Minggu, 18 Januari 2015

Obat Penyakit Disentri : Pengobatan Disentri Amoeba Dan Disentri Basiler

Apa itu disentri? Pengertian disentri adalah nama suatu penyakit peradangan usus besar yang menyebabkan diare dan perut kram. Kebanyakan orang yang mengalami disentri biasanya mungkin mengalami gejala yang ringan, seperti diare dan mual. Mereka mungkin tidak perlu berkonsultasi dengan dokter karena kondisi ini biasanya dapat hilang dalam beberapa hari. Pengobatan medis seringkali tidak diperlukan, meskipun penting untuk minum banyak air untuk menggantikan cairan yang hilang akibat diare.

Jenis Penyakit Disentri

Ada dua jenis utama penyakit disentri:
  • Disentri basiler, yang disebabkan oleh bakteri yang disebut Shigella.
  • Disentri amoeba, juga dikenal sebagai amoebiasis. Ini disebabkan oleh amuba (parasit bersel tunggal) yang disebut Entamoeba histolytica. Ini ditemukan terutama di daerah tropis.
Kedua jenis ini biasanya ditularkan karena kebersihan yang buruk, dan orang-orang sering terinfeksi dari makan makanan yang tercemar. Disentri amoeba biasanya lebih serius daripada disentri basiler dan kadang-kadang dapat berakibat fatal jika tidak diobati.

Gejala disentri

Disentri basiler
Gejala disentri basiler biasanya dimulai 1 sampai 3 hari setelah infeksi. Gejala yang umum adalah sakit perut dan diare ringan, tanpa darah atau lendir dalam tinja. Gejala ini berlangsung selama tiga sampai tujuh hari dan banyak orang tidak pergi ke dokter. Dalam kasus yang lebih parah, gejala dapat mencakup:
  • Diare yang mengandung darah atau lendir,
  • Mual dan muntah,
  • Nyeri perut yang parah, dan
  • Demam (suhu tinggi).

Disentri amoeba
Disentri amoeba (amoebiasis) terjadi terutama di daerah tropis. Gejalanya yaitu:
  • Diare berair, yang terdapat darah, lendir atau nanah,
  • Mual dan muntah,
  • Sakit perut, dan
  • Demam dan menggigil.
Obat Penyakit Disentri : Pengobatan Disentri Amoeba Dan Disentri Basiler


Penyebab Disentri

Disentri basiler
Disentri basiler disebabkan oleh bakteri, biasanya bakteri Shigella. Ada empat jenis bakteri Shigella:
  • Shigella sonnei - menghasilkan gejala paling ringan.
  • Shigella flexneri.
  • Shigella boydii.
  • Shigella dysenteriae. Ini menghasilkan gejala yang paling parah.

Disentri amoeba
Penyakit disentri amoeba disebabkan oleh parasit amuba (parasit bersel tunggal). Ketika amuba di dalam usus seseorang yang terinfeksi siap untuk keluar dari tubuh, mereka bersama-sama membentuk seperti sebuah tempurung yang mengelilingi dan melindungi mereka. Sekelompok amuba ini dikenal sebagai kista. Amuba kemudian keluar dari tubuh seseorang lewat kotoran mereka dan dapat bertahan hidup di luar tubuh. Jika orang tersebut membuang kotoran sembarangan, kotoran ini dapat mencemari lingkungan, seperti tanaman dan air di dekatnya. Orang lain kemudian mungkin dapat terinfeksi amuba ketika mereka makan sayuran mentah yang terkontaminasi dengan kotoran ini (disentri amoeba sangat umum di bagian dunia di mana kotoran manusia digunakan sebagai pupuk). Bakteri amuba memasuki tubuh seseorang sampai ke perut mereka. Bakteri amuba di dalam kista dilindungi oleh asam pencernaan lambung.

Pengobatan Disentri

Disentri biasanya hilang setelah beberapa hari dan tidak memerlukan pengobatan medis. Namun, penting untuk mengganti cairan tubuh yang hilang akibat diare. Jika Anda mengalami diare dan muntah, minumlah banyak air untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang dan untuk menghindari dehidrasi. Dalam kasus yang parah, cairan tubuh mungkin perlu diberikan dari infus di rumah sakit.

Obat Disentri

Jika Anda memiliki disentri amoeba, dokter mungkin meresepkan obat antibiotik seperti metronidazol. Dokter Anda akan memberitahu Anda berapa lama obat tersebut di gunakan. Setelah Anda selesai menggunakan antibiotik, Anda mungkin diberikan diloxanide (obat yang membunuh setiap amuba yang tersisa). Karena sebagian besar kasus penyakit disentri terakhir hanya dalam waktu singkat, antibiotik hanya digunakan jika disentri tidak menghilang dengan sendiri. Antibiotik juga dapat digunakan untuk menghentikan disentri menyebar ke orang lain.

Mencegah Penularan Penyakit Disentri

Disentri menular karena kebersihan yang buruk. Untuk meminimalkan risiko terkena penyakit disentri, biasakan mencuci tangan dengan sabun dan air bersih setelah menggunakan toilet serta cuci tangan sebelum memasak atau memegang makanan untuk bayi dan memberi makan anak-anak untuk mencegah tertularnya disentri pada bayi atau pada anak.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.