikutnya adalah menentukan stadium kanker ginjal Anda. Penggunaan tes untuk kanker ginjal mungkin termasuk CT scan tambahan atau tes pencitraan lainnya yang menurut dokter sesuai.

Kemudian dokter Anda menentukan tingkatan atau tahap kanker ginjal Anda. Tahap kanker ginjal termasuk:
  1. Kanker stadium 1. Pada tahap ini, merupakan tumor bisa dengan diameter sampai 2 3/4 inci. Tumor masih terbatas pada ginjal.
  2. Kanker stadium 2. Kanker ginjal stadium 2, tumor lebih besar dari stadium 1, tetapi masih terbatas pada ginjal.
  3. Kanker stadium 3. Pada tahap ini, tumor melampaui ginjal ke jaringan sekitarnya dan juga mungkin telah menyebar ke kelenjar getah bening di dekatnya.
  4. Kanker stadium 4. Kanker telah menyebar di luar ginjal, ke beberapa kelenjar getah bening atau ke bagian luar tubuh yang jauh, seperti jantung, tulang, hati atau paru-paru.

Setiap orang selalu berusaha untuk diagnosis kanker dengan cara sendiri. Setelah shock dan ketakutan yang datang setelah diagnosis dapat mulai mereda, Anda akan menemukan cara untuk membantu Anda mengatasi tantangan sehari-hari dari pengobatan kanker dan pemulihan. Strategi pengobatan yang dapat membantu antara lain:
  • Pelajari tentang kanker ginjal jika merasa keputusan pengobatan membuat Anda nyaman. Tanyakan kepada dokter untuk informasi tentang diagnosis Anda, seperti apa jenis kanker yang Anda alami dan berapa stadium kanker Anda. Informasi ini dapat membantu Anda belajar tentang pilihan pengobatan yang tersedia untuk Anda. juga carilah sumber informasi yang terbaik.
  • Jaga diri baik-baik. Uruslah diri sendiri selama pengobatan kanker ginjal. Makan makanan yang sehat seperti buah-buahan dan sayuran, rutin berolahraga ketika Anda merasa sanggup melakukannya, dan cukup tidur sehingga Anda bangun merasa beristirahat setiap hari.
  • Mendapatkan banyak dukungan. Teman-teman dan keluarga akan prihatin tentang kesehatan Anda, jadi biarkan mereka membantu Anda ketika mereka tawarkan. Biarkan teman-teman dan keluarga Anda mengambil tugas Anda sehari-hari sehingga Anda dapat fokus pada pemulihan kanker Anda. Berbicaralah tentang perasaan Anda dengan teman-teman dekat dan keluarga juga dapat membantu Anda menghilangkan stres dan ketegangan.
  • Luangkan waktu untuk diri sendiri. Sisihkan waktu untuk diri sendiri setiap hari. Waktu dihabiskan dengan membaca, santai atau mendengarkan musik dapat membantu Anda menghilangkan stres. Tulislah perasaan Anda pada sebuah buku harian.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.