Senin, 26 Januari 2015

Penyebab Rambut Rontok Dan Cara Mengatasi Rambut Rontok Pada Pria Dan Wanita

Kebanyakan pria dan beberapa wanita, dan bahkan anak-anak dapat mengalami rambut rontok dan penipisan rambut atau kebotakan, dan kadang-kadang menimbulkan rasa hilangnya kepercayaan diri atau merasa malu. Teman mungkin bercanda dengan kondisi tersebut tapi untuk beberapa hal itu bisa menimbulkan emosional. Spesialis kulit kepala mengatakan akibat rambut rontok dapat menimbulkan banyak tertekan daripada banyak kondisi kulit lain yang sering tidak dianggap serius.

Kulit kepala memiliki sekitar 100.000 rambut, tumbuh sekitar 1cm per bulan. Kebanyakan orang kehilangan sekitar 100 rambut karena rambut rontok dalam sehari tanpa mengetahuinya, dan muncul rambut baru menggantikan yang hilang. Tapi pertumbuhan rambut melambat seiring dengan bertambahnya usia. Rambut rontok atau kebotakan yang dikenal sebagai alopecia, biasanya terjadi bertahap. Hal ini bukan disebabkan karena penyakit atau kehilangan rambut yang berlebihan, melainkan folikel rambut yang gagal untuk tumbuh rambut baru dengan cepat dan cukup lama untuk menggantikan yang hilang.

Pola kebotakan rambut pada pria (androgenic alopecia) adalah jenis yang paling umum dan merupakan keturunan dan normal. Hal ini dapat dimulai sebelum seorang pria mencapai usia 20 tahun. Satu dari empat pria mengalami kebotakan pada sekitar usia 30 tahun dan sekitar dua pertiga yang mengalami rambut gundul atau botak sekitar umur 60 tahun.

Penyebab Rambut Rontok | cara mengatasi rambut rontok | perawatan rambut rontok

Penyebab rambut rontok pada pria dan wanita biasanya karena metabolisme menyeimbangkan hormon androgen. Bagi wanita, rambut biasanya menipis setelah usia 50 tahun. Kerontokan rambut yang cukup banyak sebelum itu cukup langka kecuali ada alasan kesehatan, seperti kista ovarium, kehamilan atau melahirkan, bahkan pil dapat mempengaruhi beberapa wanita.

Selama 12 minggu setelah melahirkan, rontoknya rambut cukup cepat karena menyeimbangkan hormon ibu, tapi setelah enam bulan itu dapat kembali normal. Untuk para wanita, rambut biasanya menipis di seluruh kulit kepala, bersifat sementara dan umumnya rambut depan tetap utuh.

Anda tidak dapat melakukan apa-apa untuk mencegah rambut rontok dan mengatasi rambut rontok karena semakin bertambahnya usia dan karena keturunan gen tetapi Anda dapat menemukan cara mengatasi rambut rontok dengan mengontrol makanan Anda, membuat pilihan gaya hidup, meninjau obat-obatan untuk perawatan rambut rontok, penggunaan produk perawatan rambut yang cocok seperti shampo untuk rambut rontok atau shampo penumbuh rambut dan obat alami rambut rontok yang Anda buat sendiri dirumah. Tiba-tiba rambut menipis atau rambut rontok dalam jumlah yang banyak dapat disebabkan oleh luka bakar, infeksi, penyakit tiroid, kemoterapi, diet ketat, obat-obatan, kelebihan vitamin A, stres berat atau sakit. Ini harus diperiksa oleh dokter.

Solusi rambut rontok atau Cara mengobati rambut rontok dan rambut menipis tergantung pada jenis rambut rontok. Beberapa produk obat penumbuh rambut botak atau obat penyubur rambut yang tersedia tidak boleh digunakan pada orang dalam kondisi kesehatan tertentu karena mungkin memiliki efek samping bagi beberapa orang. Rambut rontok pada anak adalah biasanya karena kulit kepala kurap, mudah diobati dengan obat anti jamur. Penyebab rambut rontok pada masa remaja mungkin karena kekurangan makanan yang bergizi seperti kekurangan protein atau depresi atau stres.

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.