Wednesday, January 28, 2015

Obat Penyakit Gondok : Penyebab Penyakit Gondok Dan Cara Mengobatinya

sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita kelainan kaki pada balita arrow
Ads orthoshop info
sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita kelainan kaki pada balita arrow
Ads orthoshop info
Apa itu penyakit gondok ? Pengertian penyakit gondok adalah pembesaran yang abnormal pada kelenjar tiroid Anda. Kelenjar tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu yang terletak di pangkal leher Anda tepat di bawah jakun Anda. Meskipun penyakit gondok biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, sebuah gondok yang besar dapat menyebabkan batuk dan membuat sulit bagi Anda untuk menelan atau bernafas.

Penyebab penyakit gondok yang paling umum di seluruh dunia adalah kekurangan yodium dalam makanan. Di Amerika Serikat, di mana penggunaan garam beryodium adalah umum, penyakit gondok lebih sering disebabkan oleh lebih rendahnya produksi hormon tiroid atau nodul yang berkembang di kelenjar itu sendiri.

Cara mengobati penyakit gondok tergantung pada ukuran gondok, gejala dan penyebab yang mendasari. Pengobatan gondok mungkin tidak diperlukan jika penyakit gondok itu terlalu kecil dan tidak terlihat atau tidak menimbulkan masalah apapun.

Gejala Penyakit Gondok

Tidak semua penyakit gondok menyebabkan tanda dan gejala. Ketika ciri ciri penyakit gondok atau gejala gondok memang terjadi, ia mungkin termasuk:
  • Pembengkakan terlihat di pangkal leher Anda yang dapat sangat jelas ketika Anda mencukur atau memakai make-up
  • Terasa ketat di tenggorokan
  • Batuk
  • Suara serak
  • Kesulitan menelan
  • Kesulitan bernafas

Penyebab Penyakit Gondok

obat penyakit gondok | penyebab penyakit gondok

Kelenjar tiroid Anda menghasilkan dua hormon utama yaitu tiroksin (T-4) dan triiodothyronine (T-3)​​. Hormon-hormon ini beredar dalam aliran darah Anda dan membantu mengatur metabolisme Anda. Mereka mempertahankan tingkat di mana tubuh Anda menggunakan lemak dan karbohidrat, membantu mengontrol suhu tubuh Anda, mempengaruhi detak jantung, dan membantu mengatur produksi protein. Kelenjar tiroid Anda juga memproduksi kalsitonin, hormon yang membantu mengatur jumlah kalsium dalam darah Anda.

Kelenjar hipofisis dan hipotalamus mengontrol tingkat di mana hormon ini diproduksi. Proses ini dimulai ketika hipotalamus, daerah di dasar otak Anda yang bertindak sebagai termostat untuk seluruh sistem tubuh Anda, sinyal kelenjar pituitari untuk membuat hormon yang disebut dengan hormon perangsang tiroid. Kelenjar hipofisis Anda yang juga terletak di dasar otak Anda, melepaskan sejumlah hormon perangsang tiroid, tergantung pada seberapa banyak tiroksin dan T-3 dalam darah Anda. Kelenjar tiroid Anda pada gilirannya, mengatur produksi hormon berdasarkan jumlah hormon perangsang tiroid yang diterima dari kelenjar pituitari.

Memiliki penyakit gondok tidak berarti bahwa kelenjar tiroid Anda tidak bekerja secara normal. Bahkan ketika itu membesar, tiroid Anda dapat menghasilkan jumlah hormon normal. Namun hal ini mungkin menghasilkan terlalu banyak atau terlalu sedikit tiroksin dan T-3.

Sejumlah faktor dapat menyebabkan kelenjar tiroid Anda membesar. Di antara yang paling umum adalah:
  • Kekurangan yodium. Yodium yang penting untuk produksi hormon tiroid, dapat ditemukan terutama dalam makanan laut dan tanah di wilayah pesisir. Di negara berkembang, orang-orang yang tinggal di pedalaman atau pada ketinggian sering kekurangan yodium dan dapat mengembangkan penyakit gondok ketika kelenjar tiroid membesar.
  • Penyakit Graves'. Penyakit gondok kadang-kadang dapat terjadi ketika kelenjar tiroid Anda menghasilkan terlalu banyak hormon tiroid (hipertiroidisme). Pada penyakit Graves, antibodi yang diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang kelenjar tiroid Anda, menyebabkan ia menghasilkan kelebihan tiroksin. Overstimulasi ini menyebabkan tiroid membengkak.
  • Penyakit Hashimoto. Penyakit gondok juga dapat disebabkan oleh tiroid kurang aktif (hypothyroidism). Seperti penyakit Graves', penyakit Hashimoto adalah gangguan autoimun. Tapi bukannya menyebabkan tiroid menghasilkan terlalu banyak hormon, kerusakan Hashimoto tiroid Anda sehingga menghasilkan terlalu sedikit.
  • Gondok multinodular. Dalam kondisi ini, beberapa benjolan padat atau berisi cairan yang disebut nodul berkembang di kedua sisi tiroid Anda, sehingga pembesaran keseluruhan kelenjar.
  • Nodul tiroid soliter. Dalam hal ini, nodul tunggal berkembang di salah satu bagian dari kelenjar tiroid Anda. Sebagian besar nodul adalah non-kanker (jinak) dan tidak menyebabkan kanker.
  • Kanker tiroid. Kanker tiroid kurang umum daripada nodul tiroid jinak. Kanker tiroid seringkali muncul dengan pembesaran di salah satu sisi tiroid.
  • Kehamilan. Sebuah hormon yang dihasilkan selama kehamilan, human chorionic gonadotropin (HCG), dapat menyebabkan kelenjar gondok Anda memperbesar sedikit.
  • Peradangan. Tiroiditis adalah kondisi peradangan yang dapat menyebabkan rasa sakit dan pembengkakan pada tiroid. Hal ini juga dapat menyebabkan rendahnya produksi tiroksin.

Pencegahan Dan Obat Penyakit Gondok

Pengobatan gondok tergantung pada ukuran gondok, tanda-tanda dan gejala, dan penyebab yang mendasarinya. Dokter mungkin merekomendasikan:
  • Observasi. Jika gondok Anda kecil dan tidak menimbulkan masalah, dan tiroid Anda berfungsi normal, dokter mungkin menyarankan menunggu dan melihat pendekatan.
  • Obat-obatan. Jika Anda memiliki hipotiroidisme, penggantian hormon tiroid dengan levothyroxine (Levothroid, Synthroid) akan menyelesaikan gejala hipotiroidisme serta memperlambat pelepasan hormon thyroid-stimulating dari kelenjar pituitari Anda, sering mengurangi ukuran gondok. Untuk peradangan kelenjar tiroid Anda, dokter mungkin menyarankan obat herbal gondok atau obat gondok tradisional atau mungkin juga obat yang sudah diresepkan dokter untuk mengobati peradangan. Untuk penyakit gondok yang berhubungan dengan hipertiroidisme, Anda mungkin perlu obat untuk menormalkan kadar hormon.
  • Operasi gondok. Menghapus semua atau sebagian dari kelenjar tiroid Anda adalah pilihan jika Anda memiliki gondok besar yang tidak nyaman atau menyebabkan kesulitan bernafas atau menelan, atau dalam beberapa kasus, jika Anda memiliki penyakit gondok beracun menyebabkan hipertiroidisme. Pembedahan juga merupakan pengobatan untuk kanker tiroid. Anda mungkin perlu untuk mengambil obat penyakit gondok setelah operasi, tergantung pada jumlah tiroid dihapus.
  • Yodium radioaktif. Dalam beberapa kasus, yodium radioaktif digunakan untuk mengobati kelenjar tiroid yang terlalu aktif. Yodium radioaktif digunakan secara lisan untuk mencapai kelenjar tiroid Anda melalui aliran darah, menghancurkan sel-sel tiroid. Hasil pengobatan penyakit gondok pada ukuran gondok menjadi semakin berkurang, tetapi juga dapat menyebabkan kelenjar tiroid kurang aktif.

Gaya Hidup Dan Cara Mengobati Gondok Dirumah

Jika penyakit gondok Anda disebabkan oleh makanan, cara mengatasi gondok ini cukup membantu dan merupakan pengobatan penyakit gondok alternatif:
  • Dapatkan cukup yodium. Untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan cukup yodium, gunakan garam beryodium atau makan makanan laut atau rumput laut sekitar dua kali seminggu. Udang dan kerang lainnya sangat tinggi yodium.
  • Setiap orang membutuhkan sekitar 150 mikrogram yodium per hari (jumlah dalam sedikit kurang dari setengah sendok teh garam beryodium). Tapi jumlah yang cukup terutama sangat penting bagi wanita hamil dan menyusui juga bayi dan anak-anak.
sepatu orthopadi orthoshoping.com sepatu untuk koreksi kaki pengkor/ bengkok pada balita kelainan kaki pada balita arrow
Ads orthoshop info

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.